Lowongan Kerja Pegadaian yang Tersedia, Simak Selengkapnya

Bagi yang sedang mencari pekerjaan, pastinya Pegadaian adalah salah satu tujuan yang sering dipilih. Baru-baru ini, lowongan kerja Pegadaian kembali dibuka untuk posisi tertentu. Karena posisi yang tersedia tidak banyak, maka persaingan untuk masuk menjadi pegawai Pegadaian akan sangat ketat.

Oleh karenanya, penting untuk mempersiapkan berbagai aspek yang harus dipelajari sebelum mendaftar. Mulai dari persyaratan, contoh surat lamaran kerja, dan berbagai aspek penting lainnya. Sedangkan untuk detail lowongannya, simak penjabaran mendetail di bagian bawah ini:

Lowongan Kerja di Pegadaian

Seperti yang sudah diketahui bersama, PT Pegadaian adalah salah satu perusahaan BUMN yang saat ini dilirik banyak pencari kerja. Hal ini dikarenakan bekerja di perusahaan BUMN dinilai akan mendatangkan banyak benefit. Oleh karenanya, lowongan kerja Pegadaian menjadi yang favorit.

Saat ini, lowongan yang tersedia di Pegadaian hanya untuk posisi General Frontliner tepatnya administrator dan coordinator. Untuk masuk ke posisi ini, tentunya harus melengkapi beberapa syarat yang ada. Simak beberapa komponen syarat berikut:

  • Pendidikan paling akhir pelamar adalah D3 dan tidak ada patokan jurusan. Fresh graduate juga diperbolehkan.
  • Lowongan terbuka untuk wanita bahkan pria.
  • Harus aktif dalam bekerja, mampu beradaptasi dengan mudah, dan bisa bekerja dalam mode tim.
  • Harus memiliki penalaran dan logika yang baik.
  • Wajib memiliki kemampuan dalam bidang MS Office dan Google Suites khususnya Sheets, Slides, Gmail, Docs, dan Kalender.
  • Harus memiliki penampilan rapi dan menarik.
  • Bisa berkomunikasi dengan baik.
  • Tidak buta warna dan sehat secara keseluruhan.
  • Bisa ditempatkan di bidang yang sesuai keahlian di seluruh wilayah Indonesia
Baca Juga:  Informasi Lowongan Kerja Operator Forklift Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Jika memenuhi kriteria yang sudah disebutkan di atas, maka langsung saja memulai prosedur pendaftaran. Proses pendaftaran untuk bekerja di Pegadaian ini menggunakan sistem online. Karena bisa dilakukan secara online, maka penyelesaiannya akan jauh lebih mudah.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melamar di Pegadaian

Setelah mengetahui lowongan kerja Pegadaian, maka penting juga untuk mengetahui hal-hal krusial sebelum melamar ke posisi tersebut. Konsep ini tentunya penting untuk dipahami secara mendasar agar tidak terjadi kondisi yang merugikan.

Setidaknya ada empat komponen utama yang harus diperhatikan sebelum melamar. Setiap aspek ini berasal dari berbagai sisi yang berbeda. Namun semua penting untuk dipahami secara mendetail. Agar lebih paham, simak penjabaran di bagian bawah ini:

1. Siapkan Syarat dan Komponen Lain dengan Baik

Sebelum memulai proses pendaftaran, maka pastikan untuk memahami semua syarat yang diberikan. Apabila salah satunya tidak mungkin untuk dipenuhi, maka akan sulit untuk diterima. Sedangkan jika ada kekurangan namun masih bisa dipenuhi, maka secara tidak langsung masih memungkinkan.

Baik itu syarat yang dicantumkan, atau file pendukung harus disiapkan dengan baik. Karena sistem yang digunakan online, maka pastikan untuk scan semua berkas yang ada dan unggah tanpa ada yang terlewat. Selain itu, pastikan hasil scan tidak blur.

2. Hati-Hati dengan Penipuan

Hal lain yang harus diperhatikan adalah keaslian lowongan. Saat ini penipuan sudah merajalela. Agar tidak tertipu, maka harus lebih hati-hati. Pegadaian tidak pernah melakukan kerja sama atau perjanjian dengan biro perjalanan atau sejenisnya. Bahkan segala proses seleksi juga tidak dipungut biaya.

Jika ada lowongan yang mengatasnamakan Pegadaian namun meminta dana untuk perjalanan, maka jangan sampai tertipu. Biasanya, hal semacam ini adalah modus penipuan dengan menjerat pihak-pihak yang belum berpengalaman. Jadi harus lebih hati-hati dan tidak mudah tergiur.

3. Perhatikan Deadline Lowongan

Aspek lain yang harus diperhatikan adalah deadline lowongan dibuka. Hal ini tentunya harus diperhatikan dengan baik. Jika masih ada waktu, maka segera sempatkan untuk mengurus proses lamaran. Jangan sampai terlalu menunda dan akhirnya melewati tanggal.

Baca Juga:  9+ Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Supaya Dilirik HRD

Pegadaian tidak akan membuka lowongan terlalu lama atau dalam jangka panjang. Hal ini bertujuan agar bisa segera didapat tenaga yang kompeten di bidangnya. Jika sudah melewati tenggat dan baru melamar, maka kemungkinan diterima sudah tidak ada.

4. Ikuti Seleksi dengan Baik

Terakhir, pastikan untuk mengikuti serangkaian proses seleksi dengan baik. Pegadaian tentunya sama seperti perusahaan lain yang menerapkan beberapa prosedur seleksi. Mulai dari seleksi berkas, seleksi wawancara, dan yang lainnya.

Pastikan semua diikuti dengan baik. Agar berhasil di setiap sesi, maka persiapan sangat dibutuhkan. Proses persiapan ini bisa dipelajari dari berbagai sumber. Seperti artikel, video tutorial, hingga bertanya pada pihak yang berpengalaman. Dengan demikian, semua bisa diselesaikan dengan baik.

Keuntungan Bekerja di Pegadaian

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lowongan kerja Pegadaian masih menjadi incaran karena beberapa aspek. Jenis aspek keuntungan yang bisa didapatkan terbagi menjadi beberapa bagian berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak detail di bagian bawah ini:

1. Benefit Banyak

Jika bekerja di Pegadaian, akan ada banyak benefit yang bisa didapat. Misalnya gaji yang tergolong besar, THR, bonus tahunan, upah lembur, bonus untuk performa kerja, fasilitas kantor, hingga jaminan kesehatan. Semua ini bisa didapat dengan mudah saat sudah masuk ke Pegadaian.

Pemberian benefit yang banyak ini tentunya sudah disesuaikan dengan beban kerja yang diberikan. Perusahaan BUMN lainnya juga sudah menerapkan hal serupa untuk setiap karyawan. Dengan demikian, pihak-pihak yang masuk dalam jajaran pegawai BUMN akan sangat diuntungkan.

2. Jenjang Karir Bagus

Jenjang karir dari karyawan yang ada di Pegadaian juga dinilai cukup baik. Ada banyak program pengembangan diri yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Misal pelatihan, seminar, kursus bahkan beasiswa yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilakukan.

Baca Juga:  Inilah Lowongan Kerja BPJS yang Bisa Dijadikan Pilihan

Hal ini sengaja diberikan perusahaan agar skill pegawai bisa meningkat. Apabila skill pegawai meningkat, maka perusahaan juga akan diuntungkan. Hal ini tentunya termasuk investasi menarik perusahaan kepada pegawainya untuk terus berkembang.

3. Citra Baik

Saat bekerja di Pegadaian, maka citra baik juga akan didapat. Tidak sedikit pegawai Pegadaian dan perusahaan BUMN lain merasakan suatu kebanggaan pada pekerjaan dan tempat kerjanya. Hal ini dikarenakan image Pegadaian sendiri sudah baik dan menarik sejak lama.

Jika ingin menuju karir yang lebih baik, pengalaman bekerja di BUMN menjadi salah satu hal yang menarik untuk dicantumkan. Hal ini tentunya bisa dijadikan semua keuntungan lain jika ingin melanjutkan jenjang karir di tempat yang lainnya.

4. Pekerjaan Sesuai Job Desc

Jika bekerja di Pegadaian, maka tugas yang diberikan sudah terarah dan sesuai dengan job desk masing-masing. Hal ini tentunya berbeda dengan perusahaan kecil yang tugasnya belum ditata dengan rapi sehingga akan menyulitkan pekerjanya yang dibebani banyak hal.

Sedangkan di Pegadaian, setiap bidang sudah memiliki tugas terarah dan terstruktur. Jadi tidak ada lagi pemberian tugas di luar job desc yang sudah ditetapkan. Hal ini tentunya menjadi suatu komponen keuntungan tersendiri bagi yang bekerja di Pegadaian. 

FAQ:

  • Posisi apa yang tersedia di lowongan kerja Pegadaian? Posisi General Frontliner tepatnya administrator dan coordinator.
  • Apa pendidikan minimal untuk calon karyawan? D3 segala jurusan.
  • Apa saja komponen yang harus diperhatikan sebelum melamar ke Pegadaian? Siapkan berkas dan penuhi syarat, jangan tergiur penipuan, perhatikan deadline lowongan, dan ikuti seleksi dengan baik.
  • Apa saja keuntungan bekerja di Pegadaian? Benefit banyak, jenjang karir bagus, citra baik, dan pekerjaan sesuai job desc.

Serangkaian penjabaran tentang lowongan kerja Pegadaian di atas tentunya bisa langsung dipahami. Agar nantinya lolos seleksi, maka pastikan untuk memperhatikan berbagai detailnya. Mulai dari syarat, surat lamaran, hingga hal-hal lain yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar.

Artikel Terkait