Membangun Tim Marketing Ideal Untuk Perusahaan Baru Anda

Bisa dibilang, tim marketing adalah ujung tombak sebuah perusahaan untuk menciptakan penjualan dan membuat produknya laku. Tim Penjualan ini adalah penghubung antara perusahaan dengan pelanggan. Dengan membuat tim marketing yang hebat, dipastikan Anda bisa mendulang lebih banyak penjualan dan kenaikan omset. tapi bagaimana membuat tim marketing yang hebat untuk perusahaan Anda? Memiliki satu orang yang ahli di bidang penjualan saja tidak cukup. Dengan merekrut beberapa orang menjadi tim akan menjadikan divisi marketing Anda jadi lebih bertenaga.

Banyak Orang Mampu Menjual Produk Anda

Hal pertama yang coba Anda pelajari adalah apakah ada banyak orang yang bisa menjual produk Anda, dan apa saja kompetensi yang dibutuhkan oleh tenaga penjualan Anda di masa depan untuk menjadi sukses. Ini mirip dengan ketika Anda mempekerjakan orang pertama Anda. Anda memiliki beberapa kesuksesan awal dalam mendapatkan pelanggan baru, tapi Anda spesial. Sebagai seorang pendiri, Anda memiliki lebih fleksibel, lebih banyak antusias, dan lebih banyak pengetahuan daripada siapa pun. Dalam banyak kasus, hal-hal seperti pengetahuan industri, budaya perusahaan, tipe pelanggan , atau tipe penjualan diyakini sebagai kompetensi unik dari orang yang akan Anda pekerjakan.

Pada titik ketika Anda memutuskan untuk mempekerjakan beberapa tenaga penjualan, Anda akan memiliki pendapat yang kuat tentang semua hal ini. Tulis semuanya lalu validasi asumsi Anda dan catat perubahan sebelum melanjutkan ke rangkaian perekrutan berikutnya dan mulai melakukan perencanaan.

Mempekerjakan dan Pelatihan Lebih Cepat

Hal lain yang ingin Anda pelajari adalah cara merekrut dengan cepat. Sementara perekrutan dimulai dengan memvalidasi bahwa lebih dari dua orang bisa menjual produk Anda dan dengan memahami atribut yang diperlukan untuk menjadi sukses, itu hanya bagian pertama. Setelah Anda memiliki validasi ini, Anda perlu mencari cara mempraktikkannya. Anda perlu mencari cara menemukan orang dengan atribut yang mirip dengan yang telah Anda identifikasi. Apakah ada perusahaan atau tipe perusahaan tertentu di mana Anda bisa menemukannya? Apakah mereka memiliki pelatihan khusus yang sama? Adakah tipe kepribadian yang akan memungkinkan tenaga penjualan Anda menjadi lebih sukses.

Baca Juga:  Agar Bisa Untung Besar? Ini Dia Cara Investasi Crypto Untuk Pemula

Inilah kenyataannya, Anda mungkin akan salah merekrut bagian penjualan pertama, mengingat betapa sulitnya untuk memperbaikinya. Kenyataan ini membuat Anda memastikan pendekatan dalam merekrut karyawan marketing pertama Anda. Terlalu lama berkompromi dengan kriteria untuk perekrutan pertama ini bisa mengakibatkan pengiriman pesan yang salah kepada pembeli yang salah, harga yang tidak optimal, dan, yang paling penting, waktu yang hilang dan membakar lebih banyak uang. Tapi efek samping paling berbahaya dari perekrutan pertama yang salah akan membawa Anda ke jalan buntu karena proses penjualan tidak cukup luas dalam eksplorasinya.

Belajar dari itu, perekrutan Anda berikutnya harus belajar dan bersaing satu sama lain. Tak satu pun dari mereka yang merasa memiliki keuntungan atau kerugian terhadap perusahaan Anda. Tim penjualan ini harusnya memiliki banyak kompetensi. Begitu mereka sudah terlatih, biarkan mereka mulai bekerja.

Memiliki Keragaman

Motivasi awal Anda saat melakukan perekrutan beberapa orang untuk menjadi tim penjualan adalah mencari keragaman mulai dari kepribadian, latar belakang, ras, etnis, jenis kelamin, dan segala jenis keanekaragaman lain yang bisa Anda temukan. Setidaknya ada dua manfaat penting untuk ini yaitu, pertama adalah bahwa Anda memiliki kumpulan data yang lebih luas untuk membantu mengidentifikasi kompetensi terbaik dari tim penjualan Anda dibandingkan dengan mempekerjakan sosok yang mirip dengan Anda. Jelas Anda luar biasa, tapi membuat Anda lebih dari satu jelas tak mungkin, pilihan terbaik berikutnya adalah memperluas jaring Anda. Manfaat kedua adalah bahwa pada tahap awal Anda mulai membangun tenaga kerja yang beragam yang akan mendorong budaya kolaborasi, kreativitas, dan keterbukaan.

Mengelola Semua Tenaga Penjualan

Pada titik ini, Anda ingin menjadwalkan pertemuan satu-satu dengan masing-masing tenaga penjualan, serta pertemuan mingguan dengan semua orang. Menjalankan rapat sejak dini mungkin terasa tergesa-gesa karena semua orang bekerja semakin cepat. Setelah Anda menyelesaikannya, Anda harus fokus pada perkembangan, calon pelanggan yang berisiko menurun, dan masalah mendesak terkait pelanggan lainnya. Cobalah untuk meluangkan waktu di awal pertemuan dengan meninjau key performance indicators (KPI) untuk meninjau bagaimana kinerja tim dan semua orang bisa melihat bagaimana efek kinerjanya terhadap orang lain. Di akhir pertemuan cobalah untuk berbicara tentang pembelajaran umum dan divisi yang harus mendapat perbaikan. Ini bisa berupa proses, sistem, alur, komunikasi, penetapan harga, atau apa pun yang akan membantu perusahaan tumbuh.

Baca Juga:  Usaha Penyewaan Yang Berprospek Cerah

Artikel Terkait