Contoh Surat Kuasa Direksi Yang Benar Dan Baik

Contoh Surat Kuasa Direksi – Surat kuasa memang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal keperluan, agar Anda tidak salah membuatnya ataupun keliru maka Anda membutuhkan contoh surat kuasa direksi yang baik dan benar. Selain itu, pembuatan surat kuasa ini tentu saja tidak sama seperti surat pada umumnya, karena surat kuasa tersebut memiliki dasar hukum dalam penerbitannya. Untuk lebih jelas bisa dilihat dibawah ini.

Apa Saja Format Penulisan Surat Kuasa?

Dalam pembuatan surat kuasa tentu saja harus berisikan beberapa hal seperti isi, maksud dari dibuatnya surat kuasa ini, tujuan hingga nama-nama yang bersangkutan secara jelas. Mengapa demikian? Sebab dengan adanya surat tersebut nantinya bisa dipertanggungjawabkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas apa saja format dalam contoh surat kuasa tersebut? Berikut bisa Anda lihat sebelum Anda memutuskan untuk menulisnya, diantaranya :

  • Identitas pemberi kuasa dan juga penerima kuasa yang nantinya harus dilengkapi secara detail seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, NIK atau SIM hingga menuliskan wewenang apa yang akan Anda berikan.
  • Kalimat delegasi kekuasan.
  • Tanda tangan dan materai.

Bagaimana Cara Menulis Surat Kuasa Direksi Dengan Benar?

Setelah Anda melihat apa saja format penulisan dalam surat kuasa maka inilah saatnya Anda melihat secara jelas bagaimana cara dan contoh surat kuasa direksi dengan benar dan tepat.

SURAT KUASA

Nomor :98/MM/24/03/22

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                : Muhamad Arifin

Jabatan            : Direktur Utama PT. Digital Sejahtera

Alamat              : Jl. Iskandar Muda, Kp. Beringin

Nomor KTP       : 0909090911111

Dengan ini menyatakan memberikan kuasa kepada :

Nama                : Ria Agustina

Jabatan            : Manajer Marketing PT. Digital Sejahtera

Alamat              : Garut, Bandung

Nomor KTP       : 0808080822222

KHUSUS

Bertindak untuk atas nama Pemberi Kuasa atau bertindak untuk atas nama PT. Digital Sejahtera yang mana untuk melakukan beberapa hal berikut :

  1. Melakukan penandatangan kontrak-kontrak maupun perjanjian kerjasama antara perusahaan dengan pihak ketiga yakni PT. Cahaya Group.
  2. Kontrak atau perjanjian kerjasama yang tercantum dalam poin 1 adalah yang berkaitan dengan jual beli barang ataupun jasa untuk keperluan perusahaan PT. Digital Sejahtera.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan dan dipertanggung jawabkan sebagaimana mestinya.

Penerima Kuasa                                                            Pemberi Kuasa

 

Ria Agustina                                                                 Muhamad Arifin

 

Kesimpulan

Keberadaan surat kuasa ini memang telah diatur di dalam UU Hukum Perdata, yang mana ketentuan mengenai surat tersebut tersirat di dalam pasal 1792 KUHPer. Oleh karena itu, dengan adanya surat kuasa tersebut maka hal ini bisa dijadikan sebagai bentuk persetujuan dari seseorang untuk memberikan kekuasaannya kepada orang yang telah ditunjuk untuk melaksanakan atas nama yang telah memberi kuasa.

Jadi, dengan adanya contoh surat kuasa direksi seperti diatas maka Anda bisa membuat surat kuasa dengan lebih baik dan benar.

Artikel Terkait