Apakah Bisa Bisnis Baju Modal 1 Juta, Ini Yang Perlu Anda Lakukan!

Ingin mulai bisnis baju modal 1 juta apakah bisa! Tentu saja bisa, jadi dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan dari sejak awal. Agar bisnis Anda kelak dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Cara memulai bisnis baju modal 1 juta untuk pemula

Sebelum menjalankan bisnis baju modal 1 juta, terutama untuk Anda para pemula, ada baiknya jika mempelajari beberapa hal berikut ini :

1. Lakukan riset pasar

Adapun cara memulai bisnis baju yang pertama adalah mulai melakukan riset pasar. Melakukan riset tentang dunia fashion ini penting untuk Anda lakukan, agar Anda mengetahui jenis fashion seperti apa yang pas untuk usaha baju kali ini.

Selain itu Anda juga perlu mempelajari, siapa target pasar Anda, lalu jenis atau karakter fashion seperti apa yang disuka oleh target pasar tersebut. Jika sudah mengetahui target pasar dan karakter fashion yang dibutuhkan, maka Anda akan mudah mencari tahu tentang aneka jenis fashion populer yang memang dibutuhkan oleh target pasar tersebut.

2. Mencari supplier yang berkualitas dan tepat

Setelah memperoleh informasi tentang koleksi fashion yang sesuai dengan target pasar, maka hal berikutnya adalah mulai mencari supplier yang menyediakan koleksi fashion yang dimaksud.

Misalnya saja target pasar Anda adalah remaja putri dan wanita aktif yang menggunakan hijab. Maka kali ini cari supplier yang menyediakan koleksi hijab dan busana muslim yang sesuai dengan remaja putri dan wanita aktif tersebut.

Dalam mencari penyedia supplier, tentunya tidak boleh sembarangan, cari supplier yang menyediakan produk yang berkualitas, layanannya baik, dan pastinya harga produk yang dijual terjangkau. Bekerja sama dengan supplier dengan harga murah tidak masalah, asalkan kualitasnya tetap baik. Ada baiknya jika Anda mencari supplier yang lokasinya tidak jauh dari lokasi Anda, atau setidaknya masih 1 kota dengan Anda. Jadi ketika barang sudah habis, maka Anda tidak akan kesulitan untuk meminta / membeli produk fashion yang diinginkan.

Baca Juga:  6 Tips Untuk Terjun ke Bisnis Fashion

3. Mendaftar jadi reseller

Setelah Anda memperoleh salah satu supplier atau bahkan beberapa supplier, sebaiknya Anda mendaftar jadi reseller di tempat tersebut. Salah satu keuntungan ketika Anda jadi reseller adalah, harga produk yang akan dibeli jauh lebih miring, dibanding ketika Anda tidak jadi reseller di tempat tersebut.

Hasilnya, dengan harga jual baju yang sama, Anda akan memperoleh keuntungan lebih besar.

4. Tentukan jumlah stok baju secara tepat

Salah satu cara bisnis baju yang perlu Anda perhatikan adalah tentang stock baju. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan koleksi fashion yang sekiranya disukai oleh para konsumen.

Jika sudah demikian, sediakan koleksi fashion tersebut, dalam jumlah stok yang tepat, mulai dari menyediakan aneka ukuran dari fashion tersebut, aneka koleksi warna dan yang lainnya. Karena ada kalanya konsumen membeli lebih dari 1 produk fashion yang sama, namun beda ukuran atau juga warna.

5. Mulai buat bisnis plan menarik

Mengingat modal yang Anda miliki saat ini cukup terbatas, maka ada baiknya jika Anda mulai merancang bisnis plan secara online. Mulai dari mencari marketplace yang tepat, membuat website penjualan online, mulai menata produk yang akan dijual agar tampil menarik di media online, dan yang lainnya.

Buat business plan ini semenarik mungkin, agar kelak para konsumen datang ke toko Anda, bahkan berbelanja di tempat Anda.

6. Lakukan promosi secara tepat

Satu hal yang jangan pernah Anda lupakan ketika akan memulai sebuah bisnis adalah promosi. Salah satu promosi yang paling praktis, dan paling mudah untuk dilakukan adalah promosi secara online. Anda dapat melakukan promosi menggunakan akun sosial media yang ada. Semakin sering Anda melakukan promosi pada akun sosial media tersebut, dan semakin Anda sering update koleksi fashion yang dimiliki, bukan tidak mungkin traffic kunjungan ke toko Anda akan semakin meningkat. Hal ini akan memperbesar peluang Anda untuk memperoleh pembeli.

Baca Juga:  6 Tips Untuk Terjun ke Bisnis Fashion

Dalam melakukan promosi tersebut, Anda juga dapat memberikan deskripsi singkat tentang koleksi fashion tersebut, dan juga kelebihannya. Ini akan membuat para konsumen semakin tertarik akan koleksi fashion yang ditawarkan.

Ide bisnis baju modal 1 juta

Apabila Anda masih kebingungan, dalam mencari ide koleksi fashion seperti apa yang pas untuk dijual kelak, maka berikut adalah beberapa referensinya untuk Anda. Mengingat fashion berikut ini memang tergolong laris di pasaran, antara lain:

1. Baju anak

Ide bisnis baju anak baik itu baru lahir atau yang berusia lebih dari 1 tahun, termasuk yang paling banyak dicari. Koleksi fashion untuk anak juga terbilang cukup beragam, baik itu anak laki- aki atau anak perempuan. Dengan modal hanya 1 juta, koleksi fashion baju anak yang akan Anda dapatkan jauh lebih beragam, dibanding fashion untuk orang dewasa.

2. Hijab dan baju muslim

Ide bisnis baju online berikutnya adalah hijab dan baju muslim. Apalagi Indonesia, dengan penduduk mayoritas muslim, maka ini akan jadi bisnis yang menarik untuk Anda jalankan.

Apalagi saat ini ada cukup banyak produsen yang membuka layanan kerjasama atau jadi reseller, pastinya membuat proses pencarian koleksi fashion yang Anda inginkan jadi lebih mudah. Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan pun terbilang cukup murah.

3. Kaos polos

Produk fashion lain yang juga paling banyak dicari adalah kaos polos. Kaos polos ini banyak dicari karena selain terbilang simpel untuk digunakan, juga dapat digunakan untuk bisnis sablon.

Kelebihan dari bisnis ini adalah terbilang cukup simpel, modal awal yang tidak terlalu besar, banyak dicari orang, baik itu wanita atau juga pria. Anda hanya perlu mencari supplier yang berkualitas, dan sediakan aneka macam koleksi warna dan juga ukuran, agar konsumen leluasa dalam memilih ukuran dan warna kaos tersebut.

Baca Juga:  6 Tips Untuk Terjun ke Bisnis Fashion

4. Kemeja flanel

Ini adalah salah satu koleksi fashion yang banyak dicari berbagai kalangan, mulai dari anak muda, hingga dewasa, baik itu laki-laki maupun wanita. Desain yang satu ini seakan tidak ada matinya.

Anda juga dapat menyediakan koleksi fashion tersebut, dengan berbagai ukuran, warna, dan juga style. Tapi sebelumnya, sesuaikan dengan target pasar yang akan Anda bidik.

5. Pakaian semi formal untuk wanita

Satu lagi koleksi fashion,  yang jadi ide menarik bagi bisnis fashion Anda, yaitu pakaian semi formal. Ini adalah salah satu koleksi fashion yang dapat digunakan kapan saja oleh banyak wanita dari berbagai usia.

Koleksi yang dimaksud, mulai dari blouse, kemeja, dress, dan yang lainnya. Fashion seperti ini, biasanya digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti kerja, kuliah, hingga jalan-jalan.

Sedikit tips tambahan untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis baju modal 1 juta, yaitu buat strategi berjualan dengan baik. Tidak hanya itu, Anda juga harus berani dalam mengambil keputusan, dalam menjalankan bisnis tersebut. Jangan lupa untuk memperluas wawasan tentang bisnis yang dimaksud, agar terhindar dari berbagai resiko. Sabar dan mau belajar dari kesalahan yang ada, itu adalah beberapa kunci suksesnya.