Daftar Lowongan Kerja PT KAI Indonesia Paling Menarik 2022!

Sickforprofit.com – Menjadi bagian dari BUMN tentu lowongan kerja PT KAI selalu banyak ditunggu dan banyak diminati. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya. Contohnya saja pendapatan yang dapat diterima oleh setiap karyawannya.

Masih banyak faktor penunjang lainnya yang membuat setiap orang ingin mendaftarkan dirinya sebagai karyawan di PT KAI. Oleh sebab itu sangat penting untuk melihat berbagai contoh surat lamaran kerja yang baik supaya bisa diterima. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasannya yaitu:

Lowongan Kerja PT KAI yang Tersedia

Bagi yang berminat untuk bekerja dan mengabdi di PT KAI Indonesia tentu saat ini sudah bisa mendaftarkan dirinya sebagai salah satu kandidat. Terdapat beberapa posisi yang tentunya dapat diisi ketika mengirim lamaran. Simak berikut ini lowongan yang tersedia yaitu:

1. Petugas Kebersihan

Lowongan kerja PT KAI pertama, yang dapat dilamar adalah petugas kebersihan atau yang sering juga disebut dengan cleaning service. Menjadi petugas kebersihan di kereta tentunya berbeda dengan perkantoran. Jika di perkantoran dilakukan di dalam ruangan maka, ini dikerjakan dalam gerbong.

Suasana dan kenyamanan dalam bekerjanya pun tentu sudah sangat jauh berbeda. Para petugas kebersihan ini tentu akan lebih sering berinteraksi dengan penumpang pengguna kereta ketimbang karyawan lainnya. Hal ini juga yang membuat lowongannya selalu ditunggu tunggu.

2. Pramugara/Pramugari

Siapa bilang pramugara dan pramugari hanya ada di pesawat terbang? Moda transportasi kereta api juga mempunyai pramugara dan pramugari yang selalu siap untuk melayani para penumpangnya. Bentuk dari pelayanan yang diberikan pun tentu disesuaikan dengan SOP KAI.

Bukan hanya itu saja, langkah ini juga dilakukan sebagai bentuk untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada para penumpang. Memungkinkan kepuasan terhadap layanan kereta api pun semakin lebih baik, biasanya petugas tersebut dikenal juga sebagai train attendants. Bagaimana menarik bukan lowongannya?

Baca Juga:  Ini Dia Lowongan Kerja Gudang Garam yang Wajib Dicoba

3. Petugas Kesehatan

Menjadi lulusan di bidang kesehatan, tapi bosan bekerja di rumah sakit? Lowongan kerja PT KAI juga membuka peluang dengan posisi petugas kesehatan atau paramedis. Lowongan yang satu ini dibuka sebagai bentuk kepedulian dan juga layanan yang diberikan kepada para penumpang.

Jadi tidak hanya keselamatan transportasi saja yang akan diterima, tetapi juga ada layanan kesehatan. Pasalnya para petugas kesehatan ini secara rutin akan memeriksa keadaan setiap para penumpangnya. Membuat perjalanan yang dilakukan dapat berjalan baik tanpa adanya gangguan.

4. Administrasi

Tidak punya basic atau keahlian di bidang mesin atau otomotif, namun berminat untuk bekerja di PT KAI? Sekarang peluang tersebut tentu sangat banyak, salah satunya ada posisi administrasi yang bekerja di kantor stasiun. Bagi yang belum tahu, setiap data perusahaan BUMN tentu ada penanggung jawabnya.

Hal ini tentu juga berlaku untuk kereta api yang termasuk ke dalam naungan BUMN. Mempunyai tugas untuk memastikan setiap kegiatan transaksi bekerja dan berjalan dengan semestinya. Contoh bentuk transaksinya di antaranya yaitu SDM produksi, keuangan sampai aset.

5. Teknisi

Berada di lingkungan tempat tinggal yang berdekatan dengan stasiun kereta api, pasti sudah sering bukan melihat para teknisi? Lowongan kerja PT KAI membuka peluang bagi siapa pun yang memenuhi kualifikasi sebagai teknisi. Pasalnya posisi yang satu ini sangat penting dan dibutuhkan.

Bayangkan jika tidak ada seorang teknisi, bagaimanakah keamanan dan kendali dari jalannya kereta api. Teknisi mempunyai tugas untuk memperbaiki atau pun mengawasi sinyal, telekomunikasi serta listrik. Tidak hanya itu, teknisi juga bertugas untuk melakukan perawatan agar jalannya kereta tetap aman.

6. Kondektur

Selanjutnya lowongan kerja PT KAI Indonesia yang bisa menjadi incaran yaitu kondektur kereta api. Bagi yang sering menggunakan moda transportasi darat yang satu ini, pasti sering bertemu dengan kondektur. Pasalnya pada setiap perjalanan, kondektur menjadi petugas yang dapat penumpang hubungi.

Baca Juga:  Lowongan Kerja PT Pertamina, Kembali Dibuka untuk Beberapa Posisi

Terlebih lagi jika ada permasalah terkait teknis yang terjadi di dalam kereta maka, penumpang dapat menanyakannya pada kondektur. Umumnya nomor kondektur akan tertera di setiap gerbong. Hal ini memungkinkan setiap penumpang bisa dengan mudah menghubunginya.

Jadi secara singkat, tugas dari kondektur yaitu sebagai penghubung antar staf, memungkinkan perjalanan dapat berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, kondektur juga mempunyai tugas untuk menjaga kekompakan tim. Menjadikan pelayanan yang diberikan kepada setiap penumpang pun maksimal.

Itulah beberapa posisi lowongan kerja PT KAI yang dapat dicoba oleh para pelamar yang berminat. Berdasarkan peluang kerja yang telah disampaikan, posisi yang ada tersebut tentu sangat menarik. Terlebih lagi gai atau pendatang yang bisa didapatkan tiap posisinya sangat menggiurkan.

Persyaratan Umum Menjadi Karyawan PT KAI

Untuk dapat menjadi salah satu bagian PT KAI, para calon pelamar tentu harus mempersiapkan segala syarat yang telah ditentukan. Terdapat syarat syarat yang mesti dilengkapi agar lulus menjadi karyawan KAI. Simak berikut ini syarat yang ditentukan yaitu:

1. WNI

Syarat umum pertama yang harus dilengkapi untuk mendaftar menjadi salah satu karyawan di PT KAI adalah berstatus WNI. Termasuk ke dalam syarat wajib yang tidak boleh dilewatkan oleh pelamar. Hal ini tentu dikarenakan perusahaan merupakan badan usaha milik pemerintah.

2. Sehat Baik Jasmani dan Rohani

Selanjutnya yang harus dipenuhi oleh setiap pelamar yaitu sehat jasmani dan juga rohani. Persyaratan yang satu ini adalah yang paling penting. Pasalnya tidak mungkin dalam bekerja seorang karyawan mengalami sakit atau pun mental yang kurang.

3. Berpenampilan Menarik

Penampilan yang menarik juga menjadi syarat yang harus pelamar penuhi, mengapa? Pasalnya para petugas yang bekerja di PT KAI banyak melakukan interaksi dengan berbagai penumpang. Memungkinkan penampilan yang baik dan juga rapi menjadi poin penting.

Baca Juga:  Inilah Lowongan Kerja Starbucks Hingga Cara Melamar Pekerjaan di Starbucks

Hal ini menjadi layanan yang salah satunya diberikan oleh PT KAI sebagai bentuk layanan maksimalnya. Oleh sebab itu setiap calon pelamar sangat diseleksi dengan ketat. Termasuk penampilan yang dapat membuat penumpang nyaman.

4. Berkelakukan Baik

Mempunyai kepribadian dan berkelakuan baik adalah hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang. Jika hal tersebut telah dimiliki maka, syarat berkelakuan baik untuk menjadi karyawan KAI pun sudah dipenuhi. Pastikan juga untuk menciptakan image yang baik ketika melakukan wawancara.

5. Tidak Mempunyai Tato dan Tindik

Terakhir, syarat yang harus diketahui oleh para calon pelamar yaitu tidak mempunyai tato baik bagi wanita atau pun pria. Hal ini merupakan syarat yang wajib ditaati oleh setiap calon pelamar. Bukan hanya itu saja, pelamar juga dilarang untuk memiliki tindik.

Hal ini tentu jadi syarat wajib, mengapa? Baik tindik atau pun tato sendiri untuk para karyawan pemerintahan termasuk PT KAI akan menimbulkan image yang buruk. Oleh sebab itu jika pelamar mempunyai keduanya lebih baik untuk menghapusnya dan mencopotnya.

Nah, itulah pembahasan terkait lowongan kerja PT KAI yang dapat dipelajari dan dipahami terlebih dahulu. Lamarlah posisi uang sesuai dengan kriteria dan syarat yang dimiliki. Jangan lupa untuk melihat detailnya informasi agar lulus menjadi karyawan KAI.

FAQ:

  • Apakah boleh calon pelamar mengajukan lamaran dengan dua posisi yang berbeda?

Boleh, para peserta bisa melamar asalkan sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan.

  • Apakah PT KAI menerima lulusan SMA dan SMK sederajat?

Tentu, PT KAI membuka beberapa posisi dengan lulusan tersebut.

  • Bagaimana cara mendaftar KAI?

Para pelamar bisa mendaftarkan dirinya lewat KAI Access.

  • Dimana hasil pengumuman penerimaan karyawan bisa diketahui?

Hasil dapat dilihat melalui website resmi KAI.

  • Apakah seluruh pelamar dapat lulus menjadi karyawan KAI?

Kelulusan pelamar tentu ditentukan oleh setiap kompetensi dan skill yang dimiliki.

 

Artikel Terkait