Tips Memilih Pinjol Agar Bebas Gali Lubang Tutup Lubang

Tips memilih pinjol – Berbagai pilihan layanan pinjaman online memiliki penawaran dan kebijakan berbeda. Hal ini juga akan berkaitan dengan nominal pinjaman yang diberikan. Selain itu, akses layanan dari setiap aplikasi juga harus dipertimbangkan dengan sangat baik. Semakin banyak pilihan layanan aplikasi pinjaman online maka akan semakin mudah untuk membandingkan keuntungan. Cara seperti ini dilakukan agar terhindar dari penagihan yang terlalu berlebihan. Cobalah gunakan tips memilih pinjol sehingga para debitur juga bebas dari tindakan gali lubang tutup lubang. Hal ini memang membantu debitur untuk terhindar dari jumlah tagihan yang dianggap sangat merugikan. Pastikan bahwa debitur memilih layanan pinjaman online yang tepat.

5 tips memilih pinjol yang bisa dicoba

Semakin banyak rekomendasi dari pilihan pinjol seharusnya bisa memudahkan banyak calon debitur untuk menentukan yang terbaik. Masing-masing pilihan pinjol ini memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda. Selain itu, keuntungan yang ditawarkan juga akan membuat calon debitur bisa memilih dengan mudah. Biasanya akses nilai pinjaman yang lebih besar selalu menjadi pilihan utama. Selain itu, perhitungan nominal bunga yang diberikan juga menjadi hal yang sangat penting. Pastikan juga calon debitur memiliki kemampuan bayar yang baik sehingga terhindar dari kredit macet. Berikut ini ada beberapa tips memilih pinjol yang bisa dicoba dengan sangat mudah yaitu:

1. Akses situs resmi OJK

Salah satu tips memilih pinjol adalah dengan mengakses situs resmi Otoritas Jasa Keuangan. Perlu diingat bahwa OJK merilis daftar layanan pinjaman online yang sudah terdaftar dan berijin secara berkala. Ini akan membantu para nasabah untuk menentukan pilihan pinjol legal. Apalagi akses yang diberikan juga secara berkala. Jangan khawatir karena seluruh pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK akan mengikuti seluruh ketentuan dan kebijakan. Hal ini juga berlaku untuk perlindungan data nasabah sehingga tidak diberikan oleh pihak lain tanpa persetujuan. Lakukan pemeriksaan juga kepada rincian deskripsi yang dicantumkan situs resmi pinjaman online.

Baca Juga:  Perhitungan Pinjaman Online Paling Ideal untuk Nasabah

2. Pastikan terdaftar dan berijin

Sebagian besar pinjaman online legal akan mencantumkan rincian surat keputusan OJK yang menyatakan telah terdaftar dan berijin. Ini menjadi bukti bahwa layanan pinjol itu tidak ilegal. Hal yang sangat penting bagi calon nasabah untuk terhindar dari pinjol ilegal. Apalagi saat ini kehadiran dari pinjol ilegal dianggap sangat meresahkan karena sering melakukan intimidasi. Tips ini membantu calon nasabah untuk mendapatkan pembiayaan secara legal dan memiliki perlindungan hukum yang tetap.

3. Menawarkan nilai pinjaman tinggi

Cobalah untuk memilih pinjaman online yang menawarkan nominal pembiayaan dengan cukup besar. Biasanya pinjaman online seperti ini memiliki persyaratan dokumen yang lebih banyak. Namun, hasil pendanaan ini akan membantu nasabah untuk mengelola dengan sangat baik. Beberapa layanan pinjaman online ini juga akan tidak memberlakukan potongan yang terlalu besar. Pastikan juga calon nasabah memiliki kemampuan bayar yang sesuai dengan pengajuan nilai pinjaman. Hal ini akan terhindar dari kondisi gagal bayar yang merugikan.

4. Perhitungkan bunga

Tips lain yang bisa dicoba untuk memilih pinjol adalah perhitungan bunga. Cobalah lakukan perbandingan dari penawaran bunga layanan pinjol legal. Hal ini akan mempengaruhi jumlah tagihan atau cicilan yang harus dibayarkan pada tenggat waktu. Perhitungan bunga biasanya disesuaikan dengan tenor. Namun, ada juga perhitungan bunga yang dihitung berdasarkan jumlah pinjaman. Gunakan kalkulator simulasi pinjaman untuk mengetahui jumlah perhitungan bunga. Hal yang paling penting adalah jumlah bunga itu harus diterapkan secara transparan.

5. Pilih tenor dengan durasi panjang

Ini merupakan tips yang juga harus dipertimbangkan. Durasi pinjaman dari layanan pinjol memang sangat terbatas. Hal ini membuat calon nasabah bisa menentukan perhitungan tenor yang lebih lama. Bahkan, metode ini dianggap akan membantu nasabah dalam pengelolaan pinjaman. Beberapa layanan pinjol legal memang menawarkan masa pinjaman 1 bulan. Namun, ada juga layanan pinjol yang memberikan tenor hingga 6 bulan. Tentu saja proses verifikasi dilakukan cukup rumit.

Baca Juga:  Strategi Pinjaman Online Bagi Debitur Pemula

6. Jaminan tidak sebar data pribadi

Setiap layanan pinjol legal memang harus mengikuti peraturan dari OJK. Hal ini termasuk untuk memberikan perlindungan data dari nasabah. Cobalah pahami seluruh ketentuan dari persyaratan pengajuan. Pilih layanan pinjol yang tidak akan melakukan penyebaran data pribadi.

7. Program cicilan memudahkan nasabah

Pilih layanan pinjol yang memberikan kemudahan dalam pembayaran cicilan. Misalnya saja dengan memberikan keringanan pembayaran pokok hingga restrukturisasi bila mengalami kendala finansial.

Kelebihan pinjaman online legal

Sebenarnya ada banyak kelebihan pinjaman online yang bisa dinikmati berbagai kalangan masyarakat. Masing-masing pinjaman online juga memberikan kemudahan dalam pembiayaan. Selain itu, pinjaman online juga kerap menjadi salah satu solusi bagi debitur yang ingin mendapatkan kebutuhan dana secara mendesak. Hal yang paling penting tentu saja setiap calon nasabah harus memilih layanan pinjol legal. Ini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain itu, nasabah juga akan mendapatkan perlindungan bila terjadi intimidasi dari penagihan yang dilakukan. Lakukan pertimbangan dari seluruh persyaratan dan kebijakan yang diterapkan dari layanan pinjol. Berikut ini ada beberapa keuntungan dari pinjol legal yang bisa dipertimbangkan seperti:

1. Mengikuti ketentuan OJK

Salah satu keuntungan dari pinjol legal adalah terikat dengan ketentuan dan peraturan langsung dari OJK. Hal ini akan membuat seluruh perhitungan bunga hingga metode penagihan juga sesuai dengan undang-undang. Selain itu, pinjol yang terdaftar di OJK juga memberikan jaminan terhadap perlindungan data nasabah.

2. Tidak sebar data pribadi

Keunggulan pinjol legal lain yang bisa dipertimbangkan adalah tidak akan menyebar data pribadi milik nasabah ke pihak manapun. Bila terbukti melakukan penyebaran data maka nasabah bisa melaporkan langsung ke APFI dan OJK melalui formulir pengaduan yang tersedia secara online di situs resmi.

Baca Juga:  Rekomendasi Pinjaman Online Terpercaya

3. Jaminan perlindungan nasabah

Banyak pinjaman online legal juga memberikan jaminan perlindungan data nasabah. Hal ini berkaitan dengan proses penagihan yang hanya dilakukan melalui kontak darurat. Selain itu, layanan pinjaman online juga tidak akan mengakses data kontak dari smartphone tanpa persetujuan.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Bagaimana cara mendapatkan pinjol legal?
Cara yang paling mudah adalah dengan mencari di Playstore atau Appstore. Perhatikan rincian dari layanan yang diberikan. Pinjol legal juga akan menyertakan surat resmi terdaftar dan berijin. Calon debitur juga bisa mengakses situs resmi OJK.
Cara mengajukan pinjaman online legal?
Metode pengajuan dari pinjol legal dianggap sangat mudah hanya dengan identitas diri seperti eKTP. Selanjutnya, calon nasabah juga harus mengisi formulir yang telah tersedia. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi foto diri pada kolom yang tersedia.
Berapa nominal dana pinjaman online?
Masing-masing layanan pinjol legal memiliki penawaran yang berbeda. Bahkan, saat ini ada layanan pinjol yang memberikan pinjaman hingga 20 juta untuk tenor hingga 6 bulan.
Apakah pinjol legal sebar data pribadi?
Pinjaman online tidak menyebar data pribadi ke pihak lain. Hal ini sudah diatur pada ketentuan OJK. Calon nasabah bisa melakukan pelaporan kepada APFI hingga OJK bila terdapat pinjol yang melakukan penyebaran data secara ilegal.
Apa kerugian tidak membayar tagihan pinjol legal?
Kerugian yang sangat krusial adalah data SLIK OJK dari nasabah yang menunggak atau gagal bayar masuk kategori kolek 5. Hal ini membuat nasabah itu tidak bisa lagu mengajukan pinjaman melalui lembaga pembiayaan hingga perbankan lainnya.

Penutup

Seluruh tips memilih pinjol legal akan membantu debitur terhindar dari masalah besar. Apalagi banyak pinjaman online legal yang sudah terdaftar di OJK dan masuk APFI. Ini membuat perlindungan data dari nasabah atau debitur juga bisa terjamin. Hal yang paling penting adalah perhitungan bunga dari pinjol legal juga sesuai dengan ketentuan dan peraturan resmi OJK.