Kisaran Gaji Apoteker, Profesi Dengan Bayaran Tinggi

Gaji Apoteker – Informasi mengenai gaji apoteker memang wajib diketahui oleh anda yang tertarik dengan bidang pekerjaan satu ini. Seperti sudah diketahui, profesi menjadi apoteker adalah salah satu pekerjaan di bidang kesehatan dimana paling banyak digemari oleh masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaannya berani membayar anda dengan gaji cukup tinggi.

Perlu diketahui bahwa seorang apoteker inilah dapat bekerja di banyak bidang bahkan dapat membuka usaha sendiri dengan cara membuka apotek. Adapun seorang apoteker industri dimana akan bekerja di sebuah perusahaan farmasi atau kosmetik tersebut. Adapun tugas dari mereka tersebut adalah melakukan penelitian serta pengembangan racikan produk.

Jika dibandingkan dengan profesi bidang kesehatan seperti perawatan atau bidang, seorang apoteker inipun dapat memperoleh gaji cukup besar. Hal ini ternyata menjadi alasan mengapa banyak orang berlomba-lomba buat menjadi seorang apoteker tersebut.

Sekilas Tentang Pekerjaan Apoteker

Apoteker adalah profesi dimana akan bergelut dalam bidang obat-obatan sekaligus membutuhkan kecermatan serta ketelitian cukup tinggi. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaannya berkaitan dengan kesehatan sekaligus keselamatan seseorang.

Adapun untuk menjadi seorang apoteker ternyata bisa berasal dari Sarjana Farmasi dimana sudah lulus ujian kompetensi apoteker, mereka juga telah mengucap sumpah jabatan, serta asistensi selama kurang lebih 2 tahun. Itulah mengapa tidak semua orang bisa bergelut dalam bidang profesi tersebut. Dan hanya orang-orang dengan keahlian dalam ilmu kesehatan serta kimia saja.

Apabila seorang apoteker ingin bekerja secara legal maka sesudah menempuh Pendidikan diharuskan mengurus surat tanda registrasi apoteker dan surat izin praktik apoteker tersebut. Anda bisa bekerja di rumah sakit ataupun melalui sektor pekerjaan lainnya buat memberikan obat sesuai dengan resep dokter.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Buton

Tidak sampai disitu saja, mereka biasanya juga akan memastikan efektivitas serta keamanan dari penggunaan obat-obatan sekaligus memberikan edukasi mengenai penggunaan obat dengan cara rasional sekaligus menyampaikan apabila didalamnya terdapat efek samping. Itulah mengapa mereka bukan hanya dibekali ilmu saja tetapi juga harus mampu mengolah obat-obatan herbal.

Estimasi Gaji Apoteker

Sudah paham bukan apa sajakah tugas utama dari seorang apoteker. Nah apabila anda ingin menggeluti profesi tersebut maka sangat penting mengetahui besarnya gaji apoteker tersebut. Perlu diingat juga bahwa gaji tersebut ternyata masih bervariasi tergantung dengan Pendidikan, lamanya bekerja hingga dimanakah mereka melakukan praktik.

Namun apabila anda ingin memiliki pandangan mengenai kisaran biaya yang akan mereka dapatkan maka informasi dibawah ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Lulusan SMK Farmasi

Selain bisa menempuh Pendidikan Apoteker, apabila anda ingin pekerjaan ini dengan cepat alias bekerja di bidang farmasi adalah dengan masuk ke SMK Farmasi. Sebab setelah lulus nantinya, anda bisa bekerja sebagai seorang asisten apoteker tepatnya di apotek-apotek terdekat.

Secara umum, seorang asisten apoteker dari lulusan Pendidikan SMK biasanya mempunyai penghasilan sesuai dengan UMR yang berlaku atau dimana mereka kerja.

Apoteker di Industri Farmasi

Lain halnya dengan seorang Apoteker yang bekerja di bidang industri farmasi ternyata bisa mendapatkan gaji lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. Sebab rata-rata pendapatan mereka adalah 4-6 juta rupiah per bulan.

Sedangkan bagi seorang apoteker yang bekerja di dalam bagian research and development dalam industri farmasi mereka akan menerima gaji tahunan mencapai 47-86 juta rupiah. Jumlah penghasilan tersebut biasanya akan semakin bertambah jika seorang apoteker membuka jasa konsultasi mengenai obat-obatan. Dengan jasa itulah, mereka dapat menentukan sendiri tarif dalam melakukan konsultasi tersebut.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Pinrang

Apoteker PNS

Seorang apoteker dari PNS golongan II/B dengan masa kerja 0 tahun serta belum menikah, biasanya mampu memperoleh pendapatan hingga 3 juta rupiah per bulan dan termasuk gaji pokok, tunjangan serta jasa pelayanan di dalamnya. Kisaran gaji inilah ternyata juga berlaku bagi apoteker yang bekerja di BPOM.

Apabila dilihat-lihat, mereka biasanya memperoleh upah sesuai dengan tempat atau instansi dimana mereka bekerja. Itulah mengapa besar kemungkinan gaji PNS apoteker inipun akan berbeda-beda.

Tanggung Jawab dan Tugas Seorang Apoteker

Disamping mengetahui besarnya gaji apoteker, anda juga harus mengetahui tugas serta tanggung jawab mereka tersebut. Sebab ternyata tugas mereka bukan hanya untuk meracik obat-obatan saja, tetapi ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan. Bahkan gaji yang mereka dapatkan tersebut akan sebanding dengan tanggung jawab mereka tersebut.

Nah, berikut ini beberapa tugas serta tanggung jawab bagi seorang apoteker.

  1. Mendesain, memproduksi hingga pendistribusian obat-obatan.
  2. Menjelasan makanan ataupun obat yang wajib dihindari ketika masa kehamilan
  3. Mampu menghitung dosis obat setiap individu terutama bagi bayi, anak-anak hingga penyakit tertentu
  4. Mampu memberikan penjelasan mengenai efek samping obat kepada para pasien
  5. Meracik obat yang akan digunakan buat pengobatan jenis penyakit tertentu
  6. Melakukan pengawasan obat yang sudah diresepkan oleh dokter
  7. Menyediakan konsultasi dengan para pasien
  8. Memusnahkan obat-obatan dimana telah kadaluarsa, mengandung zat berbahaya ataupun bahkan rusak
  9. Melakukan kajian resep secara administrasi serta kesesuaian farmasetik dengan menggunakan bahan pertimbangan klinik
  10. Memusnahkan obat dimana telah mempunyai usia lebih dari 5 tahun

Cara Menjadi Seorang Apoteker

Tidak bisa dipungkiri bahwa profesi apoteker memang cukup diidam-idamkan oleh banyak orang karena gajinya tergolong cukup besar. Sampai disini, anda pastinya juga penasaran bagaimanakah cara menjadi seorang apoteker tersebut bukan?

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Mamuju Tengah

Nah untuk menjadi seorang apoteker ternyata tidaklah sulit tetapi juga tidak mudah. berikut ini beberapa tahapan yang harus dilewati agar menjadi seorang apoteker.

Menyelesaikan Pendidikan SMA IPA dan SMK Farmasi

Langkah pertama yang harus dilewati adalah dengan menyelesaikan Pendidikan SMA IPA atau SMK Farmasi. Nah, apabila anda masuk ke SMK farmasi maka anda bisa langsung bekerja tanpa harus menempuh Pendidikan jurusan farmasi. Biasanya lulusan SMK Farmasi tersebut akan langsung bekerja menjadi asisten apoteker.

Masuk Jurusan Farmasi S1

Berikutnya anda juga perlu melanjutkan Pendidikan S1 dengan jurusan farmasi. Selama masa Pendidikan inilah, anda akan memperoleh banyak pelajaran teori ataupun praktik di dalam lab. Bukan hanya itu saja, anda bisanya juga akan magang selama 2-3 bulan ke depan

Mengucap Sumpah Profesi

Selanjutnya setelah lulus S1 Farmasi, anda harus mengucap sumpah profesi terlebih dahulu dimana biasanya akan dilakukan secara Bersama-sama dengan lulusan lainnya. Anda juga akan menyelesaikan Pendidikan keprofesian apoteker serta memperoleh surat tanda registrasi.

Pertanyaan Seputar Apoteker

  1. Apakah apoteker harus bersumpah profesi agar bisa bekerja? Ya, seorang apoteker biasanya harus mengucap sumpah profesi dahulu. Jadi bukan hanya perawat ataupun dokter saja yang melakukannya.
  2. Berapa besarnya gaji seorang apoteker PNS? Seorang apoteker PNS bisa memperoleh gaji mulai dari 3 jutaan

Kesimpulan

Apoteker menjadi salah satu profesi yang cukup diidam-idamkan oleh banyak orang karena menawarkan gaji cukup besar. Namun sebelum itu pastikan mengetahui besarnya gaji apoteker terlebih dahulu sebagai gambaran.