13 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Anda pasti sering mendengar tentang kata bisnis, tapi apakah Anda tahu pengertian bisnis itu sendiri. Jika berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis sendiri adalah sebuah organisasi yang akan menjual barang atau juga jasa pada konsumennya, untuk memperoleh keuntungan. Tapi bagaimana dengan pengertian bisnis menurut para ahli, pastinya berbeda.

1. Menurut Hooper

Ulasan tentang pengertian bisnis menurut para ahli di dunia yang pertama akan dibahas adalah menurut Hopper. Menurut beliau, bisnis adalah semua atau keseluruhan kompleksitas yang ada di berbagai bidang mulai dari penjualan / Commerce hingga industri. Industri yang dimaksud disini antara lain industri dasar, processing, industri manufaktur, jaringan distribusi, asuransi, perbankan, transportasi, dan yang lainnya. Dimana berbagai layanan tersebut adalah satu kesatuan yang saling berhubungan dalam dunia bisnis atau disebut juga dengan which serve and interpenetrate.

2. Menurut Urwick dan Hunt

Adapun pengertian bisnis menurut Urwick dan Hunt, tidak lain adalah segala perusahaan yang membuat, kemudian mendistribusikan, atau juga menyediakan semua barang atau juga jasa yang memang dibutuhkan oleh masyarakat lainnya, serta mampu dan bersedia untuk membeli atau membayarnya.

3. Menurut Prof. Owen

Jika pengertian bisnis menurut para ahli dalam hal ini Prof. Owen, maka bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan erat dengan produksi dan juga pendistribusian barang yang nantinya akan dijual ke pasaran, atau juga memberikan harga pada setiap jasa yang diberikan.

4. Menurut Prof. L.R. Dicksee

Lain lagi dengan Prof L.R. Dicksee, adapun pengertian bisnis menurut para ahli terbaru kali ini adalah sebuah bentuk aktivitas, yang tujuan utamanya, tidak lain untuk memperoleh keuntungan, bagi siapa saja yang mengusahakan atau juga yang mempunyai kepentingan, akan terjadinya aktivitas tersebut.

5. Menurut Hughes dan Kapoor

Untuk istilah bisnis menurut Hughes dan Kapoor, yaitu “Bisnis adalah sebuah organisasi yang menghasilkan barang atau jasa, yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan”.

Jadi sejalan dengan pengertian tersebut, maka aktivitas bisnis sendiri adalah melalui penyediaan barang atau juga jasa yang tujuan utamanya menghasilkan keuntungan / laba.

Salah satu contohnya adalah sebuah perusahaan akan menghasilkan laba, apabila total penerimaan dalam suatu periode / total revenues lebih besar dibanding total biaya / total cost di periode yang sama.

Laba sendiri adalah daya tarik utama, bagi seseorang untuk melakukan bisnis. Sehingga dari laba itu sendiri para pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya, guna meningkatkan dan memperoleh laba yang jauh lebih besar.

6. Menurut Allan Afufah (2004)

Jika berdasarkan Allan Afufah, bisnis sendiri tidak lain adalah sebuah kegiatan yang terorganisir oleh seseorang untuk membuat atau memproduksi dan juga menjual guna memperoleh keuntungan, dari barang atau jasa yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri. Jadi dalam hal ini bisnis sendiri mengacu pada semua upaya yang dilakukan, baik di lingkungan masyarakat dan juga di dalam sebuah industri itu sendiri.

Adapun orang yang mengusahakan uang dan juga waktu untuk berbisnis sendiri, dengan menanggung semua resiko yang ada, ketika menjalankan kegiatan yang disebut bisnis, disebut dengan entrepreneur.

7. Menurut Businessdictionary

Businessdictionary sendiri memang bukan orang, namun istilah bisnis yang diberikan kerap kali jadi rujukan banyak orang, akan arti dari bisnis itu sendiri.

Jika menurut Businessdictionary sendiri, bisnis adalah sebuah organisasi atau juga sebuah sistem ekonomi yang mana barang dan jasa akan ditukarkan ke dalam bentuk lain, atau juga ke dalam bentuk uang itu sendiri. Dalam setiap bisnis dibutuhkan investasi dan juga pelanggan yang cukup, agar mampu menjual produk atau jasa pada kuantitas tertentu, hingga akhirnya menghasilkan keuntungan. Dalam hal ini bisnis sendiri dapat dimiliki oleh pribadi, namun bukan untuk keuntungan pribadi.

8. Menurut Merriam Webster

Jika disuruh untuk jelaskan pengertian bisnis menurut para ahli berikutnya, maka kali ini berdasarkan Merriam Webster. Bisnis menurut Merriam Webster sendiri adalah sebuah aktivitas pembuatan, penjualan atau pembelian barang atau juga jasa, untuk kemudian ditukar dengan uang, kerja atau aktivitas lain yang juga bagian dari pekerjaan itu sendiri. Pekerjaan yang dimaksud kali ini adalah jumlah aktivitas yang sudah diselesaikan oleh sebuah toko, pabrik, perusahaan atau yang lainnya.

9. Menurut Huat, T Chwee

Adapun istilah tentang bisnis yang dibuat oleh Huat, T Chwee sendiri lebih pada arti secara luas atau secara umum. Bisnis yang dimaksud lebih menggambarkan tentang semua aktifitas dan juga institusi yang akan memproduksi barang dan juga jasa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, bisnis sebagai suatu sistem yang nantinya memproduksi barang atau juga jasa, guna memuaskan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

10. Menurut Steinford (1979)

Kali ini istilah bisnis menurut Steinford pada tahun 1979. Dimana bisnis yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah lembaga yang nantinya menghasilkan barang atau juga jasa, yang memang dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri. Apabila kebutuhan masyarakat mulai meningkat, maka lembaga bisnis pun juga akan ikut meningkat dan ikut berkembang. Tujuannya tidak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba atau keuntungan.

11. Menurut Mahmud Machfoed

Untuk pengertian bisnis menurut para ahli Indonesia kali ini ada Mahmud Machfoed. Bisnis yang dimaksud disini adalah sebuah usaha perdagangan yang memang dilakukan oleh sekelompok orang, yang memang sudah terorganisasi, guna memperoleh laba, caranya adalah dengan memproduksi serta menjual barang atau juga jasa, agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri.

12. Menurut Griffin dan Ebert (1996)

Lain halnya Griffin dan Ebert, pengertian bisnis menurut para ahli yang satu ini adalah sebuah aktivitas yang akan menyediakan barang atau juga jasa, yang memang dibutuhkan dan juga diinginkan oleh masyarakat / konsumen itu sendiri. Dimana bisnis tersebut dapat dilakukan oleh sebuah organisasi perusahaan, yang memang mempunyai badan hukum, perusahaan yang memang mempunyai badan usaha, atau bahkan perseorangan yang tidak mempunyai badan hukum atau bahkan badan usaha seperti pedagang kaki lima, warung yang tidak mempunyai SITU / Surat Izin Tempat Usaha, serta SIUP, atau Surat Izin Tempat Usaha, dan juga usaha informal lainnya.

13. Menurut Brown dan Petrello / 1979

Yang terakhir adalah berdasarkan Brown dan Petrello, dimana pengertian bisnis menurut ahli yang dimaksud tidak lain sebuah lembaga yang nantinya menghasilkan barang atau juga jasa, dan dibutuhkan oleh masyarakat. Ketika kebutuhan masyarakat mulai meningkat, maka lembaga bisnis juga akan ikut meningkat perkembangannya, hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, sambil nantinya memperoleh laba.

Demikianlah beberapa pengertian bisnis menurut para ahli yang perlu Anda ketahui. Tentunya dari beberapa pengertian tersebut, sedikit banyak Anda sudah mempunyai gambaran tentang pengertian umum dari makna bisnis itu sendiri. Terutama Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis, tentunya perlu memahami tentang makna bisnis tersebut.