Cara Menanam Pepaya California Agar Panen Banyak

Cara Menanam Pepaya California Agar Panen Banyak – Pepaya, buah yang satu ini sangat akrab di telinga masyarakat, terutama masyarakat Indonesia. Papaya merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari  meksiko, atau lebih tepatnya amerika selatan. Papaya sudah banyak di budidayakan di seluruh belahan dunia hingga Indonesia. Salah satu jenis papaya yang merupakan varietas unggulan dan bagus untuk di budidayakan adalah papaya California.

Papaya California sendiri  merupakan jenis varietas papaya yang unik, dimana tinggi batang pada tanaman ini hanya mencapai 1,5 – 2 meter. Tentunya unik, dimana hal ini menjadikan papaya California menjadi berbeda diantara jenis papaya lainnya. Papaya California ini juga dapat dipanen dalam kurun waktu 8 – 9 bulan dan dapat terus dipanen hingga berumur 4 tahun. Dagingnya yang manis dan lezat menjadikan papaya California banyak disukai. Bagi anda yang ingin membudidayakan papaya California anda dapat menyimak panduan langkah langkahnya berikut ini.

Budidaya Pepaya California Agar Panen Banyak

  1. Pembibitan

Yang pertama adalah pembibitan. Anda dapat menanam bibit yang telah dikeringkan kedalam polybag berisi tanah dan pupuk. Usahakan untuk menggunakan pupuk organic. Kemudian letakan polybag tadi di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Lakukan juga pemupukan dan penyiraman hingga benih dan berusia sekitar satu minggu.

  1. Pengolahan Lahan

Yang kedua merupakan pengolahan lahan. Anda dapat mengolah lahan tanam dengan menggemburkan tanahnya terlebih dulu. Gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak. Selain itu berikan juga pupuk organic pada tanah yang telah digemburkan tadi. Setelah itu buat lubang tanam untuk media tempat menanam papaya dengan kedalaman 30 cm dan berukuran 20 x 20 cm. .

  1. Proses Penanaman ke Lahan

Yang ketiga adalah penanaman bibit ke lahan tanam. Tanam bibit yang telah disiapkan tadi ke dalam lahan tanam. Pilih bibit yang berusia seminggu lebih dengan ditandai daun papaya California yang telah tumbuh sebanyak 4 – 5 helai. Setelah itu masukan kedalam lubang tanam dan tutup dengan tanah yang telah dicampur pupuk organic.

  1. Proses Pemeliharaan

Yang keempat adalah proses pemeliharaan. Budidaya terutama tumbuhan tidak dapat lepas dari yang namanya pemeliharaan. Anda sangat wajib untuk memperhatikan serta memelihara tanaman budidaya anda agar proses pertumbuhannya menjadi maksimal dan berbuah banyak nantinya. Lakukan penyiraman selama dua kali sehari. Selain itu, lakukan juga penyiangan gulma dan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman. Disarankan juga untuk melakukan pemupukan ulang dengan menggunakan pupuk organic agar memperbanyak unsur hara pada tanah dan menjadikan tanaman papaya California menjadi sehat dan segar.

  1. Proses Panen

Yang terakhir adalah pemanenan. Tahap ini dapat anda lakukan jika tumbuhan papaya California sudah menginjak usia sekitar 8 bulan setelah masa tanam. Atau bisa juga ketika buah sudah mencapai ukuran maksimal dan matang. Anda dapat memetik langsung dengan berhati – hati. Letakan kedalam wadah dan sortir berdasarkan ukuran buah.

Nah, itu tadi merupakan langkah – langkah untuk budidaya California. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan papaya California, anda dapat mencoba beberapa langkah yang telah diulas diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.