Mengenal Kiat-Kiat Dan Contoh Presentasi Bisnis Produk

Contoh Presentasi Bisnis Produk – Semakin berkembangnya teknologi dan informasi membuat inovasi-inovasi baru bermunculan hadir. Misalnya inovasi pemasaran produk yang sekarang bisa dilakukan melalui media digital. Dengan hal ini maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dengan adanya pemasaran digital. Namun bagi sebagian orang memasarkan produk masih menjadi suatu hal yang sulit. Pasalnya mempromosikan produk perlu adanya skill kreatifitas untuk membuat pelanggan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Salah satu metode yang bagus untuk memasarkan atau mengenalkan suatu produk kepada pelanggan sehingga perusahaan lain adalah dengan cara membuat profil produk secara singkat dan detail yang dirangkum dalam power point atau media lain yang sejenisnya.

Pemasaran produk saat ini lebih sering dengan menggunakan metode presentasi. Di mana produk akan dipasarkan dengan cara memaparkan secara detail produk yang dijual kepada pelanggan melalui presentasi.

Namun materi yang disampaikan pada saat presentasi tentunya tidak dapat asal memasukkan materi, terdapat beberapa hak yang harus anda perhatikan saat akan menyampaikan materi presentasi.

Jangan sampai hal yang tidak diinginkan terjadi saat memaparkan presentasi produk. Presentasi yang berhasil baiknya bisa mengajak klien atau perusahaan lain tertarik menggunakan produk anda bukan pada produk kompetitor anda. Oleh karena itu dalam menyusun presentasi sebaiknya anda pertimbangkan keakuratan info dan materi dengan bijak.

Salah satu divisi dalam bisnis yang harus memiliki skill dan kreativitas untuk memasarkan produk adalah digital marketing. Digital marketing dalam memasarkan produk pasti akan membutuhkan media presentasi. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Contoh presentasi bisnis produk, lebih baik mengenal apa itu presentasi produk.

Presentasi Produk adalah?

Presentasi produk adalah komunikasi 2 arah yang dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan informasi mengenai hal-hal penting suatu produk atau layanan jasa yang dijual oleh produsen agar klien membeli produk yang dijual tersebut.

Dalam membuat presentasi produk tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar klien tertarik dengan produk yang ditawarkan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan seperti memilih topik yang bagus dengan perpaduan elaborasi produk.

Hal tersebut tentunya perlu diperhatikan dengan baik karena dapat mempengaruhi kualitas suatu produk untuk ditawarkan kepada klien. Agar memberikan presentasi dengan hasil terbaik maka sebaiknya digital marketing atau divisi yang akan mempresentasikan produk seharusnya melakukan riset terhadap produk yang akan ditawarkannya.

Untuk menarik klien sebaiknya menawarkan produk dengan menggunakan presentasi. Namun agar presentasi yang anda bawakan bisa mendapatkan hasil sebaiknya anda perhatikan hal-hal berikut yang harus ada untuk disampaikan saat presentasi.

Hal-hal yang harus ada dalam presentasi produk bisnis

1. Latar belakang

Dalam menyampaikan latar belakang sama halnya seperti anda menyampaikan asal usul mengapa anda menawarkan produk tersebut hingga produk tersebut tercipta. Pada saat menyampaikan latar belakang jangan lupa untuk menyajikan visi,misi, dan tujuan produk anda dibuat.

Pada slide presentasi tidak perlu bertele-tele langsung saja ke inti dari latar belakang tersebut. Setidaknya pada point latar belakang terdapat kurang lebih 140 karakter dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami. Untuk mendukung kuatnya tujuan produk tersebut anda bisa melakukan riset ke berbagai platform atau informasi dari berbagai sumber.

2. Masalah dan solusi

Pasa slide selanjutnya anda bisa mendapatkan masalah yang sedang terjadi di sekitaran pasar bisnis. Namun demikian ada juga perlu menjelaskan temuan solusi yang anda dapatkan dari produk yang akan atau sudah dikembangkan.

Upayakan untuk merumuskan masalah secara rinci agar penentuan solusi yang diberikan akurat dan bisa menghandle kendala yang akan terjadi. Sebaiknya anda bisa mencantumkan beberapa gambar terkait solusi atau masalah yang anda tawarkan.

3. Peluang dan target pasar.

Memberikan jabaran peluang pada slide presentasi merupakan hal yang tak kalah penting. Pasalnya dengan menjelaskan peluang atas produk yang anda kembangkan di pasar pastinya anda bisa lebih mudah untuk menentukan target pasar.

Upayakan untuk membuatnya rinci dan spesifik, karena pada umumnya supplier atau investor akan antusias pada bagian penjabaran peluang dan target pasar.

Terlebih lagi ketika anda sudah tepat dalam menentukan target pasar untuk usaha anda

4. Model bisnis

Perkembangan dunia bisnis saat ini berkembang dengan sangat baik. Dalam hal ini tentunya anda harus bijak dalam menentukan model bisnis yang akan anda kemvangkan ubtuk produk tersebut.

Pada model bisnis dijelaskan bagaimana caranya produk anda akan menghasilkan uang dan menjelaskan dimana saja sumber uang tersebut akan anda dapatkan.

5. Proyeksi keuntungan

Apabila pemaparan presentasi mendapat kemitraan untuk kerjasama dengan supplier atau investor maka anda bisa menambahkan slide terakhir ini untuk menjelaskan bagaimana proyeksi keuntungan yang akan didapatkan investor atau supplier.

Berikan gambaran yang menguntungkan secara rinci agar supplier dan mitra tidak merasa ragu terhadap produk anda.

Setidaknya dengan cara ini dapat mengurangi keraguan supplier atau investor yang akan menanamkan modalnya pada bisnis yang anda tawarkan. Dengan demikian bisnis yang anda kembangkan dapat mampu bertahan meskipun persaingan begitu ketat.’

Tips presentasi produk

Sebagaimana melansir dari Glints.com Agar hasil presentasi anda tidak mengecewakan supplier dan investor sebaiknya simak tips-tips presentasi produk bisnis berikut ini

1. Tunjukan kredibilitas anda

Sebuah presentasi sebaiknya dapat menggaet perhatian para audiens, salah satu caranya anda bisa menunjukan kredibilitas anda akan hal yang akan anda presentasikan. Anda bisa memulainya dengan berbagi cerita pengalaman anda yang bersinggungan dengan materi yang akan anda sampaikan agar audiens tidak begitu tegang dalam mendengarkan presentasi anda.

2. Sampaikan Poin inti saja

Dalam menyampaikan presentasi anda tidak perlu menampilkan slide materi yang begitu banyak atau begitu detail. Biarkan sampaikan hal yang inti-intinya saja, adapun hal yang merinci biarkan ana jelaskan ketika ada audiens yang bertanya akan hal yang merinci.

3. Cari sumber informasi tambahan

Hal ini sangat membantu untuk melihat secara luas mengenai produk apa yang akan anda kembangkan. Sehingga pemahaman anda akan bertambah dengan adanya informasi dari berbagai sumber yang telah anda dapatkan.

Contoh presentasi bisnis produk

Adapun Contoh presentasi bisnis produk yang baik anda bisa mengikuti beberapa contoh slide presentasi dari brand terkenal seperti berikut ini:

1. Presentasi Pixar

Slide yang ditampilkan oleh bran ini dengan menonjolkan warna ikan dan ciri khas dari perusahaan Pixar tersebut.

Slide presentasi Pixar tidak begitu membicarakan produk namun lebih menunjukkannya ke training dengan tujuan agar audiens mengingat ciri khas dari perusahaan pixar.

2. Presentasi Red Bull Stratos

Pada saat presentasi bisnis Red bull membuat presentasi rekap event dengan menggunakan prezi. Mereka menggunakan fitur prezi dengan adanya tambahan video dan efek visual zoom in yang diberikan efek animasi hamper 3D pada gambar diam.

3. Presentasi Facebook

Presentasi salah satu sosial media ini menekankan pada konsep pembahasan di slide pada before after. Mengutip dari Yesware penempatan gambar before after adalah Teknik persuasif yang disengaja.

Demikianlah ulasan mengenai kiat-kiat presentasi produk bisnis dan bagaimana strategi membawakan presentasi tersebut. Adapun contoh dari desain tersebut anda bisa mengkreasikan sesuai dengan keinginan anda dengan berbagi referensi platform Internet.