Apa Itu Nft Crypto? NFT Bikin Mlongo, Auto Jadi Sultan Dadakan

Apa Itu Nft Crypto – Belakangan ini publik sedang diramaikan kembali dengan adanya NFT maupun crypto, harganya yang fantastis menyorot perhatian masyarakat. Jual-beli nft dan juga mata uang crypto hari ini sedang naik daun dengan capaian jutaan dolar AS, penasaran kan… kali ini kita akan membahas tuntas seluk beluk apa itu nft crypto.

Memahami apa itu NFT Crypto dan Contohnya

Mendengar apa itu NFT crypto mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, untuk memahami lebih jauh kita akan bahas di sini. Secara kasarnya NFT adalah singkatan dari Non Fungible Token yakni sebuah aset digital yang disimpan pada big data Blok-C sebagai tanda bukti kepemilikan/sertifikat suatu barang, sebenarnya Nft sendiri adalah anak turunan crypto. Namun pada dasarnya mata uang ini tidak dapat ditukarkan.

Beberapa contoh NFT Crypto antara lain seperti karya seni, gambar, video, music, yang dikonversikan ke dalam bentuk JPEG, MP4, PNG, dan lain sebagainya yang kemudian akan diunggah untuk menghasilkan nilai suatu karya tersebut dengan jalan diperjual-belikan.

Game NFT Crypto

Banyak sekali saat ini orang-orang yang mencari game NFT dengan aset yang menjanjikan, tentunya game-game ini memiliki cara permainan yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, berikut ini adalah beberapa daftar game nft crypto:

1. CryptoKitties

Dari namanya saja sudah kelihatan Kitties yang artinya adalah kucing, pada permainan ini pemain akan diajak untuk memelihara kucing virtual yang selanjutnya dapat dijual dengan Nft dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kreasi kucingnya.

2. The Sandbox

Digadang-gadang The Sandbox merupakan permainan terbaru dari nft crypto, harga tokennya terus mengalami peningkatan sehingga digandrungi oleh para pemain. Game ini terkoneksi dengan dunia virtual di mana pemain dapat membangun, membuat, menjual serta membeli kripto yang diasetkan.

3. Rise City

Pada permainan ini pemain akan diajak untuk membangun sebuah kota modern dengan token Rise City pemain dapat membangun, kemudian disediakan juga peralatan pendukung pembangunan kota.

4. Illuvium

Karena game ini merupakan launchingan terbaru juga, tentu dalam proses transaksinya menggunakan token, konsep yang diusung pada game ini menyediakan koleksi monster yang disebut dengan Illuvial sebagai salah satu jenis Nft yang diperjual belikan.

5. Clash of Streamers

Pada game ini pemain akan diajak untuk memelihara berbagai pets atau hewan-hewan virtual yang dikembangkan hingga dapat diperjual belikan, tentunya juga menggunakan token dalam pembelian game ini.

6. Decentraland

Karena game ini terhubung dengan dunia virtual, dapat mengajak pemainnya untuk melakukan berbagai aktivitas seperti di dunia nyata, dengan menyewakan tempat bermain, ataupun lainya layaknya di centraland maka keuntungan yang didapat pun akan seimbang.

7. Thetan Arena, dan lain sebagainya

Masih banyak lagi dari beberapa game nft crypto yang telah disebutkan di atas sesuai dengan selera pemain dapat memilih dan membeli token sesuai kantong.

8. Waves Ducks

Misi dari game ini adalah membangun kerajaan bebek, jadi pada game ini ditentukan mulai dari egg token ducks, kemudian gen dari bebek semakin unik maka harganya pun semakin tinggi, cocok dimainkan untuk pemula.

Dari beberapa game NFT yang telah disebutkan di atas ternyata ada pula game NFT Crypto gratis seperti:

  • Axie Invinity, game ini naik daun semasa pandemi melanda bagaimana tidak karena gratis tentu banyak peminatnya, melalui game ini pemain bisa mengoleksi monster, saling adu dengan lawan main, bahkan sampai menjual ke marketplace.
  • Devikins, game ini memiliki kemiripan dengan Axie Invity pemain dapat mengumpulkan monster dan hantu yang selanjutnya dikembangkan.
  • Clash of Streamers, game ini bisa dimainkan secara gratis tanpa modal awal game ini mengajak pemainnya untuk memelihara hewan sebanyak-banyaknya, kemudian membesarkan dan selanjutnya diadu dengan musuh dalam waktu mingguan.
  • Thetan Arena, game ini hampir sama dengan MOBA yang sering dimainkan pada umumnya.

Cara Membuat NFT

Untuk membuat NFT gampang saja yang perlu dilakukan hanya dengan 5 tahap, yuk.. simak cara membuat NFT berikut ini:

1. Pilihlah karya atau Item yang akan dijual

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih karya atau item terbaikmu yang layak untuk dijual, karya tersebut dapat berupa foto, gambar, video, atau game yang menjadi koleksimu, dan lain sebagainya.

2. Pilihlah Blockchain sesuai keinginanmu

Masih bingung apa itu blockchain, jadi blockchain yang dimaksud adalah sebuah sistem penyimpan data digital yang menjadi dasar mata uang crypto seperti bitcoin ataupun Ethereum.

3. Sediakan dompet digital

Terdapat beberapa dompet digital yang dapat digunakan dalam transaksi ini seperti Alpha Wallet, Trust Wallet, Math Wallet, Coinbase Wallet, pengguna tinggal menyesuaikan dengan seleranya masing-masing.

4. Tentukan Pasar NFT

Setelah berhasil mendapatkan mata uang crypto dan juga dompet digital cara selanjutnya adalah dengan menentukan pasar NFT atau NFT marketplace yang dapat dijadikan tempat untuk menjual karyamu.

5. Upload file dan atur harga jual-beli

Sesudah ke-empat tahapan terlalui saatnya di tahap akhir untuk proses upload file kemudian atur juga untuk harganya. Kamu dapat melakukan pembatasan waktu lelang, atur penjualan dengan harga yang bersaing, dan yang terakhir kamu juga dapat mengatur masa lelang kapan pun sesuai keinginan.

Koin Terpopuler NFT

Berikut ini adalah beberapa jenis koin NFT Crypto yang diperjual belikan antara lain yaitu:

1. Decentraland

Decentraland yang popular dengan kode MANA, harga yang ditawarkan dari koin ini sangatlah fantastis sehingga banyak yang memburunya, bagaimana tidak 1 Koin saja dibandrol 0,7882 US$.

2. Chiliz

Koin Chiliz atau CHZ juga menjadi popular koin di kalangan pengguna NFT harganya yang cukup tinggi menjadi daya Tarik tersendiri bagi investor, 1 koinnya dihargai dengan 0,2801 US$.

3. Enjin

Enjin dengan kodenya ENJ juga diminati oleh pemburu-pemburu game utamanya, untuk harga 1 koin berkisar 1,38 US$, dan tentunya masih banyak lagi koin NFT yang digunakan.

Kenapa NFT crypto harganya mahal? Jadi perlu kita ketahui bahwasanya NFT sendiri adalah asset crypto dengan menampilkan wujud asli sebuah karya seni, game, video, music, dan lain sebagainya dengan begitu pemilik dari karya tersebut akan terverifikasi dan berikutnya jika diperjual belikan akan menghasilkan nilai yang tinggi.  Tidak dapat dipungkiri juga pasar NFT sendiri juga banyak diminati dengan jual-beli aset sertifikat barang tersebut.

Artikel Terkait