Mencari Lowongan Kerja BRI? Inilah Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Melamar

Diantara banyak bank besar yang berjalan di Indonesia, salah satu yang terdepan adalah BRI. Bank yang berjalan bersama BUMN ini menjadi bank andalan masyarakat Indonesia. Tak hanya layanannya, lowongan kerja BRI juga banyak diincar oleh masyarakat Indonesia. 

Banyak hal yang perlu diketahui sebelum melamar pekerjaan sebagai pegawai di BRI. Hal-hal penting terkait persyaratan, atau ketentuan yang berkaitan dengan bidang studi. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, lamaran pekerjaan memiliki diterima lebih besar. Karenanya, sebelum melamar menjadi pegawai BRI, mari simak beberapa pembahasan berikut:

Lowongan Kerja BRI Terbaru 2022

Karena operasional BRI yang memiliki skala besar, maka tak heran jika BRI membutuhkan banyak tenaga kerja. Hal ini memberikan ruang untuk semakin banyak masyarakat Indonesia untuk bisa melamar pekerjaan. Namun, penting untuk mengetahui lowongan apa saja yang dibuka dan kesesuaiannya. Untuk informasi lengkapnya, berikut penjelasannya:

1. Funding Officer

BRI sedang membuka lowongan pada posisi Funding Officer yang akan mengatur keuangan perusahaan. Pelamar haruslah sudah menyelesaikan pendidikan minimal D3. Untuk jurusannya, tidak ditentukan oleh perusahaan. Lowongan inu terfokus untuk calon pelamar yang bertempat tinggal di daerah domisili kanwil BRI Yogyakarta dan sekitarnya.

2. Account Officer

Lowongan BRI yang kedua adalah sebagai Account Officer yang membukukan semua keuangan perusahaan. Pelamar harus sudah menyelesaikan pendidikan sarjana. Jurusan apa saja bisa masuk yang terpenting adalah jurusan terakreditasi. Untuk pelamar wanita, boleh sudah menikah namun tidak sedang mengandung.

3. Frontliner

Pekerjaan di bank yang paling akrab dengan orang umum adalah frontliner, bisa menjadi teller atau customer service. Pelamar dengan pendidikan terakhir D3 semua jurusan bisa mulai melamar untuk posisi ini. BRI akan mengutamakan kemampuan komunikasi dan penampilan yang menarik untuk posisi ini karena kaitannya dengan pelanggan.

4. Program Pengembangan Staf

Lowongan yang satu ini lebih ke arah pengembangan SDM yang bisa diikuti oleh semua kalangan. Pelamar bagian ini haruslah memiliki pendidikan minimal S1, lebih baik jika S2. Ada jurusan tertentu yang bisa melamar pada bidang ini sesuai ketentuan BRI. Khusus untuk bagian ini, BRI mencari pegawai yang belum menikah, serta tidak menikah sampai satu tahun jabatan.

5. Resident Auditor

Yang terakhir adalah lowongan auditor untuk beberapa kantor cabang BRI. Karena audit memerlukan ranah ilmu khusus, maka pelamar pekerjaan haruslah memiliki tingkat pendidikan minimal S1 bidang ekonomi. Penguasaan Bahasa Inggris juga dikedepankan oleh perusahaan untuk pelamar di bidang ini.

Langkah Melamar Kerja di BRI

Melamar pekerjaan tidak bisa dilakukan dengan begitu saja. Anggapan melamar pada lowongan kerja BRI yang mudah memang benar, namun bukan berarti tidak ada langkah tertentu. Pelamar pekerjaan tentu harus mengikuti langkah-langkah yang ditetapkan oleh perusahaan. Karenanya, ikuti langkah seperti berikut ini saat melamar kerja di BRI:

1. Melengkapi Berkas Pendaftaran

Sebelum memulai melamar pekerjaan, tentu calon pelamar akan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan, termasuk pemberkasan. Ijazah pendidikan terakhir akan dibutuhkan, disertai dengan kartu penanda identitas seperti KTP dan kartu keluarga. Selebihnya, bisa dicari tahu terlebih dahulu berkas lengkapnya sebelum melamar pekerjaan di BRI.

2. Melampirkan Surat Lamaran Kerja

Pelamar pekerjaan tentu harus melampirkan surat lamaran pekerjaan. Lamaran pekerjaan yang dilampirkan tentu dibuat dengan acuan tertentu, tidak boleh sembarangan. Bagi yang sudah pernah melamar pekerjaan sebelumnya pasti sudah paham. Namun jika belum, coba pelajari contoh surat lamaran kerja yang banyak tersedia contoh dan bentuknya.

3. Mendaftar di e-Recruitment BRI

Selanjutnya melamar pekerjaan perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran cukup dilakukan secara online melalui e-recruitment resmi milik BRI. Saat melakukan pendaftaran, pelamar akan diminta juga untuk memasukkan semua berkas yang diminta sebelumnya. Maka, pastikan semua berkas sudah lengkap sebelum melakukan pendaftaran.

4. Menunggu Pemberitahuan

Pelamar yang sudah memasukkan lamaran tidak langsung bisa ikut tes. Setelah memasukkan lamaran, tunggu hingga mendapat surel notifikasi dari BRI yang menyatakan lolos seleksi berkas. Jika berkas yang disubmit lengkap maka pelamar akan bisa melanjutkan ke tahapan tes selanjutnya yang sudah ditentukan.

5. Mengikuti Semua Alur Tes yang Ditentukan

Jika sudah dinyatakan lolos seleksi berkas maka pelamar pekerjaan akan memiliki beberapa tahapan tes yang harus diselesaikan. Pelamar harus mengikutinya tahap demi tahap hingga selesai. Pengumuman kelulusan akan diumumkan di setiap tahap. Jika lolos satu tahap, pelamar akan bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Keuntungan Bekerja di BRI

Tidak sah rasanya jika melihat lowongan kerja BRI tanpa mengetahui keuntungan yang bisa didapatkan. Seperti memang menjadi tujuan utama bekerja, yaitu mencari keuntungan dan fasilitas. Lowongan BRI banyak dicari oleh orang-orang tentu juga karena keuntungan yang ditawarkan. Jika berhasil bekerja di BRI, karyawan akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

1. Jumlah Pendapatan Bagus

Siapa yang tidak setuju dengan pernyataan gaji karyawan bank besar? Parti semua menyetujui pernyataan itu. Karena pada kenyataannya, pegawai bank bisa mendapatkan gaji yang relatif lebih besar daripada pendapatan daerah. Dengan begitu pegawai bank bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik bukan?

2. Ruang Luas untuk Peningkatan Jenjang Karir

Tidak asing lagi jika orang-orang memilih bekerja di bank atas alasan jenjang karir yang cemerlang. Pegawai bank memiliki banyak kesempatan untuk meningkatkan karirnya ke tingkatan yang lebih luas. Selain itu, bekerja di bank tidak semata hanya bekerja untuk mendapat uang. Berbagai cara diberikan oleh perusahaan agar pegawainya bisa berkembang.

3. Fasilitas Dukungan Diluar Gaji Utama

Perusahaan yang besar seperti BRI sudah tentu tidak hanya memberikan gaji utama pegawai. BRI menyertakan pula beberapa fasilitas yang tentu akan didapatkan oleh semua pegawai BRI. Misalnya saja, pegawai BRI tentu akan mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dan asuransi kerja. Fasilitas pendukung seperti ini diberikan diluar gaji utama pegawai.

4. Lingkungan Kerja yang Baik

Banyak pegawai BRI yang mengakui bahwa lingkungan kerja yang ada di BRI sangatlah baik. Dimulai dari lingkungan pegawai yang ramah dan dituntut untuk saling mendukung. Selain itu, BRI menjadi perusahaan yang mengedepankan kenyamanan pegawai dan nasabah. Setiap unit dan kantor BRI bisa terlihat sangat terjaga kebersihannya.

FAQ

  • Q: Apakah ada kuota tertentu bagi lowongan kerja BRI tersebut?

A: Tidak

  • Q: Adakah jangka waktu yang ditentukan untuk setiap lowongan?

A: Jika posisi terisi maka lowongan ditutup.

  • Q: Siapa sajakah yang bisa melamar pekerjaan di BRI?

A: Semua orang yang memenuhi persyaratan.

  • Q: Apakah pendaftaran harus dilakukan di kantor BRI?

A: Tidak, bisa dilakukan secara online.

  • Q: Apakah pelamar pekerjaan di BRI harus merupakan lulusan jurusan Perbankan?

A: Tidak, sesuai jenis pekerjaan dan kriteria yang ditetapkan.

Dengan mengetahui beberapa hal tentang pekerjaan di Bank BRI, calon pelamar pekerjaan jadi mendapatkan sedikit pencerahan. Ketika ada lowongan kerja BRI, perhatikan baik-baik ketentuan yang ditetapkan. Jika pekerjaan terlihat cocok dan semua persyaratan terpenuhi, tidak ada lagi alasan untuk menunda kesempatan menjadi calon pegawai BRI bukan?

Artikel Terkait