Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam di Berbagai Instansi

Melamar pekerjaan tentunya diperlukan surat resmi sebagai pengajuan dilengkapi dengan sejumlah dokumen sebagai persyaratan. Termasuk jabatan security atau satpam yang perlu ditulis dengan baik. Agar lebih mudah, pembaca dapat mempelajari dengan seksama.

Melalui penulisan yang baik, diharapkan surat pengajuan tersebut dilirik HRD dan memperbesar peluang diterima kerja. Akan tetapi, pada kenyataannya masih banyak orang kesulitan untuk membuat surat resmi. Informasi lebih rinci terkait surat lamaran kerja satpam dapat disimak di bawah ini:

Mengapa Posisi Satpam Sangat Dibutuhkan?

Sebagian menganggap posisi satpam sebagai pekerjaan yang remeh, padahal sebetulnya sangat dibutuhkan di berbagai instansi. Satpam juga berjasa besar dalam menjaga keamanan setiap orang, bisa disekolah, bank, dan pabrik. Pengamanan yang diberikan berupa pencegahan terhadap tindakan kriminalitas.

Setiap instansi tentunya tidak sembarang mengambil orang untuk menempati posisi satpam. Sebab, seorang satpam dituntut mempunyai kualitas SDM terdidik dan terlatih untuk melakukan pengamanan. Itulah alasannya posisi satpam sangat dibutuhkan dan tidak dapat dipandang sepele.

Contoh Surat Lamaran Kerja Satpam

Seperti menulis surat resmi, lamaran kerja juga harus dibubuhkan dalam bahasa yang baku dan sopan. Tujuan surat juga harus jelas, meliputi nama instansi serta alamatnya. Penulisannya dapat diketik atau ditulis tangan, berikut contoh surat lamaran kerja satpam pada beberapa instansi untuk disimak:

1. Satpam Perusahaan

Instansi yang membutuhkan tenaga satpam salah satunya adalah perusahaan, sebab dalam perusahaan terdapat sejumlah aset yang harus diamankan. Oleh sebab itu, peran security sangat besar dalam perusahaan. Wajar bila dalam satu perusahaan memiliki satpam lebih dari satu orang.

Untuk bekerja sebagai satpam perusahaan tentu tidak mudah, sebab biasanya satpam ada jadwal untuk jaga malam hari. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kejadian pencurian yang merugikan perusahaan. Bila berminat untuk mendaftar, contoh surat lamaran kerja satpam bisa dilihat berikut ini:

Yth. Kepala CV Tiga Saudara

Di Tempat,

Salam hormat,

Merujuk dalam iklan lowongan kerja yang dipublikasikan dalam Instagram @tigasaudara, maka melalui surat resmi ini saya mengirimkan lamaran kerja sebagai satpam di CV Tiga Saudara. Berikut data diri lebih lengkapnya:

Nama              : Agusta Sumantri

Alamat            : Jl. Aksa Timur No. 13 Lumajang

Jenis Kelamin: Laki-laki

Lulusan           : SMKN 1 Kalipepe

Saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai satpam di perusahaan selama tiga tahun. Pengalaman tersebut membentuk karakter saya yang ulet, rajin, dan tertib. Bersama surat pengajuan ini, saya kirimkan dokumen penunjang sebagai berikut:

  • Salinan ijazah yang sudah dilegalisasi
  • Foto 3×4 warna
  • Salinan transkrip legalisir
  • Curriculum Vitae
  • Salinan KK dan KTP
  • Surat pengalaman bekerja

Demikian permohonan lamaran kerja yang saya kirim agar diterima menjadi satpam di CV Tiga Saudara. Saya sangat berharap dapat dipanggil guna melanjutkan rekrutmen supaya bisa memaparkan lebih rinci tentang keterampilan yang saya miliki. Terima kasih atas kesediaannya membaca surat permohonan lamaran kerja ini.

Lumajang, 14 Agustus 2022

Hormat saya,

Agusta Sumantri

2. Satpam Sekolah

Bukan hanya perusahaan, akan tetapi sekolah juga membutuhkan tenaga satpam untuk menjaga keamanan. Beberapa tugas satpam sekolah seperti membuka gerbang, mencatat kedatangan tamu, menjaga keamanan kegiatan KBM. Berikut contoh surat lamaran kerja satpam pada instansi sekolah:

Kepada Kepala SMA 1 Ranu

Di tempat,

Salam hormat,

Merujuk pada pamflet lowongan kerja yang saya baca website resmi SMA 1 Ranu berkaitan dengan kebutuhan tenaga security, maka melalui surat permohonan ini saya berniat melamar pekerjaan di posisi satpam tersebut. Data diri selengkapnya tertulis dibawah ini:

Nama                         : Sayuti Ahad

Alamat                       : Jalan Melati No. 55, Pasrujambe, Lumajang

Jenis Kelamin           : Laki-laki

Riwayat Pendidikan: SMK 2 Pelita

Tempat/Tgl. Lahir    : Banyuwangi, 19 Mei 1998

Saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai satpam perumahan selama 1 tahun. Pengalaman tersebut membangun karakter saya yang tertib dan ulet dalam mengemban kewajiban sebagai satpam. Sebagai pendukung permohonan lamaran, bersama ini saya sertakan:

  • Salinan KTP
  • Keterangan Pengalaman Kerja
  • Curriculum Vitae
  • Fotocopy KK
  • Salinan ijazah
  • SKCK

Sekian surat lamaran kerja yang saya buat supaya dapat dipertimbangkan menjadi satpam di SMA 1 Ranu. Harapan saya mampu diberikan kesempatan untuk menuju ke tahap rekrutmen selanjutnya agar bisa memaparkan potensi yang saya miliki. Terima kasih.

Lumajang, 15 Agustus 2022

Hormat saya,

Sayuti Ahad

3. Satpam Bank

Bila mengunjungi bank, nasabah tentunya akan disambut oleh satpam yang ramah. Pekerjaan ini tidak bisa dianggap remeh, sebab satpam bank mempunyai kewajiban mengamankan aset sekaligus mengarahkan nasabah. Adapun contoh surat lamaran kerja satpam khusus bank dapat dilihat di bawah ini:

Kepada Kepala PT Bank Nusantara Tbk.

Cabang Lumajang

Di tempat,

Dengan hormat,

Menindaklanjuti informasi lowongan kerja yang dipublikasi dalam halaman resmi PT Bank Nusantara Tbk. Maka lewat surat ini saya mengirimkan lamaran sebagai satpam di PT Bank Nusantara Cabang Lumajang. Berikut data selengkapnya:

Nama                         : Sihombing Purnomo

Alamat                       : Jl. Suci No. 23 kota Lumajang

Jenis Kelamin           : Laki-laki

Riwayat Pendidikan: SMA 1 Citra Pelita

Menyatakan bahwa saya merupakan individu yang tegas, disiplin, dan ulet untuk menjalankan tugas sebagai satpam. Sebelumnya saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai satpam sekolah selama 4 tahun. Bersama surat ini, saya kirimkan berkas penunjang berupa:

  • Curriculum Vitae
  • Fotocopy sertifikat pelatihan security
  • Pas foto 3×4
  • Keterangan sehat dari RS
  • Ijazah dan transkrip legalisir
  • Salinan KK dan KTP

Demikianlah permohonan lamaran pekerjaan yang saya tulis agar diberikan kesempatan untuk mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya. Atas waktunya saya sampaikan terima kasih.

Lumajang, 15 Agustus 2022

Salam hormat,

Sihombing Purnomo

4. Satpam Bandara

Satpam bandara berbeda dibandingkan satpam pada instansi lain, seperti mall, bank, sekolah, dan seterusnya. Sebab, Aviation Security memiliki lisensi khusus yang berpedoman pada ICAO yang dinaungi langsung oleh PBB. Berikut contoh surat lamaran kerja satpam untuk melamar di bandara:

Jakarta, 14 Agustus 2022

Kepada Pimpinan HRD

  1. Penerbangan Asia

Di tempat,

Dengan hormat,

Mengutip dari adanya pamflet lowongan pekerjaan sebagai salah satu bagian dari PT Penerbangan Asia, maka saya kirimkan surat resmi ini dengan tujuan untuk mengajukan lamaran sebagai Aviation Security di PT Penerbangan Asia. Berikut data diri yang saya miliki:

Nama                     : Guntur Seto Pati

Tempat/Tgl. Lahir: Surabaya, 17 Juni 1999

Alamat                    : Jl. Genteng Nomor 50 Jakarta Barat

Jenis Kelamin        : Laki-laki

Pendidikan            : SMA 1 Jombang

Menyatakan bahwa saya merupakan lulusan SMA dengan nilai maksimal 56.50 dari maksimum 60.00. Saya mempunyai sikap disiplin dan loyalitas tinggi untuk ditempatkan pada berbagai wilayah bandara di bawah naungan PT Penerbangan Asia.

Sebagai pendukung surat lamaran ini, saya sertakan berkas penting yang bisa dipertimbangkan:

  • Salinan KTP
  • Transkrip dan ijazah legalisir
  • Foto terbaru 4×6
  • Salinan KK
  • SKCK
  • Keterangan sehat dari RS
  • Bukti pengalaman kerja
  • Sertifikat pelatihan security

Demikian surat pengajuan saya sebagai anggota Avian Security di PT Penerbangan Asia. Begitu besar harapan saya supaya bisa diberikan kesempatan mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya. Akhir kata, terima kasih atas kesediaan waktunya menerima surat resmi ini.

Hormat saya,

Guntur Seto Pati

Itulah contoh surat lamaran kerja satpam pada beberapa instansi. Sebetulnya surat permohonan kerja tersebut hampir sama, hanya saja detail alamat penerima dan lampiran dokumen yang membuatnya berbeda. Sebab, keterangan tersebut harus disesuaikan berdasarkan instansi yang akan dilamar.

Rekomendasi Lainnya:

 

Artikel Terkait