Catat Dan Pahami Cara Membeli Saham Di Ajaib Yang Terpercaya Dan Teraman Oleh OJK

Beberapa tahun terakhir, investasi digital semakin populer di kalangan anak muda. Salah satu aplikasi itu adalah Ajaib. Aplikasi ini mudah didapat karena tinggal menginstalnya di gawai atau laptop. Ajaib tidak hanya menyediakan para trader untuk membeli reksadana melainkan juga investasi .

Aplikasi ini sudah terjamin aman dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ajaib memberi kemudahan pendaftaran diri bagi para pemula melalui pendaftaran online sehingga Anda bisa langsung membeli saham di Ajaib.

Cara Mendaftar Diri di Aplikasi Ajaib

Sebelum Anda membeli saham di Ajaib, ketahui cara pendaftarannya agar Anda bisa langsung memulai investasi, sebagai berikut:

  1. Install aplikasi Ajaib di ponsel Anda melalui aplikasi Store bawaan. Ketik “Aplikasi Ajaib” dan pastikan Anda menginstal aplikasi yang resmi untuk reksadana dan saham digital;
  2. Setelah instalasi selesai, selanjutnya Anda bisa membuka rekening saham untuk pendaftaran diri. Data yang dibutuhkan adalah KTP, nomor telepon aktif, alamat email aktif, membuat password atau kata sandi akun. Jika sudah terisi semua, Anda tinggal mengeklik “Daftar”;
  3. Anda akan menerima email konfirmasi pendaftaran dari pihak aplikasi Ajaib. Setelah itu, masuk ke aplikasi ajaib lalu pilih item “Buka Akun Saham” yang berada di pojok kiri atas tampilan. Ada jenis investasi yang tersedia, yakni “Reksadana” dan “Saham”. Pilih sesuai keinginan Anda;
  4. Anda diminta mengisi formulir pendaftaran sebagai syarat pembuatan “Rekening Saham” dan “Rekening Dana Nasabah (RDN)” seperti mengisi data diri NIK, pendidikan terakhir, dan data lainnya. Selain itu, Anda juga diminta mengisi profil investor seperti penghasilan tiap bulan, gaya dan pengalaman investasi, dan sebagainya. Tunggu verifikasi data dari pihak Ajaib selama kurang lebih 1×24 jam.
Baca Juga:  Anti Ribet, Begini Cara Nabung Saham Di BCA Sekuritas!

Itulah cara pendaftaran di Ajaib yang mudah dilakukan. Pasti Anda berpikiran bagaimana cara membeli saham di Ajaib bagi para pemula? Aplikasi ini cocok bagi para pemula untuk belajar investasi saham.

Cara Membeli Saham di Ajaib

Jika Anda bingung karena merasa pemula tentang bagaimana cara membeli saham di ajaib, Anda bisa memperhatikan langkah di bawah ini. Simak penjelasannya:

  1. Lakukan Top Up RDN Anda dulu. Setelah saldo terisi, selanjutnya Anda langsung pilih saham yang diinginkan di menu “Watchlist Saham”;
  2. Pilih saham emiten yang sudah terdaftar dan tersedia beserta informasi lengkapnya di ajaib sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui banyak hal sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli saham di ajaib.

Anda juga bisa mencari emiten saham sesuai kebutuhanmu dengan mengetik laman “Cari” lalu pencet tombol “Lihat Semua”. Jika sudah, Anda tinggal menggeser ke kanan pada nama saham yang diinginkan sampai muncul opsi dan tekan tombol “Pilih”;

  1. Selanjutnya adalah memasukkan “Jumlah Lot Saham” yang ingin dibeli dengan masuk ke halaman “Order Book” di mana Anda bisa mengeklik harga yang sesuai atau memasukkan jumlahnya sesuai kehendakmu;
  2. Jika sudah memasukkan jumlahnya, Anda tinggal melakukan konfirmasi pembelian di sebelah kanan bawah pada halaman “Order Book” lalu klik tombol “Beli” atau “Ok” untuk menyudahi order.

Cukup mudah bukan cara membeli saham di ajaib. Pastikan sebelumnya Anda sudah mempertimbangkan dan memperhitungkan saham mana yang akan dibeli. Apa saja yang perlu Anda ketahui sebagai pemula di dunia saham agar pembelian saham di ajaib bisa tepat.

Pembelian Saham yang Tepat bagi Pemula

Bagaimana cara membeli saham di ajaib yang tepat bagi pemula agar tidak mengalami banyak kerugian dan resiko yang dihadapinya? Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh sebelum akhirnya Anda siap memasuki dunia saham di ajaib.

Baca Juga:  Jangan Salah Pilih! Inilah Cara Membeli Saham Luar Negeri Yang Aman

1. Belajar dan Pahami Ilmu Dasar Saham

Alangkah baiknya Anda mesti berbekal ilmu dan pengetahuan tentang saham. Ini penting dalam dunia saham karena akan banyak resiko, di samping ada keuntungan, yang akan dihadapi. Artinya, jika keuntungan semakin besar, maka resiko yang dihadapi juga besar pula.

2. Menentukan Perusahaan Sekuritas

Penentuan perusahaan sekuritas yang nantinya akan berperan sebagai perantara Anda dalam jual-beli saham adalah hal penting. Perusahaan ini membantu Anda dalam pembukaan rekening saham di BEI dan bermain saham. Pastikan Anda tidak salah memilih perusahaan yang terpercaya.

3. Pemilihan Saham

Sebelum membeli, pilihlah jenis saham perusahaan yang akan diincar. Bagi para pemula biasanya memilih saham yang lebih stabil dan tidak begitu mudah mengalami kerugian seperti “Saham Blue Chip”. Jenis saham ini memiliki harga saham yang tinggi sehingga Anda bisa mempertimbangkan dengan membeli saham dengan modal terbatas untuk memulai investasi.

4. Pembelian Saham

Anda bisa langsung melakukan transaksi melalui aplikasi seperti ajaib. Pakailah aplikasi trading atau investasi yang aman dan terpercaya yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

5. Monitoring Pasar

Meski sudah membeli saham, Anda mesti memonitoring pasar saham secara berkala yang biasanya mudah berubah sebab pengaruh kondisi ekonomi, politik, keamanan, dan lainnya.

Patut dipelajari agar ketika masuk dalam dunia investasi, Anda tidak akan mengalami banyak kerugian. Jika sudah punya bekal ilmu saham, Anda bisa mencoba pembelian saham perusahaan yang sudah melantai di bursa melalui aplikasi ajaib.

Cara Membeli Saham di Ajaib pada Perusahaan yang Lama Melantai

Dengan membeli saham perusahaan yang lama melantai ini bisa menjadi awal pembelajaran Anda dalam dunia investasi digital. Untuk itu, ketahui cara yang harus ditempuh dan berikut ulasannya:

  1. Buka rekening saham di ajaib dengan memilih perusahaan sekuritas seperti Ajaib Sekuritas yang sudah terpercaya dan terdaftar di OJK serta mengantongi izin sebagai Perantara Pedagang Efek (PPE) dan tercatat di BEI;
  2. Setor deposit awal dengan besaran yang dipilih mulai dari 100 ribu sampai 5 juta lebih. Setoran ini akan masuk dalam Rekening Dana Investor (RDI) milikmu;
  3. Lakukan monitoring secara berkala terkait informasi saham perusahaan dengan analisis fundamental untuk mengetahui kondisi perusahaan melalui laporan keuangan agar mengetahui perusahaan tumbuh dan menguntungkan atau tidak.
Baca Juga:  Jenis Saham Batu Bara Terbaik Dan Kenali Tips Memulainya

Lakukan juga analisa teknikal dengan mengamati pergerakan harga saham karena berpengaruh pada keputusan transaksi pembelian atau penjualan saham. Serta pahami resiko eksternal yang disebabkan kondisi ekonomi, politik, dan nilai tukar;

  1. Anda bisa melakukan diversifikasi untuk memperoleh return lebih baik dan resiko lebih rendah dengan membeli beberapa saham perusahaan. Anda bisa membagi dana untuk membeli 2 atau 3 jenis saham dengan alasan kemungkinan untung meski terdapat salah satu rugi;
  2. Mengecek likuiditas saham dapat meminimalisir resiko yang akan terjadi. Periksa likuiditas saham perusahaan yang bakal dibeli agar Anda bisa meraup keuntungan dalam berinvestasi

Itulah cara yang tepat bagi pemula dengan memakai perusahaan sekuritas terpercaya seperti Ajaib Sekuritas. Dengan begitu, keuntungan investasi terbuka lebar untuk Anda dapatkan.

Artikel Terkait