Asuransi Syariah Atau Konvensional? Mana yang Lebih Baik?

Hingga saat ini masih banyak yang bingung dalam memilih asuransi. Masih banyak yang bingung memilih asuransi syariah atau memilih asuransi konvensional? Mengenai hal ini, bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang fanatik tentu akan lebih memilih asuransi syariah dibandingkan dengan asuransi konvensional, bahkan bisa dikatakan asuransi konvensional itu haram.

Banyak yang berpendapat bahwa asuransi konvensional memiliki gharar di dalamnya. Dimana tidak diketahui siapa yang akan diuntungkan atau dirugikan pada akhir masa asuransi di kemudian hari. Selain itu, ada riba yang hukumnya subhat atau redup. Bahkan asuransi konvensional pun memiliki kelebihan. Salah satu pihak membayar sejumlah kecil properti untuk mendapatkan lebih banyak properti dengan cara keberuntungan. Jika ada kecelakaan, sakit, kebakaran atau yang lainnya, Anda akan tetap mendapatkan harta yang dijanjikan, jika tidak, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Jadi, apakah harus sakit dan kecelakaan dulu untuk mendapatkan hak yang sudah dibayarkan? Tentu saja tidak benar

Oleh karena itu, masyarakat di era modern ini lebih percaya dengan asuransi syariah dibandingkan dengan asuransi konvensional dan berikut alasannya.

Alasan Banyak Orang Memilih Asuransi Syariah

Mengapa lebih banyak orang memilih asuransi syariah? Ada beberapa alasan mengapa banyak orang lebih memilih asuransi syariah, antara lain:

  1. Adanya DPS atau Dewan Pengawas Syariah

Asuransi Syariah memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang bertugas mengawasi seluruh produk yang dipasarkan dan pengelolaan dana investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi. Tentunya nasabah semakin yakin untuk menunjuk asuransi syariah sebagai perlindungan yang tepat. Ini karena dewan pengawas tidak ada di asuransi konvensional. Dewan pengawas akan menghukum perusahaan asuransi yang melakukan proses yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. DPS merupakan jaminan kepercayaan bagi setiap orang yang menerima asuransi syariah.

  1. Assurance, Syariah, sistemnya saling membantu
Baca Juga:  Hukum Saham Dalam Islam

Asuransi syariah memiliki sistem yang lebih manusiawi dan meringankan beban nasabahnya yang dilandasi dengan saling tolong menolong. Konsep yang diterapkan adalah sistem donasi atau donasi. Artinya, Anda dapat menyumbangkan sebagian atau seluruh kontribusi Anda kepada orang lain atau nasabah asuransi syariah yang mengalami musibah. Kemudian dana Anda akan diproses oleh perusahaan asuransi untuk disalurkan kepada nasabah yang mengalami musibah. Tentu hal-hal tersebut tidak dapat kita temukan pada asuransi konvensional. Jadi, dalam asuransi syariah, tugas perusahaan asuransi hanya mengelola dana hibah untuk nasabah yang membutuhkan.

Demіkіan sedіkіt іnformasі yang kalі іnі bіsa kamі berіkan untuk Anda mengenaі Alasan Lebih Banyak Orang Memilih Asuransi Syariah. Semoga menjadі sebuah іnformasі yang bermanfaat.