Contoh Surat Lamaran Kerja Kesekolah Untuk Tenaga Pendidik

Seperti surat resmi lainnya, membuat surat lamaran juga memiliki polanya sendiri. Seperti contoh surat lamaran kerja kesekolah yang ada di sini. Penting diinformasikan bahwa pelamar memiliki kualifikasi seperti yang disyaratkan.

Semua instansi termasuk instansi pendidikan membutuhkan surat lamaran untuk mengetahui profil singkat calon tenaga kerjanya dan kualifikasi yang dimilikinya. Bisa dikatakan bahwa surat lamaran adalah gerbang pertama agar bisa diterima di sekolah. Oleh karena itu pencari kerja perlu memerhatikan urgensi menulis surat ini.

Struktur dan Format Surat

Ketika menulis surat lamaran kesekolah, pencari kerja perlu memerhatikan bagaimana struktur dan formatnya. Meskipun demikian, pada dasarnya struktur dan format surat lamaran kesekolah tidak jauh berbeda pada surta lamaran pada umumnya.

Hal yang membedakan nantinya adalah pada kualifikasi yang dicantumkan. Pelamar harus memperhatikan hal ini agar tidak keliru dalam menulis surat lamaran. Agar tidak keliru, pencari kerja bisa melihat contoh surat lamaran kerja kesekolah. Secara umum berikut format penulisan surat lamaran kerja kesekolah:

  • Tempat dan tanggal surat ditulis
  • Nama dan alamat penerima surat.
  • Salam pembuka.
  • Paragraf pembuka. Isi paragraf ini adalah dari mana pencari kerja mendapat informasi dan niat untuk menjadi bagian dari tenaga yang dibutuhkan.
  • Isi surat berisi tentang profil diri dan kualifikasi yang dimiliki.
  • Pemberitahuan dokumen yang dilampirkan.
  • Bagian penutup. Mengucapkan terima kasih dan harapan agar bisa diterima.
  • Salam penutup, tanda tangan, dan nama lengkap.

Tips Penting Membuat Surat Lamaran ke Sekolah

Seperti yang diperlihatkan dalam contoh surat lamaran kerja kesekolah berikut, yang sedikit membedakan adalah kualifikasi yang diinformasikan. Karena pekerjaan di sekolah memiliki kualifikasi berbeda dengan yang lain.

1. Kualifikasi yang Sesuai

Tidak semua orang mampu menjadi guru. Karena itu kemampuan istimewa ini harus diinformasikan. Perbedaan tingkatan pendidikan yang akan diajarkan juga mempengaruhi. Misalnya guru pendidikan usia dini akan berbeda kualifikasinya dengan pendidikan menengah.

2. Memiliki Semangat

Mendidik murid memang tidak mudah dan banyak tantangannya. Tapi dengan semangat mendidik, ini akan menjadi nilai lebih.

3. Bukti Prestasi yang Berkaitan

Misalnya sertifikat pendidikan, pelatihan, atau sejenisnya. Khususnya yang berkaitan dengan posisi yang dilamar.

Contoh Surat Lamaran Posisi Guru

Hal yang penting diperhatikan adalah pemberian informasi singkat namun padat mengenai kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang dilamar.

{nama kota}, (tanggal surat dibuat}

Perihal : Lamaran Posisi Guru

Kepada Yth:

Kepala Sekolah {nama sekolah}

{alamat sekolah}

Dengan hormat,

Menindaklanjuti informasi dari {sebutkan sumber informasinya}, dengan ini saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi Guru {sebutkan mata pelajaran yang akan diajarkan} tersebut. Data diri singkat saya adalah:

Nama                              :

Jenis kelamin                :

Tempat/Tanggal lahir :

Alamat                            :

Pendidikan terakhir    : {jurusan dan nama institusi pendidikan}

No. Telepon                   : {nomor yang mudah dihubungi}

Email                              : {alamat email}

Selain pendidikan yang saya jalani, saya juga telah memiliki pengalaman mengajar {sebutkan nama pelajaran} selama {sebutkan lamanya}. Kemudian juga telah mengikuti pelatihan tambahan sebagai guru dan sudah terbiasa menggunakan komputer.

Saya lampirkan data lengkap untuk bahan pertimbangan:

  • Curriculum Vitae & Foto 3×4 (1 lbr).
  • KTP (copy).
  • Ijazah dan Transkrip Nilai (copy).
  • SKCK (copy).
  • Referensi kerja.
  • Sertifikat pelatihan atau kursus atau seminar.

Sekian surat permohonan ini saya buat dengan sejujurnya. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian yang diberikan dan sangat berharap untuk dapat dipanggil wawancara agar bisa menjelaskan kualifikasi saya dengan lebih rinci.

Hormat saya,

{tanda tangan}

{nama lengkap}

Contoh Surat Lamaran Posisi Guru Honorer

Sedikit berbeda dengan contoh surat lamaran kerja kesekolah yang sebelumnya. Bagian ini adalah untuk posisi guru honorer. Biasanya ini disebabkan karena pelamar masih kuliah atau jika memang pelamar ingin mengabdikan diri di dunia pendidikan.

{nama kota}, (tanggal surat dibuat}

Perihal : Lamaran Posisi Guru

Kepada Yth:

Kepala Sekolah {nama sekolah}

{alamat sekolah}

Dengan hormat,

Menindaklanjuti informasi dari {sebutkan sumber informasinya} mengenai kebutuhan Guru Honorer {sebutkan mata pelajaran yang akan diajarkan}, dengan ini saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama                              :

Jenis kelamin                :

Tempat/Tanggal lahir :

Alamat                            :

Pendidikan terakhir    : {jurusan dan nama institusi pendidikan}

No. Telepon                  : {nomor yang mudah dihubungi}

Email                              : {alamat email}

Saat ini saya masih menjalani kuliah di {sebutkan nama institusi pendidikan} pada semester {sebutkan}. Namun saya sudah memiliki pengalaman magang sebagai pengajar {sebutkan nama mata pelajaran} selama {sebutkan waktunya}.

Berikut adalah data pribadi yang saya lampirkan:

  • Curriculum Vitae & Foto 3×4 (1 lbr).
  • KTP (copy).
  • SKCK (copy).
  • Surat referensi kerja atau magang.
  • Keterangan kuliah.
  • Sertifikat pelatihan atau kursus atau seminar.

Sekian surat permohonan ini saya buat dengan sejujurnya. Dengan harapan untuk mendapatkan panggilan wawancara agar bisa menjelaskan pengalaman dan kemampuan saya dengan lebih rinci. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan pertimbangan yang diberikan.

Hormat saya,

{tanda tangan}

{nama lengkap}

Contoh Surat Berbahasa Inggris

Jika institusi sekolah yang ingin dilamar adalah sekolah internasional atau yang memang menggunakan standar bahasa Inggris, tidak ada salahnya menggunakan bahasa yang sama untuk membuat surat seperti contoh surat lamaran kerja kesekolah berbahasa Inggris ini. Khususnya berguna jika posisi yang dilamar memang sebagai pengajar Bahasa Inggris.

{nama kota}, {tanggal surat dibuat}

Attention to:

The Principal of {sebutkan nama sekolah}

{tuliskan alamat}

Dear Sir or Madam,

Based on the information I read at {sebutkan sumber informasinya}, herewith I would like to apply for the position of {sebutkan posisi yang dilamar}.

My name is {sebutkan nama lengkap}, {sebutkan usia} years old. At the moment I am still studying at {sebutkan nama institusi pendidikan} in my {sebutkan semester ke berapa} semester. Majoring in {sebutkan jurusan yang diambil.}

I have an experience in teaching {sebutkan pengalaman singkat} for {sebutkan waktunya}. With all the qualifications I have, I am sure that I can make a good contribution to this school and the children that study here. For your consideration, I attached some of my documents, that is:

  • Curriculum Vitae & Photo 3×4 (1 sheet).
  • Copy of Transcript.
  • Work reference.
  • Certificate {bisa pelatihan atau kursus}.

I very much hope to get an interview to explain my qualifications. Waiting to hear from you soon. Thank you very much for your kind attention and consideration.

Sincerely,

{tanda tangan}

{nama lengkap}

Jika pelamar sudah menyelesaikan pendidikannya, maka paragraf kedua bisa dan ketiga diganti dengan menyebutkan seperti berikut:

My name is {sebutkan nama lengkap}, {sebutkan usia} years old. I am a graduate from {sebutkan nama institusi pendidikan} majoring in {sebutkan jurusan yang diambil}. With GPA {sebutkan nilai IPK}.

I have an experience in teaching {sebutkan pengalaman singkat} for {sebutkan waktunya}. In addition, I am also quite fluent in English and have good communication skills.

Membuat surat lamaran memang tidak selalu mudah. Khususnya mencantumkan kualifikasi yang terkait dengan posisi yang diinginkan. Contoh surat lamaran kerja kesekolah ini bisa membantu. Tinggal dikembangkan sesuai keinginan dan kualifikasi yang ingin diperlihatkan.

 

Artikel Terkait