Inilah Lowongan Kerja PNM Di 3 Posisi Penting

PNM atau yang merupakan singkatan dari perusahaan bernama Permodalan Nasional Madani ini menjadi satu dari beberapa nama perusahaan BUMN. Sejumlah orang mengincar beberapa posisi kosong di perusahaan tersebut. Hingga tidak heran jika informasi lowongan kerja PNM banyak dicari.

Ternyata perusahaan ini memang tengah membuka sejumlah lowongan kerja untuk beberapa posisi. Dengan begitu kesempatan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para pencari kerja. Bagi pelamar kerja yang ingin mengetahui pembahasan selebihnya bisa menyimak ulasan berikut:

Sekilas Tentang PNM

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya bahwa PNM merupakan singkatan dari nama perusahaan Permodalan Nasional Madani. Perusahaan ini menjadi satu dari beberapa perusahaan BUMN. Bidang yang digeluti oleh perusahaan ini adalah permodalan yang ditujukan kepada pelaku usaha UMKM.

Nama PNM sendiri telah berdiri semenjak tahun 1999 selam, lebih tepatnya terjadi di tanggal 29 bulan Mei. Tujuan didirikan perusahaan ini oleh pihak pemerintah adalah supaya dapat memeratakan ekonomi para masyarakat. Strategi yang dipakai pun adalah dengan melakukan pengembangan akses pada bidang permodalan.

Selain itu juga menggunakan strategi berupa program peningkatan terhadap kapasitas dari pelaku UMKMK. Nantinya pihak PNM bakal menyalurkan sejumlah dana kepada pihak UMKMK dengan menggunakan bank ataupun BPR. Akan tetapi di tahun 2008 lalu PNM sudah melakukan perubahan dengan penyaluran dana secara langsung.

Semakin waktu terus berjalan membuat perusahaan PNM ini mengalami perkembangan yang tergolong pesat. Bahkan pada tahun 2009 silam perusahaan ini telah melakukan kerjasama dalam bidang pendanaan dengan pihak ketiga. Dimana pihak tersebut tidak lain yaitu pihak perbankan serta pasar modal.

Lowongan Kerja PNM

Bagi pelamar kerja yang sudah mengetahui gambaran umum mengenai perusahaan bernama PNM ini. Maka pihak pelamar kerja juga perlu mengetahui berbagai macam posisi serta persyaratan yang diberlakukan oleh pihak perusahaan. Adapun daftar posisi dari lowongan kerja PNM adalah seperti berikut:

1. People Analytics

Daftar pertama untuk lowongan kerja PNM adalah untuk posisi sebagai People Analytics. Tentunya untuk bisa menempati posisi ini pelamar perlu memenuhi sejumlah kualifikasi yang ditentukan. Daftar kualifikasi yang dimaksud yaitu seperti berikut:

  • Pertama pelamar mempunyai kualifikasi pendidikan minimal adalah S1 dengan jurusan statistik ataupun matematika.
  • Pelamar mempunyai pengalaman dalam bidang terkait paling tidak selama 1 tahun.
  • Paham serta mampu menguasai python, kemudian SQL dan hal lain yang berhubungan dengannya.
  • Terakhir adalah mempunyai pengetahuan yang berhubungan dengan bidang NLP, kemudian Recommendation System dan lainnya.

Nantinya untuk posisi ini bakal mempunyai rincian pekerjaan seperti berikut:

  • Melakukan analisa serta memproses berbagai macam data besar memakai perangkat lunak dalam bidang statistik.
  • Menerapkan algoritma yang berhubungan dengan pilihan fitur menuju model yang melakukan prediksi menyangkut hasil yang banyak diinginkan. Contohnya adalah seperti pengurangan, kemudian penjualan serta juga pemakaian sistem.
  • Menerapkan suatu teknik yang berhubungan dengan pengambilan sampel guna melakukan penentuan kelompok yang bakal disurvei.
  • Melakukan pembandingan model yang ada dengan memakai metrik kerja di bidang statistik.
  • Menjalankan identifikasi terkait masalah bisnis ataupun yang berhubungan dengan manajemen yang mampu diatasi dengan memakai analisis data, dan masih banyak lagi.

2. Data Engineer

Tidak jauh berbeda dari posisi lainnya, untuk posisi pihak pelamar juga harus memenuhi sejumlah kriteria. Mulai dari kriteria yang berhubungan dengan pendidikan sampai dengan kemampuan yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya adalah seperti berikut:

  • Kualifikasi yang pertama adalah pihak pelamar mempunyai pengalaman dapat bidang terkait setidaknya 2 tahun.
  • Memiliki pemahaman serta mampu menguasai Microsoft SQL Server.
  • Mempunyai pengalaman dalam bidang pengelolaan tuning, recovery, kemudian desain dan yang berhubungan lainnya.
  • Punya pengalaman mengenai pengelolaan data besar yang melebihi 10 juta baris untuk ukuran satu table.
  • Pelamar memiliki pengalaman dalam bidang replication, kemudian mirroring dan lainnya.
  • Paham serta mampu menguasai Script Query, New Database dan lainnya.
  • Terakhir adalah migrasi serta upgrade dari Database milik SQL Server.

Untuk posisi ini nantinya akan mempunyai deskripsi pekerjaan seperti berikut:

  • Menjalankan capacity Planning, kemudian design dan lainnya.
  • Melakukan penerapan solusi terhadap database.
  • Menjalankan pembuatan dokumentasi yang berhubungan dengan teknis yang dimiliki oleh pengembang database.
  • Melakukan koordinasi serta kerjasama bersama tim software development, entah secara internal maupun eksternal.

3. Senior Industrial Relation

Bagi pelamar yang tertarik untuk menempati posisi dari lowongan kerja PNM satu ini. Tentunya harus memenuhi sejumlah kualifikasi yang sudah ditetapkan. Daftar kualifikasi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pertama pelamar mempunyai kualifikasi pendidikan paling tidak adalah tingkat Sarjana atau S1 dengan jurusan ilmu hukum.
  • Pelamar mempunyai pengalaman dalam bidang terkait paling tidak adalah 2 tahun.
  • Mempunyai pemahaman yang cukup baik tentang HR Procedure serta juga HR Policies.
  • Selanjutnya mempunyai kemampuan dalam bidang penanganan terhadap permasalahan hubungan kerja.
  • Punya pengetahuan yang tergolong baik terkait UU Ciptaker.
  • Terakhir adalah pelamar mempunyai sertifikat terkait bidang Industrial lebih diutamakan.

Proses Seleksi PNM

Ketika pelamar telah mengetahui kualifikasi dari posisi yang tengah diincar. Maka pelamar juga perlu mengetahui tahapan seleksi dari lowongan kerja PNM yang ada. Tahapan yang dimaksud bisa disimak dalam uraian berikut:

1. Tes Interview

Tahap pertama yang perlu dilalui oleh pelamar dari lowongan kerja PNM adalah tes interview. Nantinya pelamar bakal melangsungkan wawancara bersama dengan pihak HRD PNM serta juga User.

Topik yang dijadikan bahan wawancara akan berhubungan dengan beberapa hal dari pelamar. Misalnya saja seperti pengenalan diri, kemudian posisi yang dituju, deskripsi pekerjaan yang bakal dilakukan serta lainnya.

2. Tes Psikotes

Tes selanjutnya untuk menempati posisi yang ada di PNM adalah dengan proses psikotes. Dalam tahapan ini akan berhubungan dengan sejumlah tes seperti tes verbal, kemudian tes matematika dasar. Tidak hanya itu pasalnya pelamar juga akan melalui tes logika, kemudian tes gambar, tes deret angka dan lainnya.

3. Medical Check Up

Tahapan selanjutnya dalam proses seleksi dari perusahaan PNM yakni berupa tes yang sering disebut dengan MCU. Drama tahapan ini masih diberlakukan sistem gugur bagi pelamar yang tidak sesuai.

Dianjurkan bagi pihak pelamar untuk melakukan konsumsi air putih dalam jumlah banyak serta tidak tidur terlalu larut. Dalam tes ini akan terdiri dari tes darah, kemudian tes fisik, lalu tes udin dan lainnya.

4. Tanda Tangan Kontrak

Bisa dibilang tahapan seleksi berakhir pada bagian MCU, jika pelamar dinyatakan lolos maka bisa mengikuti proses selanjutnya yaitu tanda tangan kontrak. Nantinya bakal terdapat sejumlah dokumen yang perlu dilengkapi. Sesudah melakukan tanda tangan kontrak, pelamar sudah bisa memulai bekerja di hari berikutnya.

Demikian pembahasan mengenai lowongan kerja PNM dari beberapa posisi. Bagi yang belum mengetahui bagaimana membuat surat lamaran kerja. Maka tidak perlu risau pasalnya hal tersebut bisa dilihat dari contoh surat lamaran kerja yang ada di beberapa sumber. Tinggal pahami saja dan sesuaikan dengan kebutuhan.

FAQ

Ada berapa tahapan seleksi di PNM?

  • 4.

Apa kriteria jenjang pendidikan untuk posisi People Analytics?

  • S1 jurusan matematika/statistik.

Tahapan apa yang perlu dilalui pelamar setelah interview?

  • Psikotest.