Jenis-Jenis Asuransi Jiwa dan Pengertiannya

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa – Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa asuransi yang diperlukan hanyalah asuransi kesehatan. Padahal berdasarkan pertimbangan tertentu asuransi jiwa juga dapat menjadi investasi pertama bagi yang memiliki gaji bulanan lebih dari berkecukupan.

Ditambah lagi kita tidak akan mengetahui usia hidup sampai berapa lama. Maka dari itu penting untuk memahami jenis-jenis asuransi jiwa.

Anda perlu menggunakan asuransi yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan sebelum mengambil suatu asuransi jiwa. Sangat cocok bagi orang-orang yang menjadi tulang punggung keluarga. Tidak mungkin dalam waktu dekat keluarga bisa membuat kondisi finansial stabil dalam waktu singkat. Kita bahas lebih dahulu mengenai pengertian dari asuransi jiwa.

Definisi dari Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan suatu program yang dibuat oleh perusahaan asuransi dalam rangka memberikan proteksi terhadap keluarga tertanggung jika terjadi hal tidak terduga seperti meninggal dunia. Diharapkan dengan adanya pemberian proteksi jiwa mampu membuat kondisi finansial dari keluarga yang ditinggalkan tetap aman dalam periode waktu tertentu.

Dana yang akan diberikan sebagai santunan ketika pihak tertanggung meninggal dunia adalah sesuai dengan premi yang dibayarkan secara rutin. Suatu ketika pihak tertanggung meninggal maka uang yang sudah dikumpulkan akan diberikan oleh pihak asuransi kepada keluarga pihak tertanggung.

Jumlah dana total yang diberikan sebagai santunan dari asuransi jiwa tetap lebih besar dibandingkan dengan premi yang sudah terkumpul ketika pihak tertanggung masih hidup dan membayar premi. Mengenai nominal dari santunan biasanya juga sudah dijelaskan di dalam polis yang dipegang pihak tertanggung.

Berkaitan dengan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap proteksi asuransi jiwa memang masih sangat rendah. Menurut survei dari beberapa perusahaan asuransi hanya sebesar 1% saja yang memiliki anggapan bahwa asuransi jiwa itu penting.

Baca Juga:  Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Mana yang Perlu Didahulukan?

Selesai pembahasan mengenai definisi dari asuransi jiwa maka sebaiknya Anda tidak sembarangan pilih jenis asuransi jiwa. Pahami jenis-jenis asuransi jiwa terpercaya di Indonesia melalui ulasan di poin berikutnya.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa Terpercaya di Indonesia

Pada dasarnya setiap perusahaan asuransi memiliki produk asuransi jiwa yang berbeda-beda. Hanya saja jenisnya secara garis besar dibagi menjadi 5 macam untuk asuransi jiwa seperti term life, whole life, asuransi jiwa dwiguna, asuransi jiwa unit link, dan juga asuransi jiwa Syariah.

Pada asuransi jenis term life, dapat diartikan sebagai produk yang memiliki masa aktif proteksi selama periode tertentu saja. Definisi dari whole life adalah jenis produk asuransi jiwa yang bisa digunakan seumur hidup oleh pihak tertanggung yang memegang polis ini. Sedangkan pengertian dari asuransi jiwa adalah lebih pada produk asuransi yang memberikan manfaat tambahan sebagai tabungan.

Kemudian kita juga akan menjelaskan artian dari asuransi jiwa unit link. Asuransi jiwa unit link merupakan suatu produk asuransi jiwa yang memberikan manfaat tambahan sebagai investasi. Jenis-jenis asuransi jiwa yang terakhir berupa asuransi jiwa Syariah. Asuransi tersebut bisa didefinisikan sebagai proteksi jiwa yang akan diberikan kepada keluarga pihak tertanggung berdasarkan syariat agama Islam.

Lalu asuransi jiwa juga dibagi berdasarkan yang populer punya track record baik dan yang tidak. Namun pembahasan kali ini akan lebih berfokus kepada produk asuransi jiwa yang memiliki track record baik saja.

1. Manulife

Manulife merupakan salah satu perusahaan yang berasal dari Kanada yang sudah membuka cabang di Indonesia sejak lama. Perusahaan Manulife memiliki track record yang baik dan catatan keuangan stabil sehingga memiliki kemampuan membayar santunan tepat waktu ketika pihak tertanggung membutuhkan.

Baca Juga:  Mari Mengenal Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka Menurun yang Tepat!

Bahkan hebatnya perusahaan menjamin akan mengembalikan premi sebesar 100% ketika pihak tertanggung sama sekali tidak melakukan klaim sampai dengan akhir periode asuransi.

Hampir sebagian besar para orang yang memegang polisi ini sudah memiliki keluarga seperti pasangan dan anak. Diharapkan orang yang memiliki asuransi jiwa bisa memberikan proteksi dana pada masa depan pasangan dan juga anaknya agar bisa merintis karir guna mencukupi kebutuhan finansial saat ditinggal meninggal dunia.

Jika bagian pemegang polis tidak sengaja meninggal akibat kecelakaan maka bisa diberikan biaya santunan dua kali lipat dari premi yang dibayarkan pihak tertanggung. Tentu saja masa pemberian dana tersebut pada periode waktunya yakni sekitar 12 maupun 15 tahun.

2. Cigna

Kita juga akan membahas tentang asuransi jiwa milik Cigna. Perusahaan tersebut sudah ada di Indonesia sejak tahun 1990 dan memang memiliki fokus produk di area asuransi kesehatan serta asuransi jiwa. Perusahaan yang satu ini juga memberikan biaya penanggungan yang dapat mencapai 500.000.000 rupiah untuk periode 10 tahun.

Namun biaya pertanggungan sampai dengan besar tersebut juga selalu disesuaikan dengan premi yang diambil. Harga produk untuk proteksi asuransi jiwa bisa mulai dari Rp 219.831 setiap bulannya. Meskipun demikian tetap terdapat polis asuransi dengan biaya premi yang lebih mahal. 

3. Sun Life

Sun Life masuk dalam kategori perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia sejak 1965. Adapun asuransi jiwa yang ditawarkan oleh Sun Life sangat beragam sehingga nasabah dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Sebelum terjadi kejadian meninggal yang diakibatkan oleh penyakit kritis terdapat jenis dari asuransinya yang memberikan pengembalian premi.

Pihak tertanggung yang memegang polis dari Sun Life tetap akan mendapatkan santunan apapun alasannya. Bahkan tidak perlu melakukan pemeriksaan medical check-up asalkan bila tertanggung masih berada di bawah usia 76 tahun. Hal yang semakin membuat masyarakat ingin menggunakan asuransi ini karena terdapat pengembalian premi sebanyak 50% dari yang sudah tertanggung bayar setiap lima tahun sekali.

Baca Juga:  Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka yang Baik dan Benar

4. Prudential

Sebagai masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing mendengarkan nama Prudential. Perusahaan asuransi yang satu ini memang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1995 dan menawarkan 2 jenis asuransi jiwa. Asuransi jiwa tersebut berupa produk whole life dan juga asuransi jiwa Syariah.

Bagi nasabah yang yang tidak menyukai konsep riba dapat segera mengambil asuransi jiwa Syariah di Prudential. Tak hanya berguna untuk melindungi jiwa dalam hal finansial maka Prudential juga menawarkan manfaat dari investasi yang mana preminya perlu dibayar sebesar Rp 400.000 setiap bulan. Jenis perlindungan dari asuransi jiwa Prudential juga meliputi resiko meninggal dunia yang diakibatkan oleh segala macam penyebab penyakit kritis maupun kecelakaan.

5. Simas Jiwa

Asuransi Sinar Mas atau sering disebut sebagai Simas juga menawarkan produk yang berupa asuransi jiwa. Pendirian dari asuransi tersebut sudah berlangsung sejak 1995 dan masih terus eksis sampai dengan hari ini. Dalam perusahaan sudah terdapat agen aktif yang mencapai lebih dari 500 orang dan selalu melayani nasabah dengan pelayanan terbaik.

Produk Sinar Mas asuransi jiwa yang bernama Simas Maxi ditujukan untuk penanggungan usia seseorang hingga 100 tahun. Tidak banyak perusahaan asuransi yang mau memberikan proteksi kepada nasabahnya sampai dengan usia 100 tahun karena rata-rata lansia di Indonesia berkisar antara 75 tahun sampai 80 tahun. Jenis santunan yang diberikan dari Simas Maxi berupa santunan penyakit kritis, santunan akibat kecelakaan, santunan cacat total, dan lain-lain.