Apa Itu Bisnis Digital Dan Belajar Bisnis Digital

Apa itu bisnis digital? Eitss.. sebelum masuk kesana ada baiknya kami jelaskan dulu bahwa di era globalisasi semakin memudahkan kita dalam beraktifitas, seperti contohnya : bersosial media, membeli makanan secara online, belanja pakaian online, dan lain semacamnya. Tentunya dari aktivitas manusia inilah bisa menjadi peluang bisnis dunia maya yang menjanjikan jika kita jeli melihat peluang tersebut.

Terutama! bagi kalian yang kerjaannya cuma rebahan aja di rumah, mageran mau keluar. Coba bayangkan deh, kalian tiduran rebahan tapi bisa sambil ngasilin cuan. Kira – kira tertarik gak? Sudah pasti tertarik dong. Menurut data yang disitat dari internetworldstats.com pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa pada bulan Maret 2021 dan diperkirakan akan terus bertambah sampai tahun ini.

Melanjutkan yang tadi mengenai apa itu bisnis digital? Jadi bisnis digital adalah bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk membuat sebuah produk atau barang kemudian memasarkannya. Sekarang di Indonesia bahkan di seluruh dunia, hampir semua bisnis memanfaatkan teknologi digital untuk berkembang. Animo bisnis digital menjadi salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil.

Bisnis digital atau online walaupun dilakukan di dunia maya namun nyata hasilnya. Maka dari itu, bagi kalian yang ingin berbisnis, tapi punya modal sedikit, maka bisnis digital lah yang paling cocok untuk kalian coba.

Bisa kebayang gak peluang bisnis digital kalian, kalau kalian jeli melihat peluang tadi? Pasti besar dong peluangnya, bayangin aja hampir seantero penduduk Indonesia serempak menggunakan internet.

Yuk disimak tips dari kami tentang cara berbisnis digital dibawah ini, siapa tau bisa membangkitkan semangat kalian yang sedang rebahan di rumah, terutama bagi kalian yang lagi mager :

1. Membuat Website E – Commerce

Kalau kalian punya modal pas – pasan, daripada bikin gedung toko untuk investasi mending beli website lalu kembangin bisnis online kalian. Coba bayangin kalau kita punya toko yang seolah – olah beroperasi 24 jam penuh tanpa henti, so pasti keren kan! Juga menghemat biaya membangun gedung bangunan lagi.

Namun salah satu yang perlu untuk diperhatikan dari website e-commerce apakah mampu atau tidak untuk menjelaskan secara terperinci tentang produk kalian yang akan dipasarkan lalu jangan lupa untuk desain content website kalian semenarik mungkin sehingga meningkatkan minat untuk membeli dari para calon konsumen.

Kalian juga harus mengunggah foto produk dengan kualitas tinggi hingga dapat meyakinkan para calon konsumen kalian untuk membelinya. Desain semenarik mungkin, tapi simpel dan usahakan jangan terlalu berlebihan supaya calon konsumen kalian tertarik dan segera berkunjung ke laman website yang kalian buat.

2. Promosi Barang Jualan Lewat Online Shop

Perkembangan bisnis digital terutama pada situs online shop sejauh ini sudah cukup pesat, contohnya di Indonesia ada Bukalapak.com, Tokopedia, Lazada, OLX.com, dan lain semacamnya. kalian bisa menggunakan toko online tadi untuk mempromosikan produk yang kalian ingin jual.

Tentu ini sangat efektif dengan mengingat situs e-commerce diatas memudahkan para calon konsumen kita dalam mencari produk yang mereka inginkan. Caranya cukup mudah para para calon pembeli kalian, yakni hanya dengan memasukkan keyword produk yang mereka inginkan pada kotak pencarian.

Strategi ini juga sangat jitu karena dapat memberikan efisiensi dari berbagai macam aspek kepada para konsumen kalian, tapi kalian harus lebih inovatif lagi dalam memasarkan produk kalian di toko online, agar supaya para calon pembeli tertarik hingga menjadi pelanggan tetap produk di toko anda.

3. Menggunakan Jejaring Sosial

Di era digital ini, banyak sekali kemudahan yang ditawarkan terutama dalam pengembangan usaha kalian yang masih kecil. Kalian bisa memulai memasarkan produk jualan kalian melalui jejaring sosial media, seperti : Facebook, Instagram, Twitter dan semacamnya.

Baca Juga:  Cara Bermain Saham Tanpa Modal, Tepat Bagi Pemula Yang Ingin Memulai Belajar

Kalian bisa promosikan kepada seluruh list teman kalian dan tentunya ini akan memangkas efisiensi promosi secara offline, karena dengan sekali klik saja! produk kalian sudah bisa dilihat oleh seluruh teman kalian. Kemudian buat desain produk kalian baik di foto maupun design layout di akun sosial media kalian, buatlah semenarik mungkin agar meningkatkan minat para calon konsumen kalian.

4. Menjadi Dropshipper

Bisnis ini merupakan salah satu bisnis digital yang paling mudah untuk kalian coba, hanya dengan melakukan penjualan barang milik toko online lain. Kalian hanya bertugas mencari konsumen saja untuk toko online tersebut.

Jika nantinya kalian menemukan konsumen yang mau membeli, maka toko online pertama/agen akan mengirimkan barang kepada pembeli atau bisa langsung mengirimkan kepada kalian dulu baru langsung kalian kirim ke calon pembeli tersebut.

Lalu apa dong keuntungannya buat kalian? Apakah hampir sama dengan kurir? Tenang selain kalian memiliki toko online kalian sendiri kalian juga pasti mendapatkan keuntungan jika berhasil menjual produk dari agen utama dengan jumlah banyak.

5. Menjadi Reseller

Orang atau pelaku dalam bisnis digital ini biasanya seringkali dipanggil dengan sebutan reseller. Jadi sistemnya kalian hanya perlu membeli produk atau barang ke agen utama terlebih dahulu, lalu kalian menjualnya lagi kepada konsumen. Jika kalian berhasil menjual barang tersebut dengan jumlah banyak, tentu keuntungan yang kalian dapat pasti juga banyak.

6. Menjadi Youtuber

Jika kalian selalu pede ketika tampil di depan kamera, apalagi memiliki public speaking yang bagus, maka bisnis digital ini sangatlah cocok untuk kalian. Apalagi ditunjang memiliki hobi membuat video, maka sebaiknya kalian manfaatkan kelebihan kalian untuk menjadi youtuber yang handal.

Baca Juga:  Apa Pengertian Investasi Properti Dan Bagaimana Cara Memulainya

Caranya gimana? Cukup mudah, kalian bisa membuat video menarik dengan tema atau konsep tertentu. Lalu upload, usahakan video kalian itu menarik dan dapat menarik para viewers untuk melihatnya, jika sudah banyak yang lihat maka kebanjiran potensi untuk kebanjiran iklan sangat besar dan sudah tentu cuan kini menanti kalian.

7. Membuka Jasa Periklanan Digital

Ini yang lumayan sulit, disarankan Jika kalian berpengalaman di bidang adsense, membuka jasa iklan digital akan bisa menjadi salah satu peluang bisnis untukmu. Karena ada banyak platform yang menggunakan jasa periklanan digital yang bisa kamu nantinya manfaatkan, Seperti Google Adsense, Google AdMob, dan berbagai platform yang menyediakan fitur adsense lainnya.

Sudah tentu bayaran yang diberikan pasti besar, karena tidak sembarang platform yang menggunakan jasa ini. Jadi bagi kalian yang ingin mencobanya, ada baiknya mencoba terlebih dahulu beberapa saran yang seperti diatas agar supaya kalian enjoy dalam menjalankan bisnis digital yang lumayan sulit ini.

Jadi tunggu apalagi bagi kalian yang sudah cukup mahir menggunakan bisnis digital ini, sudah bisa mulai mencobanya.

Nah bagaimana? Apa kalian sudah paham apa itu bisnis digital? Pasti sudah paham dong ya, terutama bagi kalian yang suka rebahan. Kalian tertarik? Silahkan pilih salah satu dan langsung kalian coba tanpa perlu menunda lagi. Semoga artikel ini membantumu ya dalam belajar bisnis online.