Berikut Informasi Lowongan Kerja Bank Indonesia Beserta Kisaran Gaji Yang Ditawarkan

Nama dari Bank Indonesia memang menjadi bank utama dari negara Indonesia yang mempunyai wewenang untuk melakukan pencetakan uang. Dari hal inilah tidak sedikit orang berlomba untuk mencari lowongan kerja bank Indonesia lantaran beberapa hal. Misalnya saja seperti jenjang karir sampai dengan besaran gaji yang ditawarkan. 

Tak dipungkiri bahwa Bank Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang paling diminati. Mengingat kredibilitas yang dimiliki memang tergolong cukup tinggi hingga sebagian orang merasa hanya lulusan tertentu saja yang bisa mengisi. Padahal tidak demikian, lantaran ada juga lowongan untuk lulusan SMA dengan informasi seperti berikut:

Jalur Rekrutmen Bank Indonesia 

Bagi para pencari kerja yang ingin mencoba keberuntungan masuk dan menjadi bagian dari Bank Indonesia. Setidaknya terdapat 3 jalur rekrutmen tenaga kerja yang diberlakukan di perusahaan keuangan ini. Untuk lebih detailnya adalah seperti berikut:

1. Pendidikan Calon Pegawai Muda 

Layaknya nama yang digunakan, maka jenis rekrutmen untuk lowongan kerja Bank Indonesia ini diperuntukan untuk mempersiapkan para pemimpin muda. Para pemimpin ini nantinya bakal meregenerasi sejumlah pemimpin dari Bank Indonesia itu sendiri. Bagi pelamar yang dinyatakan lolos drama seleksi PCPM ini bisa mengikuti tahapan selanjutnya. 

Yakni seperti tahapan pelatihan leadership sambil melakukan pekerjaan secara langsung. Perlu diketahui pekerjaan yang dijalani pada tahap ini sudah bersama dengan petinggi dari pihak Bank Indonesia. Untuk jalur rekrutmen ini bisa dilalui dengan menggunakan 2 metode, pertama adalah Open Recruitment serta yang kedua adalah Targeted Recruitment. 

2. Multi Level Entry 

Jalur rekrutmen satu ini sering juga disebut dengan Pro Hire. Perlu diketahui bahwa jenis jalur rekrutmen satu ini diperuntukkan bagi para pelamar yang memang sudah mempunyai pengalaman dalam bidang terkait. Umumnya kualifikasi yang ditetapkan adalah lulusan dari S3 dengan program studi sesuai dengan posisi yang dituju. 

Mengenai usia maksimal yang ditetapkan untuk pelamar adalah 40 tahun. Pelamar nantinya juga bakal memperoleh keuntungan untuk melakukan pendidikan kebanksentralan dari Bank Indonesia. Kriteria pendidikan yang ditetapkan memang tergolong tinggi mengingat jalur ini memang dipersiapkan untuk posisi kepemimpinan. 

3. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu 

Umumnya jalur rekrutmen satu ini dilakukan oleh pihak Bank Indonesia ketika membutuhkan pegawai guna bergabung pada suatu proyek tertentu. Dimana proyek yang dimaksud mempunyai waktu pengerjaan tertentu hingga pegawai dikontrak dalam masa waktu tersebut. Biasanya tentang kontrak yang dilakukan adalah sekitar 1 sampai 2 tahunan. 

Lowongan Kerja Bank Indonesia 

Tak dapat dipungkiri Bank Indonesia mempunyai sejumlah posisi untuk ditempati oleh para calon karyawan. Untuk itu sejumlah informasi terkait lowongan kerja Bank Indonesia banyak dicari. Bahkan peminatnya cukup tergolong banyak. Tentunya calon pelamar perlu memenuhi sejumlah kualifikasi seperti berikut:

1. Konsultan Project 

Untuk bisa menempati posisi ini setidaknya pelamar kerja perlu memenuhi sejumlah kriteria seperti berikut:

  • Pertama adalah berstatus WNI. 
  • Kemudian tergolong dalam kategori ahli berbentuk Tim. 
  • Kualifikasi pendidikan setidaknya adalah S1 dengan jurusan Ekonomi Islam lebih diutamakan. 
  • Mempunyai jaringan yang tergolong luas, misalnya saja seperti kepada pihak pemerintah, kemudian akademis ataupun lainnya. 
  • Bersedia untuk memenuhi berbagai macam persyaratan pekerjaan sebagaimana UU yang berlaku. 
  • Mempunyai keahlian dalam berkomunikasi yang baik. 
  • Berstatus tidak pernah memperoleh sanksi yang berasal dari Bank Indonesia. 
  • Mempunyai pengalaman di bidang terkait. 
  • Memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan pelaksanaan bidang terkait dan lainnya. 

2. FKKK 

Untuk bisa menempati posisi satu ini, maka pihak pelamar dari lowongan kerja Bank Indonesia perlu memenuhi sejumlah kriteria seperti berikut:

  • Pertama pelamar sudah menyelesaikan jenjang program Sarjana atau S1. Dengan jurusan Ekonomi, kemudian jurnalistik, manajemen, serta komunikasi lebih diutamakan. 
  • Mempunyai nilai IPK minimal adalah sebesar 3,00.
  • Jurusan lain masih mempunyai kesempatan selagi memiliki pengalaman kerja di bidang terkait. 
  • Usia maksimal yang ditetapkan untuk pelamar adalah 30 tahun. 
  • Pelamar menguasai sejumlah software yang terdiri dari desain grafis maupun video editing. Contohnya adalah seperti aplikasi Adobe Photoshop, kemudian Corel Draw dan lainnya. 
  • Mempunyai keahlian dalam bidang menyusun berita maupun artikel serta mampu mengoperasikan media sosial. 
  • Memiliki kemampuan yang berhubungan dengan studi literatur serta memiliki keahlian dalam bidang analytical thinking yang bagus. 
  • Mampu bekerja dalam bentuk tim. 
  • Terakhir adalah bersedia melengkapi sejumlah berkas yang diperlukan. 

Proses Seleksi Bank Indonesia 

Nantinya jika sudah mengetahui sejumlah posisi dalam lowongan kerja bank Indonesia yang dapat dicoba. Maka pihak calon pelamar kerja juga perlu mengetahui berbagai macam tahapan seleksi yang perlu dilalui nantinya. Hingga dengan begitu pihak pelamar tidak kaget serta bisa melakukan persiapan semenjak dini.

Mengingat jika persiapan dapat dilakukan dengan matang bisa meningkatkan rasa percaya diri dari pelamar yang bersangkutan. Untuk tahapan yang dimaksud langsung saja berikut pembahasannya:

  • Pertama adalah tahapan seleksi administrasi yang berhubungan dengan berbagai macam dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Salah satu yang penting adalah surat lamaran kerja. Jika masih bingung bisa melihat contoh surat lamaran kerja.
  • Kemudian di tahap selanjutnya adalah proses Seleksi Potensi Dasar. Tahap seleksi ini sering juga disebut dengan TPD atau bisa juga disebut dengan POF. 
  • Lalu dilanjutkan dengan tahapan Seleksi Pengetahuan Umum yang dimiliki oleh pelamar kerja. Tahapan ini sering disingkat dengan seleksi TPU. Serta juga tahapan Tes Pengetahuan Kebangsaan yang sering disebut dengan TPK. Lalu tes lainnya adalah tes bahasa Inggris. 
  • Jika sekali beberapa tes telah dilalui oleh pihak pelamar kerja. Maka selanjutnya adalah proses seleksi psikologi yang sering disebut dengan LGD. Di tahap ini juga dilakukan proses wawancara terkait psikologi. 
  • Proses selanjutnya adalah tes kesehatan serta juga tes psikiatri. 
  • Selanjutnya adalah tinggal sesi wawancara akhir yang akan ditutup dengan proses seleksi terhadap leadership forum. 

Informasi Gaji Pegawai Bank Indonesia 

Sejumlah hal yang membuat pelamar kerja mencari lowongan kerja Bank Indonesia adalah lantaran nominal gaji yang ditawarkan. Bahkan di beberapa posisi gaji yang ditawarkan mencapai angka ratusan juta rupiah. Informasi selengkapnya adalah seperti berikut:

  • Pertama untuk posisi Frontliner gaji yang ditawarkan adalah senilai 4,3 juta rupiah. 
  • Untuk posisi Manager Trainee IT mempunyai penawaran gaji sebesar 5,3 juta rupiah. 
  • Sedangkan posisi Asisten Pelaksana memiliki tawaran gaji 6 juta rupiah. 
  • Selanjutnya untuk posisi Team Leader gaji yang ditawarkan oleh Bank Indonesia mencapai 12,5 juta rupiah. 
  • Posisi Asisten Direktur memiliki kisaran gaji sebesar 32,5 juta rupiah. 
  • Untuk Direktur sendiri gaji yang ditawarkan bahkan mencapai angka 50 sampai dengan 83 juta rupiah. 
  • Belum lagi untuk posisi Asisten Gubernur dari Bank Indonesia, gajinya tidak main-main yaitu mencapai 100 juta rupiah. 
  • Terakhir adalah untuk posisi Deputi Gubernur gajinya berada di rentang 123 juta rupiah sampai dengan 169 juta rupiah. 

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai lowongan kerja Bank Indonesia serta informasi gaji yang ditawarkan. Sejumlah uraian di atas penting diketahui oleh calon pelamar kerja terutama bagian kualifikasi yang diperlukan. Dengan begitu pelamar bisa menyesuaikan kemampuan dengan kriteria posisi yang diperlukan. 

FAQ 

Q: Ada berapa jalur rekrutmen di Bank Indonesia? 

A: Ada 3

Q: Berapa kisaran gaji untuk posisi Frontliner di Bank Indonesia? 

A: 4,3 juta rupiah 

Q: Apakah ada tes kesehatan dalam seleksi Bank Indonesia? 

A: Ada