Alasan Dan Contoh Surat Pencabutan Kuasa Pengacara

Contoh Surat Pencabutan Kuasa Pengacara  – Ketika Anda membutuhkan sebuah jasa pengacara untuk sebuah hal pasti diawali dengan surat pengajuan dan diakhiri dengan surat pencabutan kuasa pengacara. Tujuannya adalah untuk memberikan bukti fisik bahwa klien memakai jasa pengacara selama kurun waktu tertentu.

Berikut contoh surat pencabutan kuasa pengacara

Pencabutan Kuasa Pengacara

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Pihak pertama

Nama: Ismiwati Anggraeni

NIK: 33817947490003
Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil
Alamat: Jalan Sunan Bonang Nomor 16, Rt:2/1, Kecamatan Ngaglik, Yogyakarta
Sebagaimana Surat tertanggal 19 Januari 2018 telah memberikan Kuasa perihal Kepengurusan Penagihan Tanggungan kepada:
Pihak kedua

Nama: Winoto Sumantri, M.Hum

NIK: 33362718919903
Pekerjaan: Pengacara
Alamat: Jalan Kaliurang Nomor 10, Sleman, Yogyakarta
Dengan ini menerangkan bahwa terhitung tanggal 18 Maret 2018 sebagaimana dalam perihal surat ini, memberikan pencabutan kuasa kepada pihak kedua yang disebut sebagai pengacara. Oleh karena itu, surat kuasa yang pihak pertama berikan dinyatakan tidak berlaku dan tidak digunakan kembali.

Demikian hal ini disampaikan sebenar-benarnya.
Kabupaten Sleman, Ngaglik
Tanggal 19 Maret 2018

Ismiwati Anggraeni

Faq:

Apa saja penyebab pencabutan kuasa pengacara?

Ada beberapa hal yang membuat klien melihat contoh surat pencabutan kuasa pengacara, antara lain:

Pengacara yang bertugas sedang sakit dan belum tahu kapan pulihnya

Ketika bertugas, seorang pengacara mengalami kecelakaan atau sakit yang membutuhkan banyak waktu istirahat tentu tugasnya akan terkendala. Sehingga, pihak klien boleh mengajukan proses pencabutan kuasa pekerjaan terhadap pengacara tersebut. Ketika klien harus menyelesaikan masalahnya lebih cepat, maka butuh surat tersebut sebagai bukti pengalihan tanggung jawab ke pengacara yang baru.

Pengacara pertama kurang berkompeten dalam mendalami masalah tertentu

Beberapa pengacara yang masih baru biasanya akan ikut dalam pekerjaan pengacara senior terlebih dahulu tetapi ada kalanya seorang pengacara belum banyak menangani kasus rumit. Sehingga, klien butuh seorang pengacara yang pernah memegang kasusnya tersebut untuk mendapatkan solusi terbaik.

Waktu kinerja telah selesai

Dalam hal ini, biasanya klien diberikan pengacara berpengalaman dalam kurun waktu tertentu. Ketika telah habis masa kerja maka surat pencabutan kuasa harus segera dibuat. Agar pengacara telah jelas statusnya, karena satu pengacara senior terkadang memegang kasus lebih dari 3 sehingga memungkinkan untuk mengatur jadwal klien cukup padat.

Contoh surat pencabutan kuasa pengacara tersebut diberikan saat dalam proses kinerja atau setelah selesai masa kerja pengacara. Pemakaian jasa pengacara tidak hanya sebatas untuk kasus berat saja tetapi juga kasus ringan seperti gugatan cerai karena kekerasan dalam rumah tangga, contoh surat kuasa penagihan hutang alot dengan bukti surat perjanjian hutang yang tidak segera dilunasi. Anda juga bisa menyerahkan masalah tanah sengketa kepada pihak pengacara sehingga bisa ketemu titik terang tanpa harus masuk ke perkara yang lebih serius lagi.

Artikel Terkait