Inilah Lowongan Kerja Transjakarta yang Banyak Dicari Serta Cara Melamarnya

Siapa yang tidak kenal dengan Transjakarta? Kendaraan umum yang menjadi salah satu upaya pengurangan macet di Jakarta ini kini mulai banyak diminati. Rute yang dilintasi tentunya kian hari akan semakin ditambah. Karenanya, Transjakarta mulai membuka lowongan kerja Transjakarta pada beberapa bagian yang mendukung operasionalnya.

Transjakarta sendiri adalah BUMD yang dirancang khusus oleh pemerintah DKI Jakarta. Tujuannya seperti yang diketahui untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Bekerja di Transjakarta memunculkan bayangan pekerjaan menjadi supir dan kenek. Padahal nyatanya berbagai posisi mungkin dibuka oleh kantor Transjakarta.

Lowongan Kerja Transjakarta

Jika berpikir lowongan kerja Transjakarta hanya seputar sopir bus atau kenek, buang jauh-jauh pikiran itu. Malah Transjakarta cenderung membuka lowongan kerja untuk pekerja kantor Transjakarta. Karenanya, pekerja yang dicari dalam lowongan ini membutuhkan kriteria khusus. Apa saja kriterianya? Simak pembahasan lengkap lowongan Transjakarta berikut:

1. Senior Spesialis ERP

Lowongan kerja yang satu ini menempatkan pekerja di bagian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan terkait ODOO, atau modul yang digunakan untuk pengembangan Transjakarta. Pekerjaan bagian ini nantinya juga akan dikembangkan ke ranah analisis untuk mengimplementasikan modul ODOO ke bagian selain Transjakarta. 

Untuk bagian ini, Transjakarta memerlukan pekerja dengan kriteria:

  • Pekerjaan penuh waktu, pelamar tidak sedang bekerja di tempat lain.
  • Pelamar harus merupakan lulusan sarjana dengan spesialisasi seputar komputer, IT, dan Software.
  • Pelamar memiliki pengalaman paling tidak 3 tahun sebagai analis di bidang yang serupa.
  • Diutamakan pelamar yang sudah pernah menjalankan ERP sebelumnya.
Baca Juga:  Sedang Mencari Lowongan Kerja Indomaret? Ini Pembahasan Lengkapnya

2. Kepala Divisi SDM

Di nomor dua ada lowongan terkait pengembangan sumber daya manusia di perusahaan Transjakarta. Pekerja nantinya akan ditempatkan di kantor Transjakarta untuk mengatur segala sesuatu tentang keorganisasian Transjakarta.

Dalam tugasnya, pekerja Transjakarta bagian Kepala Divisi SDM juga akan bertanggung jawab atas rekrutmen dan keanggotaan pekerja. Untuk mengisi posisi ini, Transjakarta mencari pekerja dengan kriteria:

  • Pekerjaan penuh waktu, pekerja hanya bisa fokus pada pekerjaan ini.
  • Pendidikan minimal sarjana dengan spesialisasi administrasi atau HR.
  • Karena posisi adalah kepala divisi, maka pelamar harus sudah punya pengalaman 10 tahun di bidang serupa, 5 tahun diantaranya adalah manajerial.
  • Diutamakan memiliki pemahaman pada hukum tenaga kerja dan industrial serta penerapan SOP, HRIS, juga training pekerja.

3. Kepala Seksi Verifikasi Depo

Transjakarta adalah perusahaan yang menyediakan moda transportasi. Maka dari itu, Transjakarta akan memiliki deponya sendiri untuk terus memperbaiki fasilitas yang digunakan.

Untuk mendukung hal ini, Transjakarta mencari pekerja untuk menjadi seorang kepala seksi verifikasi depo. Yang bisa melamar pada bagian ini harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Seorang lulusan sarjana dengan spesialisasi di bidang konstruksi bangunan, konstruksi sipil, atau permesinan.
  • Pekerja diharapkan memiliki keahlian pada bidang perawatan kendaraan dan standar untuk merencanakan depo.
  • Pengalaman yang dibutuhkan untuk kepala seksi adalah 5 tahun di bidang serupa.
  • Diutamakan memiliki pemahaman baik pada PDCA, Lean Six Sigma, serta SOP kerja di depo.

4. Analis Improvement Program

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan sebuah evaluasi dari analisis kinerja dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya tentu agar perusahaan bisa terus mengembangkan dan melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang mungkin terjadi.

Karenanya, Transjakarta mencari tenaga kerja yang bisa mengisi posisi analis untuk improvement perusahaan. Transjakarta mencari pegawai bidang analis dengan kriteria berikut:

  • Pekerjaan penuh waktu, pekerja tidak memiliki pekerjaan lain.
  • Pelamar harus merupakan lulusan S1 dengan spesialisasi admin atau HR.
  • Pelamar yang baru lulus dipersilahkan untuk melamar, namun diutamakan pengalaman 2 tahun.
  • Keahlian khusus yang dibutuhkan adalah pengolah data microsoft office tingkat lanjut disertai pemahaman pada improvement method, analytical thinking, dan manajemen proyek.
Baca Juga:  Lowongan Kerja Superindo yang Tersedia

5. Staff Improvement Program

Yang terakhir adalah pekerja yang akan mendukung para analis di bidang program improvement. Tugas yang diberikan adalah untuk terus memunculkan dan mewujudkan improvement project sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Selain itu pekerja juga akan mengelola media untuk keperluan sosialisasi perusahaan. Untuk bisa memasuki bagian ini, pelamar harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Pekerjaan penuh waktu, pekerja harus hanya bekerja di transjakarta.
  • Pelamar harus merupakan lulusan sarjana dengan spesialisasi permesinan atau industri.
  • Fresh Graduate tanpa pengalaman dipersilahkan melamar.
  • Pelamar harus memiliki kemampuan menengah pada pengelola data Microsoft Office.
  • Kemampuan pendukung yang harus dimiliki berupa communication skills dan creative thinking.

Langkah Melamar Kerja di Transjakarta

Jika tertarik untuk melamar pada lowongan kerja Transjakarta, warga Jakarta bisa langsung mengajukan lamarannya ke kantor Transjakarta. Cara melamarnya juga cukup mudah sehingga mungkin beberapa orang sudah akan langsung mengerti langkahnya. Namun mungkin akan ada sedikit perbedaan. Karenanya, langkah tepatnya akan dibahas berikut:

1. Mendaftar Secara Online

Pendaftaran pada lowongan kerja yang dibuka oleh Transjakarta ini bisa dilihat selengkapnya di situs web resmi untuk karir di Transjakarta. Calon pelamar bisa melihat-lihat posisi yang tersedia, lalu menyesuaikan dengan kriteria yang ada. Jika ada pekerjaan yang cocok, pelamar bisa langsung melakukan pendaftaran di laman itu juga pada bagian lamaran pekerjaan.

2. Mempersiapkan Surat Lamaran Pekerjaan

Yang tidak boleh dilewatkan oleh pelamar pekerjaan adalah surat lamaran pekerjaan. Surat ini ditujukan untuk direksi perusahaan atau HRD Transjakarta. Tujuannya untuk melengkapi seluruh pemberkasan yang diminta oleh perusahaan Transjakarta. Untuk menghindari kesalahan pembuatan, membuatnya bisa dengan melihat contoh surat lamaran kerja.

Baca Juga:  Informasi Lengkap Lowongan Kerja PT Mayora

3. Mengunggah Semua Berkas

Pelamar akan diminta untuk menyiapkan semua berkas. Dimulai dari bukti identitas seperti KTP, KK, dan akta kelahiran. Dilanjutkan dengan bukti pendidikan berupa ijazah pendidikan yang ditempuh. Jika semua berkas sudah lengkap, jadikan satu dengan surat lamaran pekerjaan. Unggah semuanya di laman pendaftaran yang ada di situs resmi karir Transjakarta.

4. Mengikuti Semua Tahapan Pendaftaran

Setelah mengajukan lamaran, pelamar tidak langsung bisa ikut tes. Pelamar harus dulu menunggu informasi berkas yang yang sudah disubmit lolos. Jika sudah dinyatakan lolos, pelamar bisa mulai mengikuti tes tahap demi tahap sesuai ketentuan perusahaan Transjakarta. Ikuti dan persiapkan tes dengan baik ya agar kemungkinan diterima semakin besar.

Itulah sekilas tentang lowongan kerja Transjakarta. Artikel ini akan memudahkan bagi warga DKI Jakarta yang akan melamar kerja sebagai pegawai Transjakarta. Perhatikan persyaratan yang diajukan dan pastikan untuk memenuhi semua kriteria yang diajukan. Siapkan semua berkas yang diminta dan jangan sampai ada yang terlewat.

FAQ

  • Q: Apakah lowongan kerja Transjakarta akan selalu ada?

A: Tidak, tergantung kebutuhan.

  • Q: Apakah Transjakarta memerlukan pekerja dengan tingkat pendidikan tertentu?

A: Ya, sesuai dengan ketentuan yang diberikan.

  • Q: Apakah pekerja Transjakarta akan bekerja di kantor transjakarta?

A: Tergantung penempatan yang tertera pada keterangan lowongan pekerjaan.

  • Q: Apakah semua fasilitas pendukung diterima oleh semua pekerja Transjakarta?

A: Ya, tentu saja.

  • Q: Sampai kapan lowongan ini akan dibuka?

A: Sampai batas waktu yang sudah ditentukan untuk masing-masing lowongan.

 

Artikel Terkait