Gaji Masinis PT KAI Bisa Mencapai 12 Juta

Gaji Masinis – Profesi masinis adalah salah satu profesi yang diimpikan sebagian orang. Meskipun menjadi masinis terbilang mempunyai gaji yang besar, akan tetapi profesi menjadi masinis tentu mempunyai tanggung jawab yang cukup besar karena menyangkut dengan keselamatan para penumpang. Dengan tanggung jawab yang dibebankan olehnya, wajar saja banyak orang yang memperkirakan gaji sebagai seorang masinis mestinya lumayan besar. Oleh karena itu, berikut ini rincian besaran gaji masinis yang perlu Anda ketahui:

Berapakah kisaran gaji masinis di PT KAI?

Umumnya, gaji masinis yang sebenarnya sama dengan gaji di perusahaan BUMN lainnya, namun tergantung dengan latar belakang pendidikan dan juga tingkat pengalamannya. Jika masinis senior atau yang sudah berpengalaman, maka bisa diperhitungkan bahwa kisaran gajinya cukup besar. Diperkirakan gaji masinis PT KAI mencapai Rp. 12 juta per bulannya. Gaji yang cukup tinggi dibandingkan tahun sebelumnya, dimana gaji masinis PT KAI dengan angka Rp. 3 juta per bulan. Rincian besaran gaji masinis PT KAI tidak berbeda jauh dengan gaji PNS pada umumnya. Selain mendapat gaji utama, tunjangan pendidikan, tunjangan keluarga, masinis PT KAI untuk memperoleh tunjangan resiko senilai Rp. 1 juta per bulannya. Angka tersebut belum termasuk dengan tunjangan umum lainnya, seperti uang premi, kinerja, transportasi, sampai tempat tinggal. Kisaran gaji masinis pokok mencapai Rp.8 juta hingga Rp. 10 juta di setiap bulan. Selain gaji pokok, beberapa tunjangan lainnya berhak didapatkan masinis, seperti tunjangan rekreasi, tunjangan rumah, tunjangan kebugaran, tunjangan transportasi, tunjangan jabatan struktural, tunjangan resiko masinis, tunjangan perjalanan dinas, uang premi awak KA sesuai dengan jabatan, uang emolumen, dan tunjangan anak dan istri sebesar 10 %.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Enrekang

Intinya, ada perubahan gaji masinis PT KAI tahun ini dibanding tahun sebelumnya yang disamakan gaji BUMN yang lainnya. Dengan gaji yang fantastis diharapkan para masinis dapat mengerjakan tugasnya dengan baik untuk keselamatan para penumpang.

Apa saja syarat untuk menjadi masinis PT KAI?

Dengan melihat angka gaji seorang masinis yang cukup tinggi di Indonesia, ada beberapa persyaratan yang penting harus Anda penuhi jika ingin menjadi seorang masinis PT KAI. Berikut ini beberapa syaratnya:

  • WNI (warga negara Indonesia)
  • Berusia minimal 18 tahun dengan maksimal 25 tahun untuk tingkat pendidikan SMA.
  • Berusia minimal 22 tahun dengan maksimal 30 tahun untuk tingkat pendidikan Diploma atau S1.
  • Laki-laki yang telah dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani dengan medis.
  • Memiliki kelakukan baik
  • Bebas dari narkoba dan narkotika
  • Tidak memakai tindikan.
  • Bersedia ditempatkan dimana saja wilayah Indonesia.
  • Tidak mempunyai hubungan apapun dengan karyawan PT KAI.
  • Berpendidikan SMA IPA ataupun SMK mesin/listrik/otomotif ataupun disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Minimal nilai kelulusan UAN rata-rata 7
  • Memiliki tinggi badan min 165 cm.

Tahapan Menjadi Masinis

Beberapa tahapan dan program yang diperlukan untuk menjadi seorang masinis  yang diperlukan. Mulai dari pendidikan yang dilakukan selama 6 bulan sampai 1 tahun. Hingga menjadi seorang asisten masinis kurang lebih selama 6 bulan sampai 1 tahun. Berikut ini beberapa tahapan yang harus Anda lewati dalam proses perekrutan menjadi masinis di PT KAI, simak penjelasannya dibawah ini:

  1. Tahap administrasi

Tahap awal yang harus dilalui adalah melengkapi administrasi. Di tahap ini, calon masinis baru perlu mengunduh beberapa persyaratan berupa Ijazah, KTP dan transkrip nilai yang dilakukan secara online.

  1. Tahap seleksi kesehatan pertama

Di tahap seleksi ini akan dilakukan secara offline, seorang calon masinis akan dimintai datang ke unit kesehatan PT KAI untuk menjalani beberapa pemeriksaan seperti, berat badan, tinggi badan, tensi, telinga atau pendengaran, mata atau penglihatan, dan juga gigi. Baru setelah dinyatakan lolos, lanjut kembali ke tahap 3, yakni tes psikologi.

  1. Tahap tes psikologi
Baca Juga:  Kisaran Gaji Satpol PP Di Berbagai Daerah Lengkap Dengan Informasi Tunjangannya

Pada tahap ini akan ada psikotes atau tes psikologi, calon masinis akan dimintai untuk menyelesaikan soal-soal yang harus dikerjakan  hingga mendapatkan hasil keterangan sehat secara psikologisnya. Soal yang diberikan tidak berbeda jauh dengan soal-soal umumnya di tempat lain, seperti logika aritmatika, EPPS, tes koran, dan analog verbal.

  1. Tahap wawancara

Setelah dinyatakan lolos dari tes psikologi, barulah calon masinis akan mendapatkan panggilan untuk melakukan interview atau wawancara. Secara umum, di tahap ini akan dimintai membawa beberapa dokumen asli, seperti KTP, CV, ijazah, dan transkrip nilai ijazah asli dan pas foto berwarna yang terbaru dengan pose formal.

  1. Tahap seleksi kesehatan terakhir

Pada tahap selanjutnya yakni menjalani seleksi kesehatan secara menyeluruh ataupun medical check up yang meliputi pemeriksaan mata, darah, rontgen, cek urine, elektrokardiografi (EKG), dan sebagainya. Sebelum dilakukan seleksi kesehatan pada tahap akhir, calon masinis diharuskan untuk terlebih dahulu menjalani puasa. Setelah dinyatakan berhasil melewati beberapa tahapan di atas, selanjutnya tinggal menunggu hasil keputusan dinyatakan lulus atau tidaknya.

Jika Anda berminat untuk menjadi seorang masinis di PT KAI, Anda perlu mengikuti proses dan tahapan-tahapan diatas hingga dinyatakan lolos sampai akhir keputusan. Persiapkan dengan matang sejak awal untuk mendapatkan posisi tersebut, karena ada banyak tahapan yang harus diikuti dengan baik sesuai dengan target.

Bagaimana cara mendaftar menjadi masinis PT KAI?

Jika di tahun-tahun sebelumnya pendaftaran masinis PT KAI dilakukan dengan mendatangi langsung lokasi, saat ini pendaftaran bisa dilakukan dengan cara online. Para pelamar bisa langsung mengunjungi situs resmi dari PT KAI dan mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini:

  • Pilihlah menu registrasi
  • Isilah formulir registrasi yang telah disediakan dengan lengkap tanpa ada yang kosong.
  • Bukalah surel atau email untuk melakukan verifikasi
  • Setelah berhasil melakukan verifikasi, silahkan klik login di halaman utama pada situs PT KAI.
Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Majene

Supaya memudahkan Anda dalam melakukan proses registrasi yang dilakukan secara online, sebaiknya terlebih dahulu Anda siapkan beberapa dokumen foto-foto yang diperlukan. Pastikan ukuran fotonya tidak melebihi kapasitas 2 MB. Setelah itu, baru klik menu lowongan dan lakukan apply untuk pekerjaan masinis. Demikianlah, beberapa cara pendaftaran yang perlu Anda ikuti untuk apply profesi masinis PT KAI. Perhatikan dengan baik dokumen-dokumen yang diperlukan supaya tidak ada yang tertinggal ataupun lupa. Pastikan juga dokumen foto-foto yang Anda upload sesuai dengan ukuran yang disediakan pada laman tersebut dan berhasil diunduh.

Itulah tadi beberapa informasi berkaitan dengan gaji masinis PT KAI, disertai dengan syarat-syarat pendaftaran, dan cara melakukan pendaftaran menjadi masinis di PT KAI. Perlu Anda ingat, bahwasanya meskipun gaji menjadi seorang masinis lumayan tinggi, namun tanggung jawabnya cukup besar karena harus mengangkut puluhan penumpang agar selamat sampai tujuan dengan tepat waktu tanpa ada kekurangan apapun. Itulah mengapa sebelum Anda menjadi seorang masinis, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda terlindungi oleh asuransi. Selamat mencoba!