Panduan Budidaya Pembesaran Ikan Gurame Agar Cepat Panen

Panduan Budidaya Pembesaran Ikan Gurame Agar Cepat Panen – Sekarang ini telah banyak sekali peluang usaha yang tersedia sehingga kerap membuat banyak orang menjadi kebingungan pada saat harus memilih jenis usaha yang akan dijalankannya. Salah satu jenis usaha yang sangat layak untuk Anda jadikan sebagai pilihan adalah usaha budidaya gurameh yang mana jenis usaha ini mulai diminati oleh masyarakat di Indonesia. Ikan gurameh sendiri merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar, ikan yang satu ini sangatlah populer untuk dikonsumsi di tanah air.

Permintaan terhadap ikan gurameh yang selalu tinggi di pasaran tentu saja akan menjadi sebuah peluang yang besar bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan berlimpah dengan menjalankan usaha budidaya gurameh, apalagi jenis ikan ini memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan jenis ikan air tawar yang lainnya. Selain itu usaha budidaya ikan gurameh ternyata juga bisa Anda lakukan dengan skala rumahan sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas, jika Anda tertarik maka simaklah ulasan selengkapnya di bawah ini.

Peluang Usaha Rumahan Budidaya Gurameh

  1. Persiapan Kolam

Sebelum Anda memulai usaha budidaya ikan gurameh, maka tentu Anda harus menyiapkan kolamnya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kolam tanah ataupun kolam permanen untuk melakukan usaha budidaya ikan gurameh, selain itu Anda juga harus melakukan pemupukan terlebih dahulu dengan tujuan agar tumbuh fitoplankton yang mana bisa menjadi pakan alami bagi ikan gurameh.

  1. Pemilihan Benih Ikan Gurame

Setelah mempersiapkan kolam, maka langkah yang kedua adalah pemilihan benih ikan gurameh. Anda harus memilih benih ikan gurameh yang berkualitas karena hal ini akan sangat mempengaruhi kesuksesan dari usaha yang Anda jalankan, Anda bisa memilih benih ikan yang sehat yakni ikan yang gerakannya lincah, tidak memiliki cacat di bagian tubuhnya, serta memiliki ukuran yang seragam.

  1. Pemberian Pakan
Baca Juga:  Ini Dia Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pakan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam usaha budidaya ikan gurameh, Anda bisa memberi pakan ikan gurameh berupa daun – daunan seperti misalnya daun talas, daun kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan jenis daun lainnya. Selain itu Anda juga bisa memberi pakan tambahan berupa dedak, ampas tahu, ataupun pelet.

  1. Pemeliharaan Ikan Gurameh

Perlu Anda ketahui bahwa gurameh merupakan salah satu jenis ikan yang sangat sensitif terhadap penyakit, oleh karena itulah maka Anda harus selalu memperhatikan kualitas air kolam yang Anda gunakan untuk budidaya ikan gurameh. Alangkah baiknya jika ikan gurameh dipelihara di dalam kolam dengan air yang mengalir sehingga air yang ada di dalam kolam selalu terjaga kualitasnya.

  1. Pemanenan Ikan Gurameh

Gurameh tergolong ke dalam salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki masa panen cukup lama, namun memiliki harga yang tinggi. Anda sudah bisa memulai panen ikan gurame paling tidak 10 bulan setelah masa penebaran benih ikan. Anda bisa menyurutkan air kolam terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempermudah pemanenan gurameh, setelah itu Anda bisa menampung ikan di dalam suatu wadah.

Ikan gurameh merupakan ikan air tawar dengan harga yang mahal dan jumlah permintaan yang tinggi sehingga banyak orang yang tertarik untuk melakukan usaha budidaya gurameh.