Saham Yang Sering Bagi Dividen: Investor Wajib Tau!

Saham Yang Sering Bagi Dividen – Dividen saham tertinggi biasanya akan sering diincar oleh para investor karena investor akan mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang lebih banyak dari perusahaan tersebut. Hal itu kemudian mengharuskan para investor harus mengetahui perusahaan-perusahaan mana saja yang memiliki dividen saham tertinggi.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai saham yang sering bagi dividen, anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Dividen?

Dividen adalah pembagian laba yang dilakukan oleh perusahaan kepada para investor yang menanamkan saham di perusahaan tersebut. Jika perusahaan mengalami keuntungan, maka pemegang saham pun akan menikmati keuntungan tersebut.

Untuk jumlah keuntungan yang didapatkan tergantung dari kebijakan perusahaan dan banyaknya jumlah saham yang dimiliki. Biasanya,dividen akan dibagi per lembar saham, jadi semakin banyak saham yang dimiliki maka akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan.

Pembagian dividen ini pun cukup mudah, karena keuntungan akan langsung dikirimkan ke nomor rekening para pemilik saham. Namun anda juga harus mengetahui bahwa dividen juga memiliki pajak, sehingga keuntungan yang anda terima akan terpotong oleh pajak.

Daftar Dividen Perusahaan Tertinggi di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Emiten saham yang sering bagi dividen pastinya akan sangat diminati oleh para investor. Pergerakan dividen perusahaan tertinggi biasanya diukur oleh Indeks IDX High Dividend 20. Indeks tersebut merupakan indeks yang mengukur pergerakan harga saham dari 20 perusahaan yang memiliki dividen cukup tinggi.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BEI, berikut adalah daftar saham yang sering bagi dividen :

  1. Adaro Energy Tbk. (ADRO)
  2. Astra International Tbk. (ASII)
  3. Bank Central Asia Tbk. (BCA)
  4. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI)
  5. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI)
  6. Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI)
  7. Charoen Pokphand Indonesia Tbk. (CPIN)
  8. Puradelta Lestari Tbk. (DMAS)
  9. M. Sampoerna Tbk. (HMSP)
  10. Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF)
  11. Indocement Tunggal Prakasa Tbk. (INTP)
  12. Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG)
  13. Kalbe Farma Tbk. (KLBF)
  14. Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGAS)
  15. Bukit Asam Tbk. (PTBA)
  16. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM)
  17. Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR)
  18. United Tractors Tbk. (UNTR)
  19. Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)
  20. Waskita Beton Precast Tbk. (WSPB)
Baca Juga:  Inilah Cara Investasi Saham di Bank BRI yang Tepat dan Benar

Itulah daftar perusahaan dengan dividen terbesar yang telah dianalisis oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Anda bisa membeli saham dari beberapa perusahaan di atas untuk mendapatkan dividen yang lebih maksimal.

Daftar Perusahaan Dengan Yield Dividen Tertinggi

Perusahaan yang memiliki yield dividen tertinggi adalah perusahaan yang memiliki yield dividen di atas 10%. Angka tersebut merupakan angka yang terbilang cukup fantastis jika masuk ke dalam pasar modal, karena untuk mendapatkan angka tersebut sangatlah susah.

Berikut adalah daftar perusahaan yang memiliki yield dividen tertinggi :

1. Dividen Saham MLPT

Perusahaan ini adalah salah satu bagian dari Lippo Grup yang bergerak dalam sektor teknologi. Perusahaan ini memiliki nama Multipolar Technology.

Saham MLPT ini tergolong ke dalam salah satu saham dengan dividen tertinggi, dimana pada tahun 2019, MLPT mampu membagikan dividen yield sebesar 16% di harga saham senilai Rp820. Ini merupakan dividen tertinggi jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain.

2. Dividen Saham PTBA

PTBA atau Bukit Asam merupakan perusahaan dari sektor pertambangan yang memiliki dividen yield tertinggi.

PTBA seringkali membagikan keuntungannya sebanyak lebih dari 80% kepada pada investor. Salah satu jumlah dividen yield terbesar yang dibagikan oleh PTBA adalah pada tahun 2019, yaitu sebanyak 90% keuntungan atau kira-kira sebesar 13% di tahun tersebut dengan harga saham Rp2.300.

3. Dividen Saham BJBR

Saham yang memiliki dividen yield tertinggi selanjutnya adalah BJBR yang bergerak di sektor perbankan. Sebagai Bank daerah, BJBR memang dikenal gemar membagikan dividen yield yang cukup besar bagi para investor.

BJBR biasanya akan memberikan lebih dari 60% keuntungan. Sehingga jika dihitung per tahun, seperti contohnya pada tahun 2020, setiap pemegang saham akan mendapatkan dividen yield sekitar 10% dengan harga saham sekitar Rp900.

Baca Juga:  Cara Buka Rekening Saham

4. Dividen Saham MPMX

MPMX merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yang juga merupakan distributor produk Honda di wilayah Indonesia bagian Timur. Jika dilihat dari harga sahamnya yang masih di bawah, maka saham ini cukup menjanjikan dengan prospek yang cukup bagus.

Pada tahun 2019, MPMX telah berhasil membagikan dividen yield sebanyak 14% dengan harga saham per lembarnya senilai Rp 605.

5. Dividen Saham HEXA

Selanjutnya adalah Hexindo Adiperkasa, yaitu perusahaan yang bergerak di sektor alat berat. HEXA termasuk ke dalam salah satu perusahaan yang memiliki harga saham stabil dan jarang diburu oleh para investor.

Pada tahun 2019, HEXA telah membagikan sebesar 80% keuntungannya untuk para investor, dan dividen yieldnya sebanyak 14% dengan harga saham senilai Rp3.690.

6. Dividen Saham DMAS

Saham yang satu ini adalah saham yang cukup ramai diperjual-belikan. Karena harganya dibawah Rp500, saham ini juga memberikan dividen yield tertingginya. DMAS sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti dengan berfokus kepada real estat dan lain-lain. Pada tahun 2019, DMAS telah berhasil memberikan dividen yield sebesar 11,29% .

Ciri Saham yang Sering Membagikan Dividen

Untuk memilih perusahaan yang akan memberikan dividen besar, anda bisa melihat dari beberapa ciri berikut :

1. Mapan dan Konservatif

Ciri pertama yang harus anda ketahui adalah mapan dan konservatif, dimana perusahaan yang rajin membagikan dividen biasanya adalah perusahaan yang sudah mapan (bukan sedang berkembang) dan juga konservatif.

Hal ini terjadi karena perusahaan yang sudah mapan tidak lagi banyak melakukan ekspansi atau perpindahan, sehingga profit yang didapat juga akan langsung dikembalikan ke pemilik saham.

2. Konsisten

Selanjutnya, anda bisa memilih perusahaan-perusahaan yang konsisten membagi dividennya, paling tidak selama 5-25 tahun terakhir secara berturut-turut. Akan lebih baik lagi jika jumlah dividen yang dibayarkan mengalami kenaikan di setiap tahunnya.

Baca Juga:  Manajemen Resiko Investasi Saham yang Wajib Tahu Bagi Investor Pemula

Anda juga bisa mencari perusahaan yang memiliki rata-rata pertumbuhan dividen yang cukup besar atau di atas 10%.

3. Dividen Yield

Kemudian anda bisa memilih perusahaan yang memiliki rata-rata dividen yield terbesar. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, dividen yield bisa diartikan sebagai dividen per lembar saham yang anda miliki.

Oleh karena itu, semakin besar dividen yield maka akan semakin besar pula keuntungan yang diperoleh oleh pemilik saham. Sebaiknya anda memilih saham yang memiliki dividen yield lebih besar dari 3%.

4. Pertumbuhan Pendapatan

Untuk mendapatkan keuntungan yang besar, anda juga bisa memilih perusahaan dengan pertumbuhan pendapatan yang cukup signifikan. Anda bisa melihat pertumbuhan pendapatan suatu perusahaan dengan melakukan pengecekan terhadap laba per saham (earning per share/EPS).

Kemudian anda bisa mencari saham yang memiliki rata-rata pertumbuhan EPS lebih dari 10%. Jika perusahaan tersebut selalu memiliki EPS yang terus meningkat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, maka itu berarti bahwa perusahaan juga mengalami pertumbuhan pendapatan.

5. Volatilitas Rendah

Ciri yang terakhir adalah memiliki volatilitas yang rendah. Anda bisa memilih saham dengan volatilitas rendah dan menghindari saham yang bergerak liar karena anda akan menyimpan saham tersebut dalam waktu yang lama. Untuk mendapatkan keuntungan yang pasti, anda bisa memilih saham yang stabil.

Demikianlah penjelasan mengenai saham yang sering bagi dividen yang bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan dalam berinvestasi saham.

Artikel Terkait