Cara Mudah Membaca Sinyal Trading Crypto

Sinyal Trading Crypto – Ada yang baru bergabung di dalam komunitas crypto dan juga aktif di media sosial pastinya sudah tidak akan asing lagi dengan yang namanya sinyal trading crypto. Lalu sebenarnya apa itu sinyal trading crypto ? Bagaimana cara untuk membaca sinyal tersebut dan juga jenisnya ? Kali ini kita akan menjelaskan semua itu dengan lebih terperinci.

Pengertian Sinyal Trading Crypto

Sinyal trading crypto adalah merupakan sebuah saran atau instruksi yang berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan trading, misalnya kapan waktu yang tepat untuk menjual crypto tertentu, mata uang crypto apa yang cocok untuk dibeli oleh seseorang, berapa nantinya target keuntungan yang dihasilkan dari penjualan, beserta level harga yang harus ditetapkan pada titik stop loss.

Cara Trading Crypto Sinyal Bekerja

Ada beberapa sinyal gratis yang biasanya akan dibagikan oleh para trader yang sudah berpengalaman lewat akun media sosial yang mereka miliki. Beberapa penyedia layanan yang akan memberikan sinyal crypto yang berbayar. Jika sinyal crypto tersebut berbayar, pengiriman sinyal trading umumnya akan dilakukan melalui email, aplikasi yang ada di smartphone, maupun lewat berbagai sarana komunikasi yang lainnya. Sinyal itu akan dipakai oleh para trader untuk dijadikan acuan melakukan trading crypto.

Cara Membaca Sinyal Trading Crypto 

Pada dasarnya ada beberapa informasi yang akan dibagikan lewat sinyal trading crypto, seperti:

1. Stop Loss atau Take Profit

Stop loss dan Take profit yang ada dalam sinyal trading akan memiliki fungsi untuk digunakan dalam manajemen potensi keuntungan dan juga risiko kerugian. Stop loss umumnya akan ditentukan dengan menggunakan metode moving average. Ada beberapa teori yang menyebutkan jika stop loss dapat ditetapkan sekitar 6% di bawah dari harga pembelian aset.

Take profit, merupakan di saat yang paling tepat untuk para trader dapat keluar dari posisi trading ketika target keuntungannya sudah dapat dipenuhi. Trader bisa meletakkan take profit  berdasarkan prediksi dari pergerakan harga aset dengan memakai analisis dari pola grafik, resistance dan support.

2. Sell / Buy

Provider pada sinyal crypto umumnya akan memberikan instruksi terhadap para trader berkaitan dengan waktu yang paling tepat untuk dapat menjual maupun membeli crypto.

3. Harga Crypto yang Paling Terbaik

Beberapa provider sinyal trading crypto bahkan akan memberikan berbagai macam informasi yang terkait dengan range harga beli yang paling terbaik, target dari peningkatan harga aset crypto, sampai grafik analisisnya.

4. Aset Crypto yang Nantinya Harus Dibeli

Jika Anda baru belajar trading crypto, maka harus tahu jika biasanya dapat memberikan berbagai macam informasi berkaitan dengan aset crypto jenis apa yang bisa untuk dibeli maupun dijual oleh para trader di waktu tertentu agar dapat memperoleh keuntungan.

5. Informasi yang Lainnya

Sinyal trading ini juga akan memuat berbagai macam informasi tambahan, seperti analisis teknik dan juga grafik perdagangan crypto. Beberapa provider akan mengirimkan analisis yang lengkap dibalik saran trading yang nantinya akan diberikan.

Berbagai Macam Jenis Sinyal Trading Crypto 

Sinyal trading crypto ini masih akan dibagi ke dalam beberapa jenis, antara lain adalah :

1. Berdasarkan dari Segi Biayanya

  • Paid Signal

Trader akan diminta melakukan pembayaran biaya untuk berlangganan kepada penyedia layanan agar bisa mendapatkan berbagai informasi berkaitan dengan sinyal trading crypto. Jenis sinyal yang satu ini umumnya akan dianggap jauh lebih terpercaya jika dibandingkan dengan sinyal crypto gratis. Pada umumnya, provider juga akan memberikan sinyal trading yang paling lengkap dan menyertakan analisis untuk berbagai saran yang akan diberikan.

  • Sinyal Trading Crypto Gratis

Provider ini akan menyediakan berbagai informasi berkaitan dengan sinyal trading crypto secara gratis. Namun, biasanya para trader diharuskan untuk mempunyai akun trading lebih dahulu di dalam platform, broker yang mereka miliki maupun agen.

2. Berdasarkan Teknologi

  • Automated

Sinyal trading crypto yang satu ini mempunyai fungsi yang otomatis dan biasanya akan dirancang dengan memakai sebuah algoritma maupun bot perdagangan. Bot akan membantu untuk melakukan pemantauan harga cryptocurrency, melakukan evaluasi pergerakan pasar, dan memberikan berbagai macam informasi yang lebih akurat berkaitan dengan trading. Kelebihan automated trading signal adalah tidak akan terpengaruh dengan kondisi secara emosional.

  • Manual

Sinyal trading manual akan sangat bergantung dengan kecerdasan manusia karena memang dibuat oleh pakar perdagangan crypto maupun analisis pasar individu yang sudah berpengalaman. Tim analytics insight juga menyebutkan bahwa jenis sinyal trading ini merupakan sinyal yang cukup sederhana dan lebih mudah ditemukan pada media sosial seperti Telegram, Facebook dan juga Twitter.

Kelebihan dan Kekurangan Sinyal Trading Crypto 

Hadirnya sinyal trading crypto Indonesia akan memberikan berbagai macam manfaat yang besar untuk para trader. Namun terlepas dari itu semua perdagangan crypto juga pasti akan mempunyai kelemahan. Oleh sebab itu sangat penting untuk para trader tahu apa saja kelebihan dan kelamaan yang akan didapatkan.

1. Kelebihan

  • Membantu untuk membuat keputusan yang lebih baik

Kelebihan yang paling utama dari crypto akan membantu untuk membuat keputusan yang paling tepat ketika akan melakukan trading, terutama untuk para pemula. Sinyal itu nantinya dapat memberikan berbagai macam informasi yang begitu berharga agar dapat menghindari kerugian dan juga meraih keuntungan.

  • Mampu mengurangi risiko pasar

Kelebihan yang tidak kalah penting yaitu membantu mengurangi risiko di pasar dengan melakukan update secara real time, trader dapat lebih mempermudah untuk memahami trend pasar sehingga nantinya risiko bisa lebih ditekan. Pastikan penyedia sinyal tersebut memberikan ketetapan yang jauh lebih baik.

  • Mempermudah dalam melakukan pemantauan

Perdagangan crypto ini memang mempunyai sifat yang fluktuatif sehingga nantinya trader harus selalu melakukan monitoring. Hal ini lebih sulit untuk dikerjakan pada setiap harinya. Dalam hal tersebut, sinyal perdagangan akan begitu bermanfaat untuk mempermudah di proses pemantauan.

2. Kelemahan

  • Memerlukan Biaya Tambahan

Di pasaran memang banyak sekali penyedia yang akan memberikan penawaran sinyal trading crypto secara gratis tetapi biasanya sinyal itu tidak akan berguna. Seorang trader yang sudah ahli dan juga berpengalaman akan dapat memberikan sinyal trading agar bisa mendapatkan keuntungan sehingga nantinya trader yang lainnya harus melakukan pembayaran untuk mendapatkan layanan trading tersebut.

Trader yang memerlukan sinyal akurat harus mengeluarkan dana tambahan untuk supaya bisa mendapatkan layanan tersebut. Pastinya hal tersebut akan menjadi sebuah pertimbangan yang tersendiri terutama untuk para trader yang masih pemula  dan minim budget.

  • Rawan dengan penipuan

Besarnya minta para trader untuk sinyal perdagangan justru akan dimanfaatkan berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Ada beberapa oknum yang melakukan penipuan dengan kedok untuk menawarkan sinyal trading sehingga nantinya harus selalu waspada.

Untuk membedakan sinyal yang asli dan palsu memang akan sedikit sulit. Oleh sebab itu penting untuk memastikan kredibilitas penyedia layanan sebelum nantinya mengambil sebuah keputusan.