Cara Membatalkan Asuransi BCA Life Sebelum Memutuskan Ambil Produknya

Cara Membatalkan Asuransi BCA Life – Tersedia banyak sekali produk asuransi di Indonesia dan salah satu perusahaan yang mengeluarkannya adalah BCA Life. Program BCA Life berada di bawah naungan dari PT Asuransi Jiwa BCA yang sudah mengantongi sertifikat izin dari OJK sejak tahun 2014. Sebelum mulai mengambil polis dari salah satu produknya penting untuk mencari tahu tentang informasinya secara lengkap, termasuk cara membatalkan Asuransi BCA Life.

BCA Life sendiri dilansir langsung dari websitenya menawarkan 3 macam produk utama. Produk utama yang dimaksud berupa asuransi perlindungan, asuransi kesehatan, dan juga asuransi plus tabungan. Perkembangan produk BCA Life menjadi sangat bervariasi sehingga nasabah dapat memilih banyak opsi sesuai kebutuhan.

Cara Membatalkan Asuransi BCA Life

Beberapa Produk dari BCA Life

Kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai produk BCA Life, seperti BCA Life Keluargaku, BCA Life Proteksi Diri, BCA Life kecelakaan, dan lain-lain. Hal yang dilindungi dari setiap produk berbeda-beda sehingga premi yang harus dibayarkan juga berbeda. Langsung saja kita bahas mengenai apa saja produk dari BCA Life yang umum digunakan nasabahnya.

  • BCA Life Keluargaku

BCA Life Keluargaku memberikan penanggungan risiko terhadap jiwa tertanggung selama 10 tahun yang juga disertai dengan pengembalian premi yang mencapai 100%. Limit maksimal dari penanggung yang mungkin diberikan kepada keluarga tertanggung sampai dengan Rp 1,5 miliar. Dengan kata lain produk yang satu ini difungsikan untuk melindungi pemegang polis sekaligus keluarganya.

Usia masuk untuk produk BCA Life Keluargaku mulai dari 19 tahun sampai 55 tahun bagi orang dewasa. Sedangkan usia anak-anak yang didaftarkan bisa mulai dari 1 hingga 18 tahun. Setiap pemegang polis hanya perlu membayar premi dengan nominal tertentu untuk bisa mendapatkan manfaat dari pembayaran asuransinya.

Ketika pihak tertanggung mengalami kecelakaan sampai meninggal maka akan mendapatkan santunan sebanyak 200%. Pada tertanggung yang meninggal akibat bukan kecelakaan akan mendapatkan pembayaran sebanyak 100%. Pengembalian premi akan dilakukan 100% jika tertanggung masih hidup setelah masa perlindungan 10 tahun berakhir.

  • BCA Life Proteksi Diri

Produk lainnya yang akan kita bahas dari BCA Life berupa BCA Life Proteksi Diri. Produk tersebut merupakan asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat ketika tertanggung meninggal dunia akibat penyakit maupun kecelakaan. Jumlah santunan yang akan diberikan kepada tertanggung yang meninggal bisa sampai Rp 500 juta. Kemudian juga terdapat pengembalian premi yang besarnya 50% dari akumulasi yang dibayarkan pada tahun ke-12 polis meskipun ada atau tidak ada klaim.

Keunggulan lain dengan menggunakan BCA Life Proteksi Diri berupa tariff yang tetap sama selama masa pembayaran. Premi sangat terjangkau karena hanya Rp 40.000 setiap bulan tetapi sudah bisa mendapatkan perlindungan kalau tertanggung meninggal dunia.

Usia masuk untuk mendaftarkan diri ke produknya berkisar dari 6 bulan hingga 17 tahun bagi golongan anak-anak. Sedangkan golongan dewasa memiliki kisaran usia masuk mulai dari 18 sampai 59 tahun. Masa pertanggungan dari Proteksi Diri mencapai 12 tahun dari pertama kali pemberlakuan polis.

  • BCA Life Kecelakaan

Musibah kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja dan dalam hal yang parah bisa menyebabkan seseorang meninggal. Apabila seseorang yang meninggal tadi memiliki polis BCA Life Kecelakaan maka bisa mendapatkan santunan sampai dengan limit Rp 500 juta.

Sedangkan tertanggung yang masih bisa diselamatkan dari kecelakaan maka akan mendapatkan santunan sebanyak Rp 2.500.000 di setiap kejadian. Kemudian tertanggung juga dapat memilih untuk mendapatkan pengembalian premi atau tidak. Bagi yang berminat untuk mendapatkan preminya hanya perlu membayar Rp 30.000 saja setiap bulan.

Tertanggung yang memilih membayarkan tahunan akan mendapatkan diskon premi. Selain itu tertanggung hanya perlu membayarkan premi selama 8 tahun guna memperoleh proteksi selama 12 tahun.

Cara Membatalkan Asuransi BCA Life

Setelah memahami beberapa produk dari BCA Life maka Anda juga harus tahu mengenai prosedur pembatalan bila sewaktu-waktu ingin berhenti menggunakan polis. Langsung saja kita simak mengenai cara membatalkan asuransi BCA Life.

  • Konsultasi Terlebih Dahulu

Setiap pemegang polis yang hendak membatalkan asuransi di BCA Life perlu konsultasi dahulu dengan CS. Anda hanya perlu menghubungi nomor 1500888. Anda bisa bertanya mengenai ketentuan yang berlaku bila hendak membatalkan asuransi.

  • Persiapkan Beberapa Dokumen Penutupan Asuransi

Langkah yang selanjutnya adalah menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan oleh pemegang polis adalah Nomor polis asuransi yang asli dan fotokopian, nama pemegang polis, KTP asli dan fotokopian, Alasan penutupan polis, dan juga pengisian rekening guna mengembalikan premi. Pada pengisian rekening harus menyertakan nama bank, nama pemilik rekening, dan juga nomor rekening.

  • Kunjungi Kantor BCA Terdekat

Setelah menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan sisanya Anda hanya perlu datang ke kantor BCA terdekat dari tempat tinggal. Setelah itu temui bagian Customer Service dan jelaskan keinginan untuk menutup polis asuransi BCA Life. Jelaskan juga mengenai jenis polis asuransi beserta alasan penutupan dari polis.

Selanjutnya CS mulai memberikan formulir pembatalan polis BCA Life. Baca terlebih dahulu secara seksama tentang formulirnya. Setelah memahami baru mulai isi formulir hingga lengkap. Berikan formulir kepada CS dan CS akan mulai memproses penutupan dari polis asuransi. Anda hanya perlu menunggu sampai polis tertutup dan hasilnya akan diberitahukan oleh CS.

  • Ketahui Adanya Biaya Pembatalan BCA Life

Anda sudah memahami prosedur dari cara membatalkan asuransi BCA Life. Kini penting juga mengetahui bahwa pembatalan akan dikenai sejumlah biaya. Namun untuk mengerti berapa persentase atau jumlah yang dipotong Anda perlu bertanya langsung ke CS BCA Life.

Kabar baik dari proses pembatalannya sendiri ternyata tetap dapat dilangsungkan terutama jika tidak setuju terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku. Sedangkan pemegang polis yang sudah pernah mendapatkan manfaat santunan dari asuransi BCA Life maka pembatalan polis akan dikenakan biaya lebih. Biaya tersebut meliputi penerbitan polis, pemeriksaan kesehatan, dan juga pemberian manfaat lain yang diperoleh dari pemegang polis sebelum dibatalkan.

  • Pencairan Uang Premi Ketika Membatalkan Polis

Semua orang yang hendak membatalkan polis pasti ingin mengetahui apakah premi yang sudah dibayar selama ini bisa cair. Premi hanya bisa cair dalam periode singkat 14 hari setelah proses pembelian polis. Premi tersebut akan dikembalikan tetapi dikurangi dengan biaya pembatalan polis BCA Life. Pastikan Anda yang berniat berhenti dari asuransi BCA Life mengikuti prosedur pembatalan sesuai aturan.

Pembatalan terhadap polis tidak dapat dilakukan sepihak karena pemegang polis akan terus dikenai biaya premi. Apabila pengajuan sudah dilakukan maka hanya perlu menunggu proses persetujuan pengembalian premi.

Anda sudah memahami tentang beberapa produk BCA Life beserta dengan prosedur pembatalannya. Semua itu bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum benar-benar mengambil suatu polis.

Artikel Terkait