9 Persiapan Investasi Saham Jangka Panjang

Persiapan investasi saham – Kemudahan investasi saham saat ini memang menarik perhatian banyak pihak. Bahkan, untuk memulai investasi juga bisa dilakukan lewat modal yang sangat terjangkau. Hal yang paling penting adalah para investor juga harus melakukan persiapan dengan sangat baik. Biasanya persiapan investasi saham ini dilakukan untuk jangka panjang. Semakin baik persiapan yang dilakukan tentu saja membuat investor bisa menerapkan metode yang lebih ideal dalam melakukan transaksi. Perlu diingat bahwa investasi saham termasuk dalam golongan high risk high return. Resiko yang didapat dalam melakukan transaksi saham sebanding dengan nilai keuntungan yang akan diraih. Ini membuat investor harus menerapkan perhitungan yang sangat baik.

9 persiapan investasi saham yang wajib dilakukan

Para investor pemula hingga profesional memang harus menerapkan persiapan investasi saham dengan baik. Perhitungan yang dilakukan memang berdasarkan banyak pertimbangan. Hal ini juga yang akan membuat investor bisa memperoleh keuntungan besar hingga terhindar dari loss jumlah banyak. Masing-masing persiapan memiliki dampak yang cukup besar dalam keputusan transaksi. Hal yang paling penting bahwa seluruh persiapan juga bisa dilakukan untuk jangka panjang. Semakin banyak persiapan investasi pada pasar saham maka hal itu memudahkan pilihan terhadap proses transaksi yang sangat menguntungkan. Berikut ini ada 9 persiapan investasi saham yang wajib dilakukan seperti:

1. Perhitungkan modal
Salah satu persiapan investasi saham jangka panjang adalah mulai memperhitungkan modal. Perlu diingat bahwa investasi saham saat ini tidak lagi membutuhkan modal yang sangat besar. Namun, bila ingin memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi tentu saja investor maupun trader juga harus menyediakan modal yang sangat besar. Pastikan modal yang digunakan sudah sesuai dengan strategi trading atau investasi yang dibutuhkan. Cara seperti ini juga dianggap akan membantu investor pemula untuk mengelola dana investasi dengan mudah. Jangan khawatir karena saat ini banyak sekuritas yang menyediakan deposit modal dengan sangat terjangkau bagi pemula.

2. Pilih sekuritas terpercaya
Persiapan lain yang harus dilakukan dengan menentukan pilihan sekuritas terpercaya. Tentu saja ini memberikan dampak yang sangat besar. Apalagi saat ini banyak pilihan sekuritas yang menawarkan keuntungan dan kemudahan dalam melakukan transaksi. Cobalah untuk memilih sekuritas yang memberikan respon sangat baik. Hal yang paling penting adalah pilihan sekuritas itu harus sudah terdaftar dan mendapatkan ijin OJK. Hal ini bisa dilihat langsung pada situs resmi sekuritas hingga publikasi yang diterbitkan oleh OJK. Kemudahan transaksi bisa dipertimbangkan lewat aplikasi perangkat mobile. Hal lain yang wajib dipertimbangkan adalah metode pembayaran yang modern seperti dompet digital hingga paylater.

3. Riset emiten saham
Sebelum melakukan pembelian saham cobalah untuk riset emiten saham terlebih dahulu. Hal ini biasanya dilakukan para investor maupun trader profesional. Pemilihan emiten yang ideal justru akan membantu investor untuk menghindari nilai kerugian yang sangat besar. Cara seperti ini juga untuk mendapatkan emiten yang memiliki prospek jangka panjang sebagai investasi. Ada banyak pilihan metode riset yang bisa digunakan untuk mendapatkan emiten saham terbaik. Pemilihan emiten itu juga harus sesuai dengan nominal modal yang dimiliki. Jangan pernah tergiur dengan penawaran nilai saham yang terlalu rendah.

4. Pahami laporan keuangan
Ini juga termasuk persiapan lain yang sangat penting untuk dilakukan. Setiap investor memang disarankan untuk memahami laporan keuangan dengan sangat baik. Apalagi seluruh emiten perusahaan selalu memberikan rincian laporan keuangan secara periodik. Laporan keuangan ini juga bisa diakses dengan sangat mudah dari situs resmi sekuritas hingga aplikasi yang digunakan. Ada banyak instrumen penting yang terdapat pada laporan keuangan itu. Misalnya saja perhitungan modal, nilai hutang, profit yang didapatkan hingga target perencanaan jangka panjang. Seluruh instrumen itu akan memberikan pengaruh terhadap nilai saham nantinya.

5. Mulai dengan trading skala kecil
Persiapan seperti ini memang menjadi pembelajaran penting. Apalagi sebagian besar dari investor hingga trader pemula juga bisa menerapkan skema ini. Mulailah dengan trading menggunakan modal skala kecil. Hal ini untuk menghindari kerugian yang cukup besar. Ada banyak pilihan emiten yang menawarkan nilai saham dengan sangat terjangkau. Pemilihan emiten juga harus berdasarkan perhitungan yang matang. Misalnya saja investor pemula bisa mengincar perusahaan-perusahaan potensial yang akan IPO. Biasanya nilai penawaran saham perdana memang cukup terjangkau. Potensi loss dengan metode seperti ini juga cukup kecil.

6. Pelajari berbagai analisis
Ini juga termasuk persiapan yang sangat penting. Para investor maupun trader juga harus mempelajari berbagai analisis yang mempengaruhi pergerakan nilai saham. Saat ini ada analisis teknikal dan fundamental yang sering menjadi acuan bagi banyak investor dalam melakukan transaksi. Masing-masing dari analisis itu memiliki instrumen yang berbeda. Hal ini tentu saja menjadi kesempatan yang sangat penting bagi banyak investor untuk memulai investasi jangka panjang. Setiap analisis juga memberikan prediksi dalam pergerakan nilai saham yang lebih cepat. Cobalah untuk menerapkan masing-masing analisis ini pada transaksi skala kecil terlebih dahulu.

7. Pahami berbagai istilah
Persiapan untuk melakukan investasi jangka panjang dengan saham juga bisa melalui cara ini. Apalagi banyak investor dan trader pemula yang memang harus mengetahui berbagai istilah penting dalam melakukan transaksi. Ini juga memberikan kemudahan bagi investor saat berdiskusi dengan trader lainnya. Banyak media yang memang memberikan prediksi hingga informasi terbaru dari banyak emiten sering menggunakan istilah bursa efek. Ini akan membantu investor untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat. Bahkan, sebagian trader profesional juga selalu menggunakan istilah saham untuk memberikan prediksi pergerakan nilai saham populer.

8. Tingkatkan modal
Sebenarnya persiapan seperti ini bisa dilakukan investor bila sudah menguasai berbagai teori hingga analisis saham. Ini dilakukan untuk menerapkan perhitungan saham lanjutan dengan nilai keuntungan yang lebih besar. Perlu diingat bahwa investasi saham masuk dalam konsep high risk and high return. Modal yang besar akan mempengaruhi nominal keuntungan yang didapatkan. Apalagi hal ini juga sering berlaku untuk investasi jangka panjang. Tentu saja pertimbangan dalam pemilihan emiten wajib dilakukan dengan sangat baik. Pastikan juga setiap analisis dilakukan secara mendalam sesuai dengan laporan keuangan hingga fundamental. Selalu ambil keputusan melalui analisis yang sudah ditetapkan. Ini dilakukan untuk menghindari loss dalam jumlah besar.

9. Prioritaskan saham blue chip
Ini menjadi saran yang sangat penting. Persiapan ini dilakukan bagi investor yang memang memiliki modal sangat besar. Selain itu, cara ini dilakukan untuk menghindari nilai loss yang sangat besar. Saham yang masuk dalam kategori blue chip biasanya membagikan dividen tepat waktu. Ini menjadi keunggulan yang menawarkan keuntungan cukup besar. Namun, modal yang dibutuhkan juga sebanding dengan nilai saham. Tentu saja ini masuk dalam persiapan investasi jangka panjang yang disarankan bagi para profesional. Potensi kenaikan nilai saham untuk waktu yang lama juga menjadi pertimbangan penting. Cobalah untuk memilih saham blue chip dengan proses analisis teknikal maupun fundamental.

Artikel Terkait