Indikator Trading Emas Akurat Yang Bisa Anda Praktikkan

Indikator Trading Emas Akurat – Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan trading emas, ada baiknya Anda menambah pengetahuan dan wawasan terlebih dahulu mengenai kiat-kiat sukses melakukan trading emas. Memulai keberuntungan memulai trading emas memang bukanlah perkara yang mudah dan sepele, ditambah lagi memulai trading tanpa mempunyai strategi sama halnya Anda pergi ke hutan tanpa membawa persiapan apa-apa. Sehingga sulit mencoba keberuntungan sesuai dengan yang Anda harapkan, bisa saja mendapatkan kerugian. Beberapa tips sukses yang bisa dipraktekkan melalui indikator trading emas akurat sebagai berikut:

Mengenal indikator trading emas yang akurat

Trading emas adalah salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan berdasarkan naik-turunnya nilai harga emas. Trading emas secara online adalah suatu perdagangan emas secara online dalam perdagangan pasar forex tanpa perpindahan dari aset emas yang dilakukan secara fisik. Indikator trading emas akurat ini merupakan indikator teknikal yang akan digunakan untuk melakukan trading emas dengan melakukan teknik trading dengan cara sederhana, akan tetapi tetap bisa memberikan Anda keuntungan. Anda perlu memahami bahwa setiap trader memiliki gaya trading yang berbeda-beda dan menggunakan indikator yang paling cocok untuk setiap trading. Beberapa indikator trading emas yang paling akurat yang digunakan trader profesional, yakni:

1. Indikator moving average

Indikator moving average ini merupakan salah satu indikator dalam trading emas yang paling akurat dan banyak digunakan para trader. Indikator moving average ini termasuk indikator mengenai analisis teknikal yang simpel, indikator ini memberikan sinyal para trader saat harga mengalami penurunan atau down trend, ataupun harga melonjak naik atau up trend. Indikator moving average akan menjadi sempurna apabila digabungkan dengan indikator yang lainnya untuk mengkonfirmasi arah dari pergerakan nilai harga emas. Indikator ini bukan hanya digunakan untuk menganalisis teknikal pada trading saja, akan tetapi menjadi salah satu indikator yang sangat cocok digunakan untuk melakukan trading apapun, seperti halnya mata uang emas, saham, atau komoditi. Sehingga, moving average ini menjadi indikator yang paling umum dan sering digunakan para trader.

Baca Juga:  Mengenal 5 Macam-Macam Strategi Bisnis Paling Jitu

2. Indikator fibonacci retracement

Ini merupakan salah satu indikator yang paling banyak disukai oleh para trader. Dikarenakan indikator teknikal ini bisa menentukan titik support dan resistance, karenanya bagi para trader emas bisa menggunakan indikator fibonacci retracement ini dengan trader emas yang mengetahui apa yang harusnya dilakukan, yakni menjual ataupun membeli emas. Pada analisis teknikal dalam melakukan trading emas, trading ini dilakukan karena indikator yang mengetahui rasio level yang menggunakan persentase. Pada presentase tersebut mempunyai titik support dan resistance yang bisa menjadi penunjuk trader emas untuk dapat melakukan tindakan dalam menjual ataupun membeli.

3. Indikator strength index (RSI)

Indikator selanjutnya adalah trading emas yang digunakan oleh trader dengan menggunakan RSI yang bisa menjadi indikator dalam menunjukkan penguatan trend dalam nilai harga emas. Jika dikombinasikan dengan indikator dari RSI maka para trader mengetahui harga emas yang biasanya disebut oversold atau overbought. Cara trading emas dengan indikator ini bisa membantu Anda dalam mengetahui nilai harga emas tersebut, karenanya trader emas akan mengambil langkah untuk menjual ataupun membeli emas. Indikator ini bisa mengkonfirmasi Anda dalam melihat pergerakan harga dan trend yang saat ini sedang terjadi.

Strategi trading emas sederhana

Dari ketiga indikator di atas, kuasai 3 indikator teknikal tersebut dalam dunia trading emas. Ketiga indikator tersebut yaitu RSI, EMA, serta indikator Stochastic Oscillator. Setelah Anda bisa menguasai indikator teknikal tersebut, tentu akan memudahkan dalam menentukan kapan Anda harus masuk ataupun keluar dari pasar. Indikator teknikal RSI merupakan buatan dari salah seorang yang bernama Welles Wilder yang memiliki 2 fungsi utama, yakni untuk melihat level overbought atau jenuh beli dan oversold atau jenuh jual.

Baca Juga:  7 Daftar Bisnis Online Tanpa Modal Yang Bisa Anda Coba

Kedua fungsi tersebut digunakan untuk mengukur perbandingan rata-rata penurunan dan kenaikan harga. Indikator EMA merupakan indikator yang paling cepat dibanding moving average, sehingga seringkali indikator ini digunakan para trader harian. Indikator selanjutnya Stochastic Oscillator juga bisa digunakan untuk mengukur momentum yang bersifat oscillator. Sehingga bisa melihat pergerakan harga emas bilamana overbought ataupun oversold.

Strategi pullback dalam trading emas

Strategi trading emas terbaik adalah strategi pullback yang mempunyai 3 keuntungan sekaligus. Mulai dari tren hingga memberinya sinyal pada posisi entry maupun exit. Strategi lainnya yaitu menggunakan chart heiken ashi yang dikenal tanpa terganggu. Chart inilah yang biasanya digunakan dalam menentukan trend dalam jangka waktu yang singkat dan jelas. Cara kerja dari indikator trading emas akurat menggunakan ilustrasi teknikal seperti RSI, 5 EMA, 12 EMA, dan chart candlestick dengan menggunakan waktu selama 1 hari. Pembelian dilakukan saat EMA 5 naik sampai EMA 12, dalam kondisi pada garis RSI berada dibawah 50, lakukan sell saat mencapai garis RSI yang berada diatas 50 dan EMA berada 5 turun ke bawah EMA 12.

Resiko dalam trading emas

Dari berbagai tips yang dijelaskan diatas, saat Anda memutuskan untuk memulai trading emas yang memang tidak mudah. Namun, bukan berarti Anda mundur atau berhenti ditengah jalan, melainkan jadikan sebagai tantangan dalam mengasah otak dan juga kemampuan Anda. Meskipun resiko trading emas juga bisa merugikan Anda, namun Anda tetap optimis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun sebelum memulainya, Anda bisa mencobanya dengan menggunakan akun demo dan bisa menerapkan dalam akun real yang sudah teruji.

Strategi dengan menganalisis fundamental

Tidak hanya saham ataupun komoditas berharga seperti halnya saham, emas sendiri mempunyai nilai yang intrinsik yang sangat kecil dikarenakan mempunyai banyak kegunaan yang praktis dan sederhana. Akan tetapi, situasi ini tentu jarang terjadi dan memungkinkan adanya ketertarikan dalam mengkombinasikan antara nilai dengan konsensusnya. Harga trading emas yang bersifat fluktuatif yang kecil yang tidak mungkin diukur setiap harinya, sehingga memerlukan nilai analisis dasar yang terbatas.

Baca Juga:  Apa Itu Bisnis MLM Dan Ciri-Cirinya

Dalam aspek yang lain dari emas tentunya berbeda dengan tender legal, seperti dolar Amerika Serikat karena terbatasnya pasokan emas tersebut, artinya persediaan emas sangat terbatas dan bisa diterima dengan mudah. Masalah analisis ini hampir semua emas dapat diketahui oleh dunia yang dipegang oleh pemerintah dan bank, akan tetapi tidak bisa menentukan seberapa banyaknya. Bank-bank besar tentunya sudah menjalin kerjasama selama bertahun-tahun lamanya dalam mematok nilai harga emas melalui gold fixings selama 2 kali sehari, bank-bank besar tersebut dapat memanipulasi hubungan antara demand dan supply.

Penjelasan diatas merupakan indikator yang paling akurat dalam melakukan trading emas yang bisa Anda praktekkan dalam trading emas. Anda perlu kecermatan dalam menentukan keluar dan masuknya pasar dengan tepat supaya menghindari resiko kerugian yang bisa terjadi dengan Anda. Pahami terlebih dahulu strategi yang tepat dalam melakukan trading emas ditambah dengan pengetahuan indikator teknikalnya. Lakukan penjualan ataupun pembelian dengan cermat supaya keuntungan yang Anda dapatkan sesuai dengan harapan Anda tanpa adanya kerugian. Keberhasilan Anda menggunakan trading emas ditentukan dari cara Anda memutuskan jual-beli yang tepat.

Artikel Terkait