Inilah Syarat Mendapatkan Dividen Saham

Syarat Mendapatkan Dividen Saham – Untuk mendapatkan dividen saham pasti ada syarat-syarat yang harus dipenuhi bagi siapapun yang sedang berinvestasi. Namun, terkadang banyak yang belum mengerti apa saja syarat mendapatkan dividen saham karena belum berpengalaman berinvestasi. Oleh karena itu, sebelum mulai melakukan investasi dalam saham ada baiknya Anda mempelajari banyak hal mengenai syarat tersebut dan apapun yang berkaitan dengan investasi.

Pengertian Dividen Saham

Sebelum bisa mendapatkannya, Anda harus mengetahui dengan jelas apa itu dividen saham, karena hal tersebut pastinya akan saling berhubungan dan dibutuhkan saat Anda ingin mulai berinvestasi. Dividen berasal dari kata ‘divide’ yang artinya membagi, maka dividen saham adalah pembagian keuntungan perusahaan bagi semua investornya.

Jumlah dividen yang bisa dibagikan pastinya berdasarkan jumlah keuntungan yang memang dihasilkan oleh perusahaan tersebut dan juga sesuai dengan berapa banyak Anda berinvestasi. Anda bisa menghitungnya semua itu setelah mengetahui cara dan syarat mendapatkan dividen saham.

Jenis Dividen Saham dan Waktu Pembagiannya

Dividen saham juga memiliki beberapa jenis, hal ini pun sangat perlu diketahui agar Anda pun bisa mengetahui dividen saham seperti apa yang akan didapatkan termasuk waktu untuk pembagiannya. Adapun jenis dividen yang perlu diketahui diantaranya adalah dapat berupa :

1. Dana tunai

Anda pasti sudah mengetahui bahwa yang namanya pembagian keuntungan atau dividen pada umumnya ada yang bisa dibagikan secara tunai, dimana pembagian keuntungan tersebut biasanya dilakukan dua kali dalam setahun sekali atau dua kali. Pembagian dana tunai ini biasanya dilakukan secara transfer melalui rekening bank Anda sebagai investor. Dan ini adalah jenis dividen yang paling sering dilakukan.

2. Non Tunai

Jenis kedua yang bisa dipilih untuk pembagian dividen adalah secara non tunai, yaitu dividen dalam bentuk saham. Jenis yang satu ini dilakukan dengan cara dimasukkan dalam portofolio di perusahaan sekuritas.

Selain kedua jenis dividen di atas, ada juga beberapa informasi mengenai waktu pembagian yang akan dilakukan dalam  memberikan dividen selain syarat mendapatkan dividen saham tersebut. Biasanya memang pembagian dividen dilakukan hanya sekali dalam setahun, tapi ada juga menyediakan jenis dividen yang bisa dibagikan lebih dari sekali dinamakan dividen interim. Dengan begitu, Anda harus memperhatikan kapan tepatnya pembagian dividen itu dilakukan.

Syarat Mendapat Dividen Saham

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa mendapatkan dividen saham ada beberapa syarat dan aturannya. Perhatikan syaratnya dan lakukan tahap per tahap secara urut dan benar. Beberapa syarat mendapatkan dividen saham tersebut diantaranya adalah:

1. Pilih Saham

Pertama kali dalam mendapatkan dividen adalah mengetahui dan memilih terlebih dulu saham yang Anda inginkan. Yaitu, jenis saham yang memang rutin memberikan dividen ataupun saham yang yang masuk dalam index IDX.

Karena dalam setahun perusahaan hanya memberikan satu kali dividen atau paling maksimal dua kali, maka Anda perlu memantau emiten atau perusahaan yang akan memberikan dividen pada waktu-waktu tersebut.

2. Lihat Jadwal

Setelah yakin dengan saham yang dipilih, Anda harus memilih jadwalnya. Biasanya jadwal tersebut akan terdapat pada website terkait. Yaitu, websitenya adalah www.ksei.co.id.

3. Catat dan Pahami Tanggal Penting

Dalam melihat jadwal yang dianjurkan pada poin sebelumnya, aka nada beberapa tanggal penting didalamnya. Karena, memang itulah tujuan dalam melihat jadwal tadi. Adapun beberapa tanggal penting tersebut antara lain adalah :

  • Cum Date

Tanggal penting yang disebut cumdate adalah tanggal terakhir Anda sebagai investor dalam membeli saham tertentu. Tanggal ini memang merupakan tanggal ketika Anda berhasil memilih dan membeli saham sebuah perusahaan. Oleh karena itu, saat Anda melakukan proses pembelian saham harus disesuaikan dengan tanggal penting yang satu ini.

  • Ex date

Berikutnya adalah ex date, yaitu merupakan tanggal dimana Anda sudah pernah mendapatkan dividen dari saham tersebut. Jika seorang investor seperti Anda sudah berhasil membeli saham, pastinya waktu untuk Anda mendapatkan dividen yaitu pada tanggal ex date tersebut.

  • Recording Date

Masih ada tanggal penting selanjutnya yaitu recording date, merupakan tanggal pencatatan semua pemilik saham terhadap haknya akan dividen tersebut. Semua data mengenai hal yang berhubungan dengan pendapatan dan pembagian dividen akan dicatat pada tanggal tersebut. Sebagai seorang investor, memang sudah seharusnya tanggal ini menjadi tanggal yang sangat penting bagi Anda yang ingin mendapatkan dividen.

  • Pay Date

Terakhir adalah pay date adalah tanggal pembayaran dividen saham tersebut. Dimana investor mendapatkan bayaran dividennya pada tanggal yang disebutkan tadi. Perusahaan pastinya akan sangat tepat waktu dalam melakukan pembayaran, sehingga tanggal ini tidak akan meleset dan harus selalu diingat dan dicatat oleh setiap investor.

4. Lakukan Pembelian Saham

Hal terakhir yang perlu dilakukan tentunya adalah pembelian saham, karena bagaimana anda bisa mendapatkan dividen jika Anda tidak memiliki saham dan segera melakukan pembelian. Itulah yang menjadi syarat pembagian dividen saham paling utama.

Itulah beberapa syarat mendapatkan dividen saham beserta beberapa penjelasan penting lainnya seputar pembagian dividen tersebut. Jangan lupakan semua hal penting tersebut, terutama setiap tanggal penting tadi.

Menginvestasikan Ulang Dividen Saham dan Hasilnya

Jika Anda sudah memahami seluk beluk mengenai jenis dividen dan apa yang akan didapatkan, ada baiknya dan sangat disarankan agar dividen tersebut bisa diinvestasikan ulang. Karena, tentunya hasil tersebut akan menjadi berlipat-lipat sebagai keuntungan Anda.  Apapun pilihan Anda mengenai cara pembayaran dividennya, jika hal itu diinvestasikan kembali tentunya akan membuahkan hasil. Ada dua macam hasil yang akan diperoleh dari dividen yang diterima adalah:

1. Dividend Payout Ratio (DPR)

Hasil yang pertama ini dapat menggambarkan seberapa besar Anda mendapatkan dividen dari perusahaan yang bersangkutan, bahkan jika dibandingkan dengan laba bersih perusahaan tersebut. Atau biasa disebut juga dengan dividen per lembar saham.

2. Dividend Yield

Berikutnya adalah dividend yield, yaitu merupakan tingkat keuntungan dividen dibandingkan dengan harga saham perusahaan saat itu.

Adapun tujuan dari reinvestasi dividen atau investasi ulang dividen yang Anda dapat adalah untuk mendapatkan penghasilan pasif tanpa harus bekerja. Sehingga, bisa dijadikan simpanan hari tua. Cara menginvestasikannya adalah dengan memasukkan pada saham yang sama atau digabungkan dengan saham lainnya. Cara melihat jadwal dan langkah-langkahnya juga sama dengan tahap pertama yang Anda lakukan sebelumnya, dimana Anda masih melihat jadwal yang sama pada website yang sama.

Jika Anda tidak berani bermain saham sebagai bentuk investasi, maka lakukan cara investasi lainnya seperti reksadana dengan berbagai jenis reksa dana. Tentunya dengan mengikuti dari awal tahap melakukan investasi reksa dana seperti Anda mengikuti tahap pembelian saham ini.

Semua penjelasan di atas merupakan gambaran singkat bagaimana Anda bisa mendapatkan dividen saham beserta syarat lengkap dan hasilnya. Informasi ini cukup bisa Anda jadikan pedoman sebagai seorang investor ke depannya.