Penasaran Dengan Gaji Profesi Yang Satu Ini, Intip Yuk Berapa Gaji Arsitek?

Gaji Arsitek – Melihat profesi pekerjaan yang satu ini mungkin Anda akan tergiur dengan besaran gaji yang didapatkan, bagaimana tidak? Untuk menjadi seorang arsitek pasti dibutuhkan biaya pendidikan yang tidak murah. Mereka harus menempuh pendidikan kurang lebih selama empat tahun untuk mendapatkan gelar sarjana S1, kemudian belum lagi tambahan program profesi, magang, dan ujian. Termasuk juga di dalamnya untuk biaya peralatan-peralatan selama pendidikan terbilang juga mahal.

Siapa Sebenarnya Arsitek?

Mungkin beberapa orang memahami seorang arsitek ya mereka yang berkecimpung di dunia bangunan. Mari kita luruskan terlebih dahulu pengertian khusus dari arsitek sendiri. sebelumnya kita kenali terlebih dahulu jurusan arsitektur, jadi jurusan ini mempelajari seluk beluk tentang desain bangunan dan juga rancangan konstruksi bangunan tersebut sehingga memiliki nilai estetis. Sementara untuk bagian yang mengeksekusi pembangunan merupakan job desk dari teknik sipil. Nah, arsitek sendiri adalah salah satu prospek kerja yang identik dengan jurusan arsitektur.

Lantas bagaimana dengan prospek kerja arsitek ke depan? Tentunya untuk prospek kerja seorang arsitek dapat dibilang cukup menjanjikan. Selain itu pada dasarnya selama proses pendidikan tidaklah mudah, banyak teori dan praktik yang harus mereka pelajari dengan sungguh-sungguh demi mewujudkan cita-cita sebagai arsitek profesional. Membahas profesi arsitek pasti tidak terlepas dari pertanyaan berapa gaji arsitek yang didapatkan oleh seorang arsitektur. Mungkin beberapa orang menyebut ratusan juta hingga milyaran rupiah di setiap proyek yang dikerjakan.

Angka yang sangat fantastis untuk upah dari sebuah pekerjaan, penasaran dan tertarik untuk menjadi arsitektur? Untuk lebih lengkapnya mengenai gaji arsitek di Indonesia simak ulasan berikut ini.

Berapa Sih Gaji Arsitektur?

Membahas standar gaji seorang arsitektur sebenarnya juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya dimulai dari pendidikan, kemudian dari segi pengalaman, perusahaan yang dilamar dan diikuti. Untuk kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang arsitektur berpengalaman minimal satu sampai dua tahun, pada umumnya digaji kurang lebih Rp 7 juta. Kemudian untuk arsitektur sekelas direktur dan manajer mendapatkan gaji kisaran Rp 15 juta sampai Rp 50 juta per bulannya.

Baca Juga:  Bikin Penasaran, Ternyata Segini Gaji Dokter Kecantikan

Lalu untuk arsitektur pemula biasanya akan mendapatkan gaji Rp 4,3 juta. Itulah beberapa besaran gaji arsitek yang didapatkan oleh mereka. Semakin bagus kinerja arsitek, pengalaman yang bagus, dan memiliki nama pasti karyanya akan dihargai dengan harga yang berlipat-lipat untuk per proyek yang dikerjakan. Melihat gaji arsitek per bulan yang beragam sesuai dengan kelas-kelasnya, bagaimana masih tertarik untuk jadi arsitek?

Itulah beberapa ulasan standar umum gaji arsitek yang didapatkan di Indonesia, kemudian jika muncul pertanyaan dibandingkan dengan gaji arsitek di luar negeri berapa ya? Sudah jelas akan berbeda lagi contoh untuk per tahunnya rata-rata gaji yang didapatkan oleh arsitek di Australia bisa mencapai 109 ribu AUD atau setara dengan Rp 1,1 miliar, negara tetangga seperti Singapura berkisar 9.670 SGD atau Rp 105 juta untuk gaji per bulan, belum negara-negara maju lainnya tentu lebih besar.

Informasi tersebut dapat dijadikan motivasi bagi para arsitek Indonesia yang mau mengepakkan sayapnya go Internasional. Bisa melalui kerja sama maupun mengikuti kontes-kontes desain bangunan. Karena untuk prospek di bidang ini sudah pasti banyak dibutuhkan baik dalam skala kecil bahkan sampai dengan proyek-proyek besar sekalipun.

Dunia desain bangunan saat ini sudah mulai berkembang, beberapa di antara para arsitek ini selain menggunakan cara yang masih manual atau dengan kertas kemudian mereka membuat sketsa ternyata ada cara yang modern. Yakni dengan menggunakan kecanggihan beberapa aplikasi desain 2D maupun 3D seperti ArchiCad, punch, AutoCAD Architecture, dan lain-lain. Jadi, mereka lebih praktis juga untuk mengerjakan desain di mana pun berada dan dalam waktu kapan pun. Kecanggihan teknologi tersebut juga dapat mempengaruhi  besaran gaji yang didapat.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Minahasa Tenggara

Kira-kira dengan gaji arsitek yang begitu besarnya apa saja sih yang dilakukan mereka? Ini dia jawabannya, hal-hal yang dilakukan oleh arsitek :

  • Mendesain rancangan dan tata letak sebuah bangunan.
  • Menentukan konsep desain mulai dari interior dan eksterior.
  • Menghitung matematika dari desain bangunan yang akan dibuat.
  • Menentukan gambaran kerja.
  • Eksekusi rancangan yang sudah dia buat.
  • Melakukan pengawasan dan peninjauan selama proses kerja

Untuk mendapatkan hasil desain yang terbaik dibutuhkan juga keilmuan yang matang dan juga wawasan yang luas, sebab dunia desain bangunan saat ini juga sangat berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman. Jika sebagai seorang arsitek tidak mampu berkembang maka akan terhambat. Berbeda dengan mereka yang lebih berkembang tentu akan diharga dengan gaji yang bukan main. Terutama untuk fresh graduate bisa mendapatkan gaji arsitek freelance sebagai pengalaman karena dianggap mereka lebih fresh dan mudah mempelajari hal baru seperti aplikasi desain arsitek yang memudahkan pekerjaan.

Melalui hal-hal yang simpel misalkan jika sebagai fresh graduate Anda dapat mempromosikan diri melalui desain rumah saudara, teman, atau tetangga terlebih dahulu. Kemudian mulai mengembangkan diri desain bangunan sekolah, masjid, pusat pemerintahan di sekitar. Nah dari hal-hal kecil ini nantinya akan memudahkan Anda dalam melebarkan sayap profesi. Meskipun di awal gaji yang didapatkan belum terlalu besar, namun jika ditekuni akan menghasilkan profit.

Bagaimana Caranya Agar Dapat Bekerja Sama Dengan Perusahaan Ternama?

Bukan lagi hal yang dapat dipungkiri untuk bermimpi menjadi seorang arsitek yang bergabung dengan perusahaan-perusahaan ternama. Bergabung dengan perusahaan ternama memang akan membawa profit tersendiri sekalipun Anda masih fresh graduate. Berikut adalah beberapa tips untuk masuk Perusahaan ternama.

Baca Juga:  Seberapa Besar Gaji Dokter Gigi? Simak Artikel Berikut!

Jangan termakan dengan omongan semua pasti menggunakan previllage, tentu masih ada cara yang dapat kita tempuh untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan. Sama halnya dengan seorang arsitek yang ingin bergabung dengan perusahaan ternama karena berbagai alasan misalkan besarnya gaji yang akan didapatkan, relasi yang begitu luas karena perusahaan ternama dan besar, pengalaman bersama orang-orang hebat. Simak yuk tipsnya :

  1. Manfaatkan waktu pendidikan Anda untuk menguras ilmu sebanyak mungkin dan pengalaman yang banyak.
  2. Ikuti kompetisi-kompetisi kecil maupun besar untuk mengasah kemampuan Anda.
  3. Manfaatkan waktu magang Anda dengan baik dalam arti selain mengandalkan keilmuan yang harus dipraktikkan jalin komunikasi yang baik.
  4. Perbanyak diskusi atau tukar pikiran dengan mereka yang lebih berpengalaman.
  5. Pastikan ketika memasukkan lamaran CV harus update dan mampu memberikan kesan baik dari professional qualifications yang Anda miliki, kemudian pencapaian yang pernah didapatkan, dan informasi mengenai diri Anda, motivasi dan alasan Anda bergabung dengan perusahaan yang dituju pastikan semua jelas.
  6. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa.

Selain mengupas mengenai gaji arsitek pada paragraf sebelumnya, Anda dapat melakukan  tips di atas untuk bisa bergabung dengan perusahaan ternama. Semoga beberapa ulasan bocoran gaji arsitek dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membaca artikel ini.