Gaji Messi Dan Pemain Lainnya Yang Termahal

Gaji Messi – Sepak bola telah secara masif mempengaruhi kultur, kebiasaan, dan psikis para penggemarnya. Sepak bola telah masuk ke benak banyak anak-anak yang kini bermimpi untuk bisa menjadi pemain profesional dengan gaji selangit layaknya gaji messi, ronaldo, dan pemain mega bintang lainnya.

Beberapa tahun belakang ini, sepak bola telah mencapai tahap selanjutnya, telah menyentuh ranah yang semakin penting yaitu ranah bisnis yang sangat masif. Anda bisa lihat dari perubahan dan agenda yang hendak dilakukan terhadap sepak bola dunia.

Beberapa perubahan yang mencolok adalah soal uang yang mengalir dalam sepak bola. Mulai dari gaji pemain yang saat ini semakin tinggi, biaya transfer yang semakin tidak masuk akal, harga tiket stadion yang naik, dan makin banyaknya turnamen-turnamen yang diselenggarakan FIFA untuk meraup keuntungan. Bahkan hingga kesejahteraan pemain pun mereka acuhkan. Berikut adalah beberapa fakta dan nilai yang semakin tak masuk akal bagi pemain sepak bola itu sendiri.

Siapa pemain dengan gaji termahal saat ini?

Makin mahalnya transfer pemain juga diikuti dengan permintaan pemain akan gaji merka yang semakin besar pula. Tuntutan gaji ini pula yang jadi salah satu pertimbangan banyak klub sebelum mereka mulai merekrut pemain baru. Tentunya makin besar gajinya makin besar pula tuntutan kepada sang pemain untuk berkontribusi di lapangan.

Berikut adalah pemain dengan gaji termahal di dunia saat ini:

  1. Lionel Messi (Paris Saint German): Rp 18,87 Miliar per pekan

Super Mega Bintang Lionel Messi jadi pemain sepak bola dengan bayaran termahal saat ini. Kepindahannya ke PSG dari Barcelona musim lalu membuatnya meraup 40 juta euro atau sekitar 675 miliar per tahunnya. Jika dirinci gaji messi per harinya adalah Rp 1,7 miliar, per jamnya adalah Rp 146 juta, per menitnya adalah Rp 2,44 juta, dan per detiknya adalah Rp 40 ribu. Messi kedip saja menghasilkan 40 ribu rupiah!!!

  1. Neymar Junior (Paris Saint German): Rp 11,14 Miliar per pekan

Neymar yang pada musim panas 2017 mengagetkan seluruh dunia dengan kepindahannya ke PSG dengan biaya transfer mencapai 222 juta euro!!! Sekaligus jadi pemain termahal dunia hingga saat ini dan kemungkinan dipecahkannya sangat sulit karena nilai tersebut tidak masuk akal!! Kini sejak kedatangan Messi ia jadi pemain dengan gaji termahal nomor dua.

  1. Oscar (Shanghai Port): Rp 10,61 Miliar per pekan

Menuai kontroversi karena di usia muda pindah ke China membuatnya menerima gaji yang fantastis.

  1. Gareth Bale (Real Madrid): Rp 10,37 Miliar per pekan
  2. Kylian Mbappe (PSG): Rp 8,06 Miliar per pekan
  3. Cristiano Ronaldo (Manchester United): Rp 7,56 Miliar per pekan
  4. Kevin De Bruyne (Manchester City) Rp 7,56 Miliar per pekan
  5. Eden Hazard (Real Madrid): Rp 7,48 Miliar per pekan

Investasi bodong. Dengan gaii dan nilai transfer yang sangat besar namun kontribusinya terhadap klub sangat minim karena lebih banyak bergulat dengan cidera.

Siapa pemain dengan banderol termahal saat ini?

Biaya transfer pemain saat ini sudah mencapai angka yang tidak masuk akal lagi. Berapa banyak pemain yang memiliki kemampuan sepak bola biasa-biasa saja tapi dibanderol oleh klubnya dengan haga yang hingga ratusan juta dolar?

Untuk menentukan berapa banderol pemain tersebut jika menggunakan patokan harga klub tempat si pemain bernaung memanglah tidak masuk akal, oleh karena itu jika ingin mengetahui nilai seorang pemain dengan lebih netral, maka perlu digunakan bantuan pihak ketiga.

Salah satu penyedia data daftar harga bandeol pemain di dunia adalah CIES Football. Mereka adalah organisasi independen yang melakukan penelitian untuk menentukan kisaran harga pemain dalam waktu dua kali dalam jangka waktu satu tahun menggunakan algoritma khusus yang dimiliki oleh mereka. Algoritma tersebut digunakan dengan mempertimbangkan banyak faktor dari si pemain seperti usia, kontribusi pemain ke timnas dan klubnya saat ini, performa saat ini, hingga durasi kontraknya yang tersisa.

Jika sang pemain memiliki durasi kontrak yang hampir habis harganya akan semakin turun karena klubnya saat ini sebagai pemilik si pemain akan semakin berada dalam posisi yang sulit dalam tawar menawar harga. Klub tersebut berada dalam keadaan “menjual sang pemain sekarang dengan harga yang jauh lebih murah atau kehilangan sang pemain dengan Cuma-Cuma kaena kontraknya habis”.

Pemain dengan banderol termahal per Januari 2023 ini menurut CIES Football adalah penyerang muda Real Madrid, Vinicius Junior yang memiliki harga kisaan 166,4 juta euro atau mencapai angka Rp 2,7 trilliun. Urutan kedua ada gelandang serang muda manchester biru yaitu Phil Foden yang punya angka 152,2 juta euro atau sekitar Rp 2,5 trilliun, dan Erling Haaland di posisi tiga dengan banderol 142,5 juta euro atau setara dengan Rp 2,3 trilliun.

Siapa pemain yang memiliki buyout clause paling tidak masuk akal?

Dalam sebuah penandatanganan kontrak pemain sepak bola seringkali terdapat beberapa kesepakatan antara si pemain dan klub, salah satunya yang cukup unik adalah release clause atau buyout caluse, yang merupakan kesepakatan antar dua pihak terkait berapa hatga yang harus dibayar klub lain jika hendak membeli sang pemain.

Artinya jika klub lain hendak membeli sang pemain selama masa kontraknya belum habis, maka harganya harus sesuai dengan yang disepakati di kontrak tersebut. Harga tersebut tentunya dipatok oleh klub sang pemain saat ini guna memagari sang pemain dari incaran klub-klub lain karena klub menilai sang pemain memiliki nilai yang tinggi.

Berikut adalah pemain-pemain yang memiliki buyout clause paling tinggi di dunia:

  1. Pedri (FC Bacelona): 1 milliar euro
  2. Karim Benzema (Real Madrid): I milliar euro
  3. Federico Valverde (Real Madrid): 1 milliar euro
  4. David Alaba (Real Madrid): 850 juta uero
  5. Antoine Griezmann (Barcelona): 800 juta euro. Saat ini sedang dalam masa peminjaman ke Atletico Madrid
  6. Brahim Diaz (Real Madrid): 750 Juta euro. Saat ini dalam masa peminjaman ke AC Milan
  7. Luka Modric (Real Madrid): 750 juta euro
  8. Vinicius Junior (Real Madrid): 700 juta euro
  9. Marco Asensio (Real Madrid): 700 juta euro
  10. Thibaut Courtois (Real Madrid): 700 juta euro

Itulah beberapa fakta menarik yang bahkan lebih ke nggak masuk akal seputar uang yang berputar di dunia sepak bola. Mulai dari gaji Messi yang mencapai Rp 657 milliar per tahunnya sekaligus pemain dengan gaji termahal di dunia saat ini, Vinicius Junior menjadi pemain dengan banderol transfer termahal di angka Rp 2,7 trilliun, dan pemain dengan buyout clause paling tidak masuk akal yaitu Pedri, Benzema, dan Valverde yang mencapai I milliar euro.