Menіngkatkan Kesehatan Mental Dengan Tabungan, Anda Berkenan?

Apa pendapat Anda tentang menabung? Alat untuk menambah kantong kekayaan atau mungkin hanya beban yang membebani? Jika Anda termasuk orang yang bodoh, mungkin Anda akan keberatan dengan menabung, namun bagi Anda yang peduli dengan masa depan, menabung adalah sesuatu yang harus dilakukan, bukan sesuatu yang membebani Anda.

Seperti yang Anda ketahui, menabung itu penting. Jika Anda adalah orang yang terbiasa menabung, tentunya Anda akan dapat merasakan efek psikologis dari menabung. Dan jika Anda belum mulai menabung, alasan kesehatan mental yang diungkapkan psikolog tentang menabung bisa menjadi dorongan untuk Anda! Apa alasan kesehatan mental?

Alasan Kesehatan Mental Dari Budaya Menabung

Ada beberapa alasan kesehatan mental yang bisa Anda temukan dalam budaya menabung. Apa pun? Alasan pertama untuk menabung yang bisa Anda peroleh antara lain…

Menumbuhkan Rasa Disiplіn

Tabungan di bank yang setiap bulannya meningkat dengan jumlah yang sama tidak terjadi begitu saja tanpa perencanaan yang matang. Anda harus berhati-hati tentunya karena semua aspek kehidupan di sekitar Anda sangat konsumtif.

Misal kalau pakai kartu kredit mau beli apa saja tinggal swipe aja kalau sudah tergiur. Jika itu masalahnya, beberapa orang mungkin akan mengatakan tidak. Namun, berbeda dengan mereka yang terbiasa menabung, mereka akan dibayar lebih banyak untuk tabungannya sendiri. Selain menumbuhkan jiwa yang dewasa, manfaat psikolog lain dari menabung adalah…

Memberikan Kedamaian Pіkіran

Menabung memang memberikan ketenangan. Dengan menabung, banyak dana cadangan yang dimiliki, sehingga jika sewaktu-waktu ada pengeluaran yang tidak terduga, dana cadangan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

Bayangkan jika Anda bukan orang yang terbiasa menabung dan suatu saat terjadi sesuatu yang mengharuskan Anda menggunakan uang ekstra? Bagaimana jika Anda tidak memiliki dana cadangan? Tentunya Anda akan terlilit hutang jika sudah terlanjur merasa was-was dan tentunya tidak akan mendapatkan ketenangan hati karena memang ketenangan jiwa hanya akan tersedia bagi yang memiliki dana cadangan.

Baca Juga:  3 Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal Untuk Pelajar

Menabung Meningkatkan Kepercayaan Diri Anda

Betulkah? Ya, karena tabungan Anda bisa digunakan untuk mengidentifikasi kesuksesan finansial Anda dan jika sudah terkumpul cukup banyak, Anda bisa menggunakan dana tabungan untuk sesuatu yang lebih baik, misalnya untuk modal usaha. Dengan begitu, akan ada dua sumber pendapatan yang akan Anda temukan. Menyenangkan bukan?

Kebebasan

Jika memang Anda termasuk orang yang konsumtif, maka ada kemungkinan di kemudian hari Anda akan mengalami potensi utang. Baik itu utang kredit, utang konsumen atau utang lain yang memungkinkan. Karena itu, jika memang tidak ada hal yang mendesak, coba alihkan belanja yang tidak perlu ke dalam tabungan bulanan Anda. Efeknya Anda akan menjadi orang yang lebih bebas di masa depan karena ada dana untuk masa depan Anda. Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih asertif!!

Menjadi Lebih Tegas

Jika memang Anda sudah memiliki tingkat kepercayaan diri terhadap tujuan masa depan Anda, maka bisa dipastikan Anda bisa menjadi pribadi yang lebih asertif atau tegas. Artinya, Anda dapat membuat keputusan strategis untuk masa depan Anda.

Jadi cobalah untuk mengubah kebiasaan Anda dan cobalah untuk menyadari sekarang, Anda telah menjadi orang yang menerapkan perencanaan keuangan. Coba pikirkan tentang tabungan, asuransi dan segala macam yang berhubungan dengan masa depan Anda.