Tips Bermain Saham Untuk Trading Harian Bagi Pemula

Saham Untuk Trading Harian – Sewaktu kecil dulu anda pasti pernah diajari jika ingin kaya maka kuncinya adalah menabung. Namun makin ke sini rasanya apa yang pernah diajarkan tersebut sudah kurang relevan lagi. Menabung tidak cukup untuk membuat anda menjadi kaya. Kini ada cara yang lebih efektif untuk menjadi lebih sejahtera secara finansial, yaitu dengan bermain saham untuk trading harian.

Dewasa ini anda pasti pernah mendengar tentang frasa “biarkan uang yang bekerja untuk anda”. Terdengar mustahil memang pada awalnya, namun jika anda sudah tahu caranya maka hal itu memungkinkan terjadi pada anda.  Tentu saja salah satu caranya adalah dengan bermain saham. Namun sebelum saham membuat uang bekerja untuk anda, anda perlu mengupayakannya terlebih dahulu dengan belajar dan praktik trading harian dengan rajin dan konsisten.

Apa Itu Trading Saham Harian

Saham merupakan surat kepemilikan atas suatu perusahaan ataupun perseroan terbatas yang biasanya diperjual belikan demi mendapatkan modal. Sama seperti namanya, trading saham harian adalah kegiatan dalam jual beli saham di sebuah platform atau aplikasi dengan mengacu pada naik turunnya harga pasar saham setiap harinya.

Karakteristik Trading Saham Harian

Terdapat beberapa karakteristik dari trading saham harian yang perlu anda ketahui supaya bisa menangkap lebih jelas dan mengerti bagaimana cara kerjanya:

1. Keuntungan yang diperoleh bisa dalam waktu singkat

Kegiatan trading memang jadi salah satu bagian dari kegiatan investasi, tapi anda perlu bisa membedakan antara trading dengan investasi secara keseluruhan. Untuk investasi, keuntungan yang anda dapatkan difokuskan untuk keuntungan jangka panjang dan menengah. Misal anda menyetorkan dana atau menginvestasikan dana anda di suatu perusahaan, maka hasil dari investasi tersebut baru bisa anda dapatkan dalam jangka waktu bertahun-tahun kemudian.

Baca Juga:  Manajemen Resiko Investasi Saham yang Wajib Tahu Bagi Investor Pemula

Sedangkan untuk trading, keuntungan bisa anda dapatkan dalam jangka waktu yang relatif sangat pendek, bahkan harian. Misal pagi hari anda membeli sebuah saham yang menurut anda memiliki peluang cuan dan naik harga yang tinggi, lalu pada malam harinya harga saham yang anda beli tersebut benar-benar naik dari harga anda membelinya, maka pada saat itu juga anda bisa menjualnya di harga tertinggi sehingga anda bisa mendapat cuan secara langsung

2. Prinsip yang digunakan adalah buy or sell

Masih terkait dengan karakteristik yang pertama, terdapat prinsip yang sudah umum dianut dalam hal trading yaitu prinsip buy or sell. Artinya adalah anda harus buy saham tersebut pada waktu harganya belum naik, lalu anda amati pergerakan pasar saham sampai saham yang anda beli tadi harganya naik di harga tertinggi lalu kemudian anda sell untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan dari bermain trading ini adalah selisih harga saham antara saat anda membelinya dengan harga saham saat anda menjualnya. Semakin besar selisih harga saham tersebut, anda bisa semakin untung atau jika sebaliknya maka anda akan semakin rugi.

3. Tuntutan bagi trader untuk melakukan analisa setiap hari

Dengan prinsip dan cara memperoleh keuntungan yang seperti itu, maka sebagai trader anda diwajibkan untuk melakukan analisa harga saham di pasar setiap hari. Angan-angan memperoleh keuntungan besar dengan singkat memang menggiurkan, tapi anda perlu melakukan analisa dan memiliki pengalaman untuk mendapatkan keuntungan tersebut.

Anda tidak bisa dengan sembarangan membeli suatu saham tanpa mengetahui latar belakang dan potensinya. Lakukan analisa pasar terlebih dahulu seperti mencari saham yang punya potensi cuan, mengerti kapan waktu terbaik untuk menjual saham-saham tersebut, dan lain sebagainya. Jika analisa yang anda lakukan tidak tepat, maka bukan untung tapi malah rugi yang anda dapatkan.

Baca Juga:  Istilah Dalam Trading Forex Yang Wajib Diketahui Trader Pemula

4. Terdapat level bagi trader saham

Dalam saham untuk trading harian, terdapat beberapa level trader yang disesuaikan dengan kapasitasnya dalam bermain trading.

  • Growth Investor
  • Trend Following
  • Swing Trader
  • Day Trader
  • Intraday Trader

Tips Bermain Trading Harian Bagi Pemula

Jika anda mulai tertarik bermain trading namun belum berpengalaman bagaimana cara memainkannya, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda pelajari dan ikuti agar ketika bermain trading hasilnya sesuai dengan tujuan awal yaitu mendapat banyak cuan, bukan malah sebaliknya modal anda hilang sia-sia tak berbekas.

1. Pilih Platform Trading yang Kredibilitasnya Tinggi

Dengan makin populernya kegiatan trading dan makin banyak pula anak muda yang terjun ke dalamnya, maka tidak heran bakal banyak bermunculan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab yang memanfaatkan trading demi keuntungan pribadi sendiri dengan cara yang curang. Misal membuat aplikasi yang seolah-olah merupakan aplikasi trading, padahal hanya aplikasi judi.

Oleh karena itu anda perlu berhati-hati dalam memilih platform untuk trading. Ciri-ciri dari platform yang terpercaya adalah tawaran yang diberikan masih masuk akal dan sudah memiliki izin legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

2. Beli Saham yang Tepat

Platform sudah tepat, jangan sampai saham yang dibeli tidak tepat. Beberapa panduan dalam memilih saham yang tepat adalah saham yang likuid atau volumenya tinggi sehingga anda bisa bertransaksi dengan jumlah yang besar dengan harga yang tidak terlalu berubah secara signifikan.

Selain itu pilihlah saham yang memiliki pergerakan harga 3% atau lebih dan konsisten per harinya. Pilihlah saham yang memiliki tanda nilai beta +1.

3. Jalankan dengan Sabar

Meski bisa menghasilkan keuntungan jangka pendek yang besar, anda harus tetap sabar terlebih ini adalah kali pertama anda melakukannya.

Baca Juga:  Ini Dia Daftar Saham Murah Fundamental Bagus

4. Awali dengan Modal Kecil

Sebagai permulaan untuk belajar dan memperoleh pengalaman dalam trading, maka sebaiknya anda mulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Nanti jika anda sudah semakin paham bagaimana cara kerjanya, maka anda bisa meningkatkan modal anda secara bertahap.

5. Belajar Menganalisa Saham dengan Tekun

Untuk mendapatkan cuan yang besar dalam jangka waktu pendek, maka anda perlu mahir dalam menganalisa pasar saham. Mulai dari mahir membaca pergerakan harga saham, mengerti kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual, dan berbagai analisa lainnya.

Tak perlu khawatir jika anda belum memahami hal tersebut, ada banyak sumber yang bisa anda pelajari mulai dari youtube, instagram, hingga kelas-kelas trading.

Beberapa Platform Trading Terpercaya

Ada beberapa platform yang terpercaya sebagai tempat untuk melakukan trading, tentunya sudah memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa platform tersebut diantaranya yaitu:

  1. Ajaib
  2. Stockbit
  3. Bibit
  4. IPOT
  5. Bareksa
  6. RTI Business

Untuk rekomendasi saham yang memiliki potensi cuan yang tinggi, terdapat beberapa emiten yang bisa anda coba yaitu:

  1. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)
  2. PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)
  3. PT Bank Central Asia Tbk (BBCA)
  4. PT Timah Tbk (TINS)

Itulah beberapa hal seputar saham untuk trading harian yang bisa anda jadikan panduan sebelum terjun secara langsung.