Buat Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

Buat Usaha Rumahan – Disaat pandemi seperti sekarang ini mencari pekerjaan terbilang sulit dan mungkin banyak orang yang berpikir untuk buat usaha rumahan.  Padahal kebutuhan hidup terus berjalan. Sehingga tak ada salahnya untuk memulai usaha rumahan demi memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Usaha Dengan Modal Kecil

Ketika ingin buat usaha rumahan mungkin banyak orang yang masih ragu karena terkendala modal.  Masih banyak yang beranggapan bahwa jika ingin mendirikan sebuah usaha maka harus memiliki modal yang besar. Benarkah demikian?

Sebenarnya jika melihat perkembangan jaman yang ada saat ini,  bisa dikatakan bahwa kesuksesan sebuah bisnis kita tak lagi ditentukan oleh faktor modal saja.  Melainkan ketekunan dan juga pemasaran.

Ketika sebuah bisnis memiliki strategi pemasaran yang matang serta selalu konsisten dalam melihat dan memaksimalkan peluang yang ada,  meskipun modal awalnya kecil namun tidak menutup kemungkinan bahwa usaha tersebut akan sukses.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali ide jualan modal kecil yang bisa dicoba.  Ditambah lagi dengan adanya teknologi modern dan juga internet,  membuat para pelaku usaha menjadi lebih mudah dalam mempromosikan dan menjalankan usahanya.

Sehingga bisa dikatakan bahwa tak masalah jika modal yang dimiliki terbilang kecil.  Asalkan smart dalam memaksimalkan media,  jeli dalam memanfaatkan peluang maka bukan tidak mungkin bahwa usaha tersebut bisa lebih sukses daripada mereka yang memulai usahanya dengan modal besar.

Rekomendasi Usaha Rumahan Modal Kecil

Bagi anda yang berencana untuk buat usaha rumahan namun hanya memiliki modal kecil atau terbatas,  jangan khawatir karena anda tetap bisa memulai usaha dengan mudah.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis usaha rumahan dengan modal kecil.

Jualan Pulsa

Ide jualan dengan modal kecil pertama adalah jualan pulsa.  Saat ini pengguna smartphone tidak bisa dihitung lagi.  Smartphone menjadi sebuah kebutuhan wajib untuk semua orang.

Tentunya pengguna smartphone membutuhkan pulsa dan kuota agar bisa digunakan. Sehingga hal ini menjadi peluang yang besar bagi anda untuk memulai bisnis tersebut

Jualan Gorengan

Gorengan menjadi salah satu cemilan yang disukai oleh semua orang. Oleh sebab itu,  hal ini bisa dimanfaatkan untuk ide jualan.  Anda bisa membuat gorengan kemudian menjualnya di pinggir jalan,  dirumah atau dititipkan di warung.

Jualan Sate Seafood

Sate  saat ini sudah dikenal sebagai salah satu menu streat food.  Banyak yang menyukai cemilan yang satu ini,  terutama anak – anak.

Anda bisa berjualan sate seafood dengan harga seribu atau 2 ribuan kemudian bisa berjualan keliling atau disekolahan. Dengan modal kecil anda bisa memulai berjualan sate seafood ini.

Jualan Online

Bisnis online menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin mencoba memulai bisnis namun terkendala oleh modal.  Anda bisa mulai dengan menjadi reseller atau menjualkan produk orang. Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.

Atau bisa juga menjadi dropshipper.  Tak perlu keluar modal untuk melakukan stok barang yang dijual karena tugas anda hanya mempromosikan saja.

Jualan Jasa

Jika anda termasuk orang yang memiliki banyak kemampuan entah itu menulis,  foto,  design dan sebagainya.  Anda bisa menjual jasa tersebut untuk mendapatkan uang.

Ada banyak sekali perusahaan atau lembaga yang seringkali membutuhkan jasa freelance untuk membantu kebutuhan mereka.

FAQ

Q : Bisnis seperti apa yang cocok untuk pemula?

A : Yang tidak butuh banyak modal uang.  Bisa menjadi dropshipper atau menjual jasa.

Q : Bagaimana memulai sebuah bisnis untuk pemula?

A : Jangan takut mencoba.  Tidak perlu takut gagal.  Manfaatkan peluang yang ada dan konsisten.

Q : Bagaimana cara mengatur keuangan usaha dengan modal kecil?

A : Cermat dalam mengelola keuangan.  Sebisa mungkin pisahkan dengan keuangan pribadi.  Selalu buat laporan dan lakukan evaluasi.

Q : Kendala apa yang sering muncul dalam menjalankan usaha rumahan?

A : Persaingan yang ketat serta pengelolaan keuangan yang salah. Jika memulai untuk bisnis,  jangan mudah menyerah meskipun banyak kendala.  Selalu bijak dalam mengatur keuangan agar modal terus berputar.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka bisa disimpulkan bahwa untuk memulai usaha rumahan tidak melulu harus bermodal besar.  Modal kecilpun asalkan konsisten,  pantang menyerah dan pandai dalam melihat peluang maka akan membuka kesempatan bagi usaha anda untuk sukses.

Artikel Terkait