5 Cara Memulai Bisnis Makanan Online Dan Beragam Ide Jualan Yang Menjanjikan

Sickforprofit.com – Bisnis online kian banyak digandrungi oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda banyak para pengusaha mulai beralih ke jejaring sosial untuk menggelar lapaknya secara online. Salah satu bisnis online yang menguntungkan adalah bisnis makanan. Namun, bagaimana sih cara memulai bisnis makanan online itu? Makanan apa saja yang bisa dijual? Untuk mengetahuinya, simak penjelasanya berikut.

Cara Jualan Makanan Online

Cari ide makanan yang tepat

Cara memulai bisnis online pertama adalah mencari ide makanan yang menarik untuk dijual. Pastikan Anda memilih makanan yang mudah dibuat dan mengikuti tren masa kini. Jika tidak mau ribet, Anda juga bisa menjual makanan olahan cepat saji, seperti frozen food. 

Tentukan target pasar bisnis Anda

Siapa target pasar bisnis makanan Anda? Apakah anak muda, orang tua, atau anak-anak? Penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu target pasar bisnis Anda. Sebab, nantinya Anda akan menentukan harga jual yang sesuai serta membuat promosi yang tepat sasaran. Lakukan riset apa saja makanan yang sedang banyak digandrungi oleh orang saat ini dan buat target pasar yang sesuai dengan makanan tersebut.

Temukan supplier yang menguntungkan

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah mencari supplier yang dapat memasok kebutuhan bahan baku Anda. Carilah penyuplai yang dapat memasok bahan makanan segar dengan stok aman. Pertimbangkan pula harga yang ditawarkan, agar Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan.

Baca Juga:  Rekomendasi Koin Crypto Yang Akan Naik Pada Tahun 2022

Susun rencana bisnis

Tentukan apa merk bisnis Anda, nama makanan yang Anda jual, serta marketplace atau media sosial apa yang Anda gunakan. Jangan lupa susun pula rencana keuangan bisnis Anda. Hindari pengeluaran yang berlebihan dan sebaiknya pada awal usaha Anda memfokuskannya pada bahan makanan, peralatan yang dibutuhkan, serta promosi usaha.

Buat makanan selezat mungkin dan siapkan foto produk

Tahap ini merupakan tahap penting dalam berbisnis online makanan. Jika Anda menjual makanan siap saji, buatlah makanan yang meskipun sudah banyak orang yang menjualnya, tetapi masyarakat tetap tertarik pada makanan Anda. Jangan lupa foto produk makanan Anda secantik mungkin, agar orang tergiur dan ingin memesannya pada Anda.

Kemas semenarik mungkin dan pasarkan

Meskipun makanan yang Anda jual enak, tetapi jika kemasannya tidak menarik tentu orang akan tidak berminat untuk membelinya. Pastikan kemasan yang Anda gunakan itu menarik dan aman sampai ke tangan pelanggan. Jangan lupa sisipkan logo dan nama merk produk Anda atau kandungan nutrisi di dalamnya jika Anda menjual makanan yang sehat. Untuk memasarkannya, Anda bisa bergabung di kemitraan berbagai marketplace atau melalui media sosial Anda.

Ide Usaha Online Makanan

Salad buah

Salad buah menjadi salah satu tren bisnis online 2020 yang sangat laris di pasaran. Salad buah tidak hanya berisi aneka buah dan saus mayones saja, tetapi juga dihidangkan dengan berbagai macam topping seperti keju, coklat, atau susu kental manis. Untuk menghindari stok produk salad buah membusuk, Anda dapat menerapkan sistem pre-order agar Anda bisa membuatnya sesuai dengan jumlah pesanan saja.

Dessert box

Makanan yang satu ini sedang trending di berbagai media sosial. Rasanya yang manis dan tampilannya yang cantik membuat makanan ini disenangi oleh berbagai kalangan masyarakat. Proses pembuatannya pun cukup mudah dan dapat disimpan dalam lemari es untuk menjaga kualitas rasanya.

Baca Juga:  Indikator Trading Paling Akurat Yang Perlu Diketahui Trader Pemula

Frozen food

Makanan beku atau frozen food menjadi salah satu ide usaha online yang menguntungkan selanjutnya. Masyarakat kini mulai menyukai makanan beku yang lebih praktis untuk dihidangkan. Anda hanya perlu menyiapkan lemari pendingin agar kualitas produk frozen food tetap terjaga. Cari supplier yang dapat menyetok produk Anda dengan harga terjangkau dan jumlah persediaannya yang aman.

Dalgona coffee

Dalgona coffe pernah menjadi produk jualan online terlaris di tahun 2020, karena tampilannya yang menarik dan rasanya yang enak. Campuran susu dan foam kopi yang lembut ini bisa juga menjadi ide bisnis online yang menjanjikan. Anda bisa menjualnya melalui media sosial atau layanan pesan antar makanan.

Aneka makanan kering

Salah satu peluang usaha 2021 modal kecil yakni menjual aneka makanan kering. Makanan kering di sini dapat berupa keripik singkong, keripik kentang, basreng, keripik kaca, dan masih banyak lagi. Anda bisa membuatnya sendiri atau mencari agen penjual makanan kering. Sistem penjualannya pun praktis, Anda bisa menjualnya melalui media sosial atau marketplace.

Sambal

Makan tak lengkap jika tanpa memakai sambal. Meskipun makanan satu ini dapat diolah sendiri di rumah, namun pada kenyataannya banyak pula masyarakat yang suka membeli aneka jenis sambal di berbagai media sosial. Sambal terasi, sambal matah, sambal cumi, sambal teri, dan lainnya dapat laris dijual asalkan Anda memahami bagaimana cara memulai bisnis makanan online yang benar.

Cara Jualan Baju Online

Anda telah mengetahui cara memulai bisnis makanan online dan ide makanan yang dapat dijual. Namun, Anda juga tertarik untuk memulai bisnis online pakaian. Jangan khawatir, jualan baju secara online juga bisa menjadi pilihan yang tepat asalkan mengetahui cara dan langkahnya. Berikut ini cara membuka usaha online baju yang dapat Anda coba.

Baca Juga:  5 Cara Berjualan Di Tokopedia Untuk Pemula Agar Semakin Lancar

Lakukan riset bisnis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset bisnis secara keseluruhan, salah satunya yakni menentukan jenis baju. Untuk mencari inspirasi jenis pakaian apa yang akan Anda jual, Anda dapat melihatnya di berbagai media sosial atau marketplace. 

Tentukan supplier

Sebelum memulai usaha ini, Anda juga harus mengetahui apakah Anda akan menjahit produk pakaian Anda sendiri, menjadi reseller atau dropshipper. Jika Anda ingin menjahit sendiri, carilah produsen kain dan benang yang dapat memberikan harga terjangkau dengan kualitas yang baik.

Jika Anda ingin menjadi reseller, Anda perlu menyiapkan modal untuk membeli produk dari supplier. Namun, jika Anda berjualan dengan sistem dropshipping, Anda hanya perlu menyiapkan data internet.

Susun rencana bisnis

Bisnis apapun pasti harus memiliki perencanaan yang matang. Ketahui apa merk dagang Anda, berapa banyak pekerja yang Anda butuhkan, berapa modal dan harga jualnya, di mana Anda akan berjualan, siapa target pasar Anda, hingga bagaimana sistem pemasarannya. Anda juga harus tahu apa tujuan bisnis Anda agar Anda dapat termotivasi untuk melangkah dan menyusun strategi bisnis.

Lakukan pemasaran secara rutin

Setelah semua siap, kini giliran Anda untuk mempromosikan produk pakaian tersebut di media sosial. Foto produk semenarik mungkin untuk menarik perhatian banyak audiens. Namun, pastikan produk dalam foto dengan aslinya tidak jauh berbeda, agar pembeli tidak kecewa dan tertarik untuk berlangganan dengan Anda.

Kini Anda telah mengetahui cara memulai bisnis makanan online, ide jualan makanan, hingga cara jualan baju online. Semua usaha tersebut dapat menjadi lowongan bisnis online untuk pelajar, ibu rumah tangga, bahkan untuk usaha sampingan para pekerja. Jadi bagaimana, tertarik berbisnis apakah Anda?

Artikel Terkait