Cara Bermain Saham Di Mandiri Sekuritas, Mudah Dan Aman

Sickforprofit.com – Kini bermain saham bisa dengan mudah dilakukan. Bahkan oleh awam sekalipun karena telah tersedia berbagai aplikasi investasi saham. Baik yang milik BUMN, swasta maupun asing. Salah satunya adalah Mandiri Sekuritas yang menyediakan  aplikasi MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading).

Cara Bermain Saham di Mandiri Sekuritas

Sebelum membeli saham maka perlu memiliki perusahaan sekuritas guna pembukaan akun rekening saham dulu yang akan digunakan untuk transaksi jual beli saham. Mandiri sekuritas adalah broker dan perusahaan pialang saham milik Bank Mandiri yang telah mendapat ijin resmi dari Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) juga telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyediakan produk berupa Saham, dan obligasi, jiga IPO dan supermarket Reksadana serta menyediakan training dan  analisa harian secara gratis yang bisa diakses melalui MOST, aplikasi investasi sahamnya.

Keuntungan menggunakan MOST

PT Mandiri Sekuritas menyediakan aplikasi MOST yang bisa diinstall pada perangkat android maupun iOS. Dengan Investasi Saham di MOST maka akan bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut.

  • Kemudahan yang praktis dan hemat waktu, jadi tak perlu datang ke Mandiri Sekuritas terdekat untuk bertransaksi, cukup lewat aplikasi MOST saja.
  • Dividen, yakni pembagian keuntungan dari laba perusahaan yang sahamnya dibeli.
  • Capital Gain, yakni keuntungan yang diperoleh ketika menjual saham lebih tinggi daripada harga belinya.

MOST Syariah

Ada juga Mandiri Sekuritas Syariah yang bisa diakses melalui MOST Syariah, guna melakukan transaksi jual beli saham syariah. Saham syariah ialah efek dalam bentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal, sebagai tanda bukti kepemilikan atas sebagian perusahaan yang dijalankan dengan mempertahankan kaidah syariah. Beberapa kriteria untuk bisa disebut sebagai Saham Syariah yang diluncurkan oleh Mandiri Sekuritas adalah antara lain sebagai berikut.

Aktivitas kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan tidak bertentangan dengan prinsip dan kaidah syariah

Maksimal total uang merupakan 45% dari total aset

Maksimal total pendapatan non halal atau non syariah ialah 10% dari total pendapatan usaha perusahaan.

Saham telah terdaftar pada Daftar Efek Syariah (DES)

Cara Daftar dan Pembukaan Rekening Mandiri Sekuritas

Terdapat dua cara yang bisa dipilih yaitu daftar mandiri sekuritas secara online atau daftar secara offline. Berikut ini cara daftar mandiri sekuritas tersebut.

1. Cara Daftar dan Pembukaan Akun Rekening Mandiri Sekuritas Secara Online

Sangat mudah dan cepat, jika segala dokumen persyaratannya telah disiapkan.  Beberapa berkas untuk keperluan verifikasi data tersebut antara lain sebagai berikut.

  • foto eKTP
  • Swafoto diri memegang eKTP
  • foto NPWP
  • Foto halaman depan buku rekening tabungan Mandiri
  • Lalu buka dan masuk ke website resmi MOST yaitu www.most.co.id/register
  • Kemudian mendaftar pembukaan akun saham lewat aplikasi pembukaan rekening
  • Selanjutnya tinggal isi dan upload dokumen yang diperlukan
  • Lalu tunggu pemberitahuan hasil verifikasi dokumen melalui WA dan Video Call yang dilakukan oleh petugas call center Mandiri Sekuritas dan dikirimkan form pembukaan rekening melalui email
  • Berikutnya cetak dokumen pembukaan rekening dari email tersebut.
  • Isi dan kemudian kirimkan dokumen ke kantor Mandiri Sekuritas terdekat tak harus yang ada di Jakarta. Bisa di cek lewat web alamat kantor cabang terdekatnya.
  • Lalu sesudah mendapat Rekening Dana Nasabah (RDN) serta Rekening Efek (RE), maka kemudian sudah bisa untuk mulai berinvestasi.

2. Cara Daftar dan Pembukaan Akun Rekening Mandiri Sekuritas Secara Offline

Caranya dengan membawa seluruh kelengkapan dokumen berikut.

  • Fotokopi KTP atau Paspor
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi halaman depan buku tabungan
  • ke kantor cabang Mandiri Sekuritas terdekat. Lalu isi berkas formulir berikut.
  • Formulir Pembukaan Rekening Efek
  • Formulir Mandiri Tabungan Investor
  • Kemudian tinggal tunggu proses verifikasi guna pembukaan rekening Mandiri Sekuritas sekitar selama 4 hari kerja hingga 7 hari kerja.

Cara Transfer ke Rekening Mandiri Sekuritas

Deposit awal di MOST, Mandiri Sekuritas, bisa dilakukan secara setor tunai saat melakukan pembukaan rekening di kantor cabang terdekat atau lewat transfer bank. Sebelumnya pilih jenis akun sahamnya yakni akun Reguler, atau Syariah, atau Full Service. Sedangkan syarat minimal setoran bagi mahasiswa ialah 2 juta Rupiah, bagi nasabah umum ialah 5 juta Rupiah, kalau ingin Full Service maka setoran awal minimal 100 juta Rupiah.

Biaya atau Fee Mandiri Sekuritas

Besaran biaya atau fee untuk Mandiri Sekuritas ialah sebagai berikut.

  • Fee Beli Saham sebesar 0,18% per transaksi ataupun minimal minimum fee 5 ribu Rupiah per hari.
  • Fee Jual Saham sebesar 0,28% per transaksi ataupun minimal minimum fee 5 ribu Rupiah per hari
  • Bagi akun Regular maka jika melakukan transaksi sendiri tanpa bantuan dari broker baik lewat aplikasi ataupun web maka fee beli nya ialah 0,18% dan fee jual nya ialah  0,28%.
  • Khusus bagi akun Full Service jika melakukan kombinasi layanan transaksi saham online dan konvensional dengan bantuan broker maka fee beli nya ialah 0,25% dan fee jual nya ialah 0,35%.

Cara Main Jual dan Beli Saham di MOST Mandiri Sekuritas

Proses jual beli saham dapat dilakukan lewat MOST Mandiri Sekuritas. Telah tersedia fitur sebagai berikut.

1. Order Book

Guna melihat antrian transaksi (volume Bid) dan antrian transaksi jual (Offer) bagi tiap harga Bid dan Offer yang ada di bursa. Dapat diketahui harga tertinggi dan harga terendah dari suatu sesi perdagangan.

2. Stock Search

Guna memilih saham dengan cara mengetikkan ticker saham yang dicari.

3. Order List

Guna melihat status order transaksi yang telah dilakukan. Pada order list dapat dilakukan perubahan jumlah dan harga, maupun bisa juga untuk membatalkan orderan selama order tersebut masih dalam status Open atau Partially Match.

4. Order Form

Guna melakukan antrian pembelian atau penjualan saham setelah mengisi beberapa parameter seperti berikut:

  • Stock Code, yaitu Kode saham yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia
  • Action Buy, untuk perintah transaksi Beli
  • Price Harga Saham sesuai nominal yang diinginkan
  • Quantity, yakni jumlah saham yang ingin dibeli atau dijual
  • Submit, yaitu tombol untuk order transaksi

Settlement Transaksi Saham

Perlu dipahami mekanisme penyelesaian jual beli saham serta timing atau waktu investor harus menyetor dananya ke rekening. Proses transaksi di bursa saham tidak harus dilunasi harga pembelian saham nya bersamaan pada saat transaksi dilakukan. Perusahaan sekuritas akan memberikan Trading Limit Reguler, yakni berupa 3x cash ditambah dengan 2x portfolio. Sehingga dapat dilakukan transaksi tanpa perlu harus setor seluruh nilai total transaksi yang masih dalam batasan trading limit dulu. Akan ada waktu hingga 2 hari guna menyelesaikan kewajiban transaksi tersebut.

Lalu apabila dalam jangka waktu maksimal 2 hari kewajiban tersebut tidak ditunaikan, maka akan terjadi Suspended Buy atau Forced Sell. Suspend Buy adalah kegagalan transaksi dan Forced Sell adalah pemaksaan jual. Guna menghindari terjadinya Forced Sell dan Suspended Buy tersebut maka perlu dilakukan hal sebagai berikut.

Persiapkan modal yang cukup sebelum melakukan transaksi beli saham

Ikut transaksi margin yakni cara untuk mengambil program hutang.

Mandiri Sekuritas menyediakan fasilitas tersebut. Bisa hubungi 14032 guna penjelasan lebih lanjut.

Artikel Terkait