Cara Klaim Asuransi Mobil dan Informasi Penting Lainnya

Cara Klaim Mobil  – Harga mobil keluaran terbaru semakin lama juga semakin mahal. Tentu saja kenaikan harga tersebut juga akan berdampak pada semakin mahalnya spare part mobil keluaran terbaru. Padahal setiap kali menggunakan kendaraan terdapat potensi terjadinya kecelakaan meski bagi orang yang sudah berhati-hati sekaligus. Penting untuk mengetahui apa itu asuransi mobil dan cara klaim asuransi mobil.

Menggunakan asuransi akan membuat pemilik kendaraan mendapatkan dukungan penggantian finansial diwaktu terjadi kecelakaan. Pastikan untuk memilih perusahaan yang tepat sehingga proses klaim bisa mudah sewaktu diperlukan. Langsung saja kita bahas mengenai informasi seputar asuransi mobil berikut.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Pengertian Asuransi dan Manfaat Menggunakannya

Setiap pemilik mobil perlu mengetahui betapa pentingnya asuransi mobil. Sedangkan definisi dari asuransi mobil sendiri merupakan perlindungan finansial dari kerugian, kehilangan, maupun kerusakaan yang terjadi pada mobil seorang pemegang polis.

Namun tentu saja asuransi mobil sebaiknya diambil ketika seseorang sudah memegang polis askes. Para pemegang polis asuransi mobil tidak perlu sampai merogoh kocek terlalu dalam ketika mobil kesayangan terkena musibah maupun kehilangan karena dicuri oleh orang lain. Beberapa asuransi mobil juga memberikan dana penggantian untuk perawatan mobil.

Seorang pemilik mobil yang tidak memegang polis asuransi mobil dipastikan mengalami banyak kerugian saat mobil bernasib naas. Tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan bagi orang yang susah payah dalam membeli mobil.

Selesai dengan definisi asuransi mobil, maka Anda juga perlu memahami tentang segudang manfaat dari asuransi mobil. Manfaat dari asuransi ini berupa:

  • Tanggungan Kerugian Total (TLO)

Nama asuransi yang berguna untuk menanggung secara total disebut Asuransi Total Loss Only (TLO). Jenis asuransi akan memberikan jaminan ketika terjadi kehilangan mobil total. Kehilangan mobil atau kerusakan yang dimaksud perlu mencapai 75% untuk bisa mendapatkan ganti rugi dari asuransi jenis TLO. Asuransi jenis TLO tersebut juga bisa diberikan ketika mengalami kehilangan akibat dirampas maupun pencurian.

Baca Juga:  Mari Mengenal Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka Menurun yang Tepat!

Apabila kerusakan belum mencapai 70%-75% maka tidak terdapat proses penggantian biaya. Premi yang perlu dibayarkan untuk asuransi mobil TLO juga cukup kecil dibandingkan jenis asuransi lain seperti askes. Bahkan beberapa asuransi mobil mematok biaya premi mulai dari Rp 30.000 setiap bulan.

Sebagian besar mobil yang sudah berusia 10 tahunan sebaiknya diasuransikan jenis TLO. Disarankan pemilik mobil tersebut memilih tipe TLO daripada all risk.

  • Memberikan Tanggungan Seluruh Kerusakan pada Asuransi Mobil All Risk

Jenis variasi asuransi mobil yang lain berupa asuransi mobil all risk. Asuransi tersebut merupakan asuransi mobil komprehensif. Asuransi yang satu ini memberikan proteksi menyeluruh terhadap kerusakan kecil dan besar yang terjadi pada mobil. Sedangkan limit dari tanggungan dapat bertambah ketika premi yang diambil lebih besar.

Sedangkan proteksi akan diberikan juga dalam cakupan yang besar bagi tipe asuransi mobil all risk, termasuk kerusakan dan kehilangan mobil akibat kerusuhan dan bencana alam. Lalu berapakah biaya dari asuransi mobil all risk?

Premi dari asuransi mobil all risk lebih mahal ketimbang TLO dan umumnya berkisar pada Rp 200.000-an setiap bulan. Sayang perlindungan dari asuransi all risk hanya berlangsung setahun saja. Asuransi jenis all risk lebih cocok bila diterapkan pada mobil yang baru.

  • Membantu Perencanaan Keuangan

Menabung untuk membeli mobil kadang berlangsung tahunan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun kerusakan yang diakibatkan musibah bisa langsung membuatnya sirna begitu saja. Supaya mobil lebih terlindungi dan hasil kerja keras bertahun-tahun tidak hilang maka perlu memiliki asuransi mobil.

Pemegang polis asuransi mobil akan mampu mengurangi biaya yang perlu dibayar berkaitan dengan kerusakan dan kehilangan mobil. Hal ini tidak serta merta akan membebani keuangan Anda sewaktu musibah mengenai mobil kesayangan. Tabungan Anda tidak akan terganggu ketika tiba-tiba tertimpa musibah satu ini.

  • Menenangkan Pikiran
Baca Juga:  Ketahui Dahulu Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Syariah

Hanya sebagian kecil saja pemilik mobil yang mengasuransikan mobilnya. Ketika musibah terjadi terhadap mobilnya yang terjadi hanya bisa sedih dan cemas dalam memikirkan biaya yang perlu ditanggung. Sedangkan bagi para pemegang polis asuransi mobil, mereka akan tetap bisa tidur dengan nyaman ketika terjadi masalah terhadap mobil kesayangannya.

Hanya saja memang meski sudah dilindungi dengan asuransi mobil tetap perlu berhati-hati dalam berkendara. Tidak boleh sembrono karena kesembronoan bisa menyebabkan pengguna jalan lainnya juga terluka.

  • Tidak Perlu Mengganggu Keuangan Keluarga

Mobil pribadi menjadikan keluarga bisa pergi kemana-mana dengan lebih nyaman. Terlepas dari mobil yang dibeli baru atau tidak tetapi setiap kali berkendara perlu berhati-hati. Kadang sudah berhati-hati saja masih ada saja orang yang menabrak kita. Apabila hal tersebut sempat kejadian terhadap Anda dan mobil kesayangan rusak maka mau tidak mau harus mengganggu keuangan.

Parahnya lagi bila seorang pemilik mobil tidak menyiapkan dana darurat sehingga terpaksa menggunakan keuangan keluarga. Jika sampai demikian pasti adanya hanya merepotkan pihak keluarga saja untuk menanggung biaya perbaikan kendaraan. Skenario terburuk itu tidak akan terjadi pada pemilik mobil yang mengasuransikan mobilnya. Tidak lagi perlu untuk meminjam dana dari keluarga ketika terkena musibah kerusakan mobil atau mobil hilang.

Cara Klaim Asuransi Mobil

Saat mobil kesayangan tidak sengaja mengalami kecelakaan atau kehilangan maka Anda bisa melakukan klaim. Tentu saja klaim asuransi tetap ada persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan. Mari kita lihat cara klaim asuransi mobil yang berlaku general di berbagai perusahaan asuransi.

  • Penuhi Persyaratan Pengajuan Klaim

Tahapan pertama dari cara klaim asuransi mobil adalah memenuhi persyaratan pengajuan klaim. Persyaratan yang biasa harus disediakan oleh pemilik kendaraan berupa fotokopi dan polis asuransi yang asli, bukti laporan kepolisian (bila akibat kecelakaan), formulir klaim (setiap perusahaan asuransi punya form sendiri), kronologi kecelakaan, foto-foto kendaraan yang terkena kecelakaan, fotokopi SIM, STNK, KTP, surat tuntutan ganti rugi bermaterai dan tanda tangan, dan surat keterangan polisi tentang kronologi kecelakaan.

  • Datangi Bengkel Rekanan Perusahaan
Baca Juga:  Fitur Asuransi Mikro Terbaik yang Bisa Dimanfaatkan

Setelah melengkapi sejumlah persyaratan yang dibutuhkan maka Anda bisa mulai mendatangi bengkel yang menjadi rekanan perusahaan asuransi langganan. Kemudian hubungi pihak agen asuransi sambil memeriksa pengisian formulir dengan baik.

Selain itu Anda juga perlu menceritakan ke bengkel rekanan sehingga pihak bengkel akan memberikan konfirmasi kepada pihak pemberi asuransi. Bengkel menunggu konfirmasi dari pihak agen perusahaan asuransi. Mobil akan segera diperbaiki oleh bengkel tanpa perlu nasabah membayar biayanya setelah konfirmasi dibenarkan oleh agen asuransi.

  • Durasi Lamanya Klaim Asuransi Mobil

Setiap perusahaan asuransi memiliki peraturan yang berbeda-beda terkait dengan asuransi mobil. Hal tersebut juga berkaitan terhadap proses lamanya klaim asuransi mobil. Secara umum proses klaim bisa memakan lama waktu antara 3 sampai 5 hari.

Tentu saja semakin parah kerusakan dan besarnya biaya bengkel maka asuransi semakin lama memproses pembayaran biaya ke bengkel. Namun tentang saja karena banyak perusahaan asuransi mobil maksimal akan membayarkan biaya maksimal selama 5 hari.

Artikel Terkait