Broker Saham Terbesar Di Indonesia Yang Aman Untuk Berinvestasi

Broker Saham Terbesar Di Indonesia – Investasi merupakan salah satu indikator yang cukup penting dalam menentukan pembangunan ekonomi nasional. Pertumbuhan ekonomi haruslah didukung oleh ketersediaan broker saham yang terdaftar dan diakui oleh undang-undang.

Perkembangan dunia investasi di Indonesia

Pertumbuhan investasi pada tahun 2021 meningkat sekitar 4,2 % dibandingkan tahun lalu. Apabila dibandingkan dengan triwulan I tahun 2020 sebelumnya meningkat hingga sebesar 2,4%. Hal ini disampaikan oleh Kepala BKPM dalam siaran pers realisasi investasi triwulan I pada tahun 2021. Capaian ini berhasil meningkatkan nilai investasi hingga Rp. 219,7 triliun.

Pertumbuhan investasi pada tahun 2021 menunjukkan adanya keberhasilan dalam realisasi investasi asing yang menunjukkan kemajuan sebesar 50,8%. Kemajuan ini tentu saja sejalan dengan meningkatnya rasa kepercayaan masyarakat terhadap dunia investasi di Indonesia. Hal ini tentu saja perlu diapresiasi atas kerjasama seluruh pihak yang berkaitan, mengingat indonesia masih mengalami krisis akibat dari pandemi Covid-19.

Pertumbuhan ekonomi biasanya selalu dikaitkan dengan keadaan iklim yang subur pada suatu negara. Sehingga apabila dilihat lebih jauh terdapat potensi besar yang menjadikan indonesia salah satu negara yang menjadi tujuan utama berinvestasi. Hal ini mengingat bahwa indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya.

Oleh karena itu harapan pemulihan ekonomi nasional selalu ditingkatkan dari sektor investasi karena pada dasarnya investasi merupakan akar dari segala upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Peran investasi dalam pertumbuhan ekonomi nasional

Pertumbuhan ekonomi nasional yang diharapkan terus meningkat pada masa pandemi menjadi salah satu tujuan utama pemerintah. Hal ini dikarenakan seluruh tonggak penyelesaian covid 19 berada pada pertumbuhan ekonomi. Ekonomi yang merupakan bagian dari pembangunan nasional bertujuan untuk terwujudnya masyarakat adil dan makmur. Hal ini merupakan tujuan dari undang-undang dasar 1945.

Baca Juga:  Cara Trading Yang Sederhana Tapi Menguntungkan

Investasi merupakan sarana yang bertujuan untuk menghadirkan peningkatan ekonomi nasional sebab investasi diyakini ikut serta dalam mendongkrak pembangunan ekonomi suatu negara. Bahkan hingga saat ini ini produk domestik bruto atau PDB semakin positif dengan adanya fakta peningkatan investasi di Indonesia.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa saya peningkatan investasi memiliki peran yang sangat besar dalam peningkatan dan pemulihan ekonomi nasional. Adapun peran investasi secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Sebagai realisasi bentuk penanaman modal

Dengan meningkatnya pertumbuhan investasi di Indonesia maka akan berdampak pula pada peningkatan penanaman modal. Hal ini mengingat bahwa perlunya Simpati atau rasa percaya dari dunia atau bahkan negara luar untuk menginvestasikan kekayaannya di Indonesia. Dengan demikian semakin banyak negara luar prestasi di Indonesia maka semakin besar pula modal pembangunan ekonomi nasional.

2. Harapan Untuk Indonesia sebagai negara maju

Dengan adanya target Indonesia sebagai salah satu negara maju maka sangat diperlukan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur sehingga dapat menyerap jumlah SDM yang lebih besar. Ini tentu sebagai salah satu solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran yang tinggi serta kemiskinan yang terjadi di Indonesia.

Dengan meningkatnya jumlah pembangunan infrastruktur maka akan banyak diperlukan tenaga kerja hal ini menjadi salah satu cara untuk menekan tingginya angka pengangguran selain itu semakin Kak dapat dikatakan bahwasanya angka kemiskinan juga akan semakin berkurang. Sebab masalah pengangguran dan kemiskinan saling berkaitan oleh sebab itu diperlukan penanganan untuk penurunan angka kemiskinan melalui pengurangan angka pengangguran.

Besarkan paparan diatas dapat diketahui bahwa hanya investasi sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sehingga dapat dikategorikan bahwasanya investasi menjadi salah satu tumpuan terbesar ketika pertumbuhan ekonomi handak dimajukan.

Untuk mendorong peningkatan investasi di Indonesia maka telah banyak ditemukan hari ini berbagai aplikasi broker saham. Berbagai aplikasi broker saham yang ada di Indonesia berlomba-lomba untuk menjadi broker terbaik sehingga layak untuk digunakan oleh masyarakat umum.

Beberapa broker saham dengan nilai transaksi terbesar di Indonesia

1. PT Mirae Asset Sekuritas

Broker PT mirae asset sekuritas atau yang disingkat dengan berasal da triliun Korea Selatan. Broker ini mencapai nilai transaksi yaitu 11,3% atau setara dengan 3640 tahun dari seluruh total transaksi di bursa saham.

Baca Juga:  Bingung Memilih Yang Mana? Ketahui Dulu 3 Bedanya Investasi Dan Trading

PT mirae asset sekuritas menjadi salah satu aplikasi terbesar di Indonesia sebab fee yang ditetapkan tergolong murah. Sehingga berdasarkan hal itu broker ini menjadi sangat diminati oleh masyarakat umum

2. PT indo premier sekuritas

Perusahaan sekuritas pertama adalah indo premier sekuritas yang mulai beroperasi pada tahun 1996. Indo premier sekuritas atau yang lebih dikenal dengan iPot merupakan perusahaan swasta yang bergerak dibidang jual beli efek bagi individu maupun korporasi. Perusahaan ini juga menawarkan berbagai macam produk dan layanan seperti investasi jual beli, saham, reksadana, investment banking, perencanaan keuangan dan lain sebagainya.

Perusahaan iPot berada pada posisi kedua sebagai sekuritas atau broker saham terbaik di Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyaknya peminat yang menggunakan aplikasi PT indo premier sekuritas sebagai broker investasi saham. Hal ini didukung oleh mudahnya penggunaan aplikasi baik untuk pemula maupun bagi orang yang telah berpengalaman. Selain itu broker ini juga tidak memberikan batasan minimal investasi. Investasi dapat dilakukan oleh aplikasi ini mulai dari Rp10.000.

3. Mandiri sekuritas

Broker mandiri sekuritas makan salah satu lembaga sekuritas saham milik Bank mandiri. Broker mandiri sekuritas menyediakan berbagai macam layanan perdagangan efek serta penjamin emisi efek. Adapun kelebihan dari aplikasi ini yaitu tersedianya fasilitas trading online yang dapat diakses melalui aplikasi maupun pada desktop yang dikenal dengan most. 

Biaya transaksi yang dikenakan yaitu 0,28% dan untuk penjualan saham sebesar 0,18%. Dengan rendahnya biaya transaksi menjadikan posisi kedua sebagai broker saham terbaik di Indonesia.

4. BNI sekuritas

BNI sekuritas merupakan anak perusahaan dari PT Bank negara Indonesia atau BNI. Kelebihan aplikasi ini menjadikannya sebagai posisi keempat broker saham terbesar di Indonesia. adapun kelebihannya yaitu memiliki fasilitas trading online, tersedia produk Syariah maupun konvensional serta investasi yang terjangkau mulai dari Rp1.000.000.

5. Phillip sekuritas Indonesia

Phillip sekuritas menyediakan berbagai macam layanan sama seperti broker lainnya. Saat ini tercatat modal kerja bersih disesuaikan atau mkbd Phillip sekuritas mencapai 179 miliar rupiah. Saat ini Phillip sekuritas juga menyediakan layanan trading online. Sehingga para pengguna dapat dengan nyaman melakukan trading kapanpun dan dimanapun.dengan kelebihan tersebut Phillips sekuritas menjadi salah satu broker saham terbesar di indonesia

Baca Juga:  Perbedaan Trading dan Investasi Saham yang Wajib Dipahami

6. CIMB sekuritas Indonesia

Broker CIMB merupakan anak perusahaan dari CIMB dan perusahaan gabungan dengan CGS. (China galaxy sekuritas). Broker ini fokus pada layanan jasa dan produknya pada perdagangan saham, obligasi dan layanan pembiayaan investasi. 

Keunggulan broker ini ini didukung oleh panduan investasi dengan adanya tim riset yang akan menilai perusahaan terbaik yang dapat dijadikan tujuan investasi. Kemudahan pembukaan akun melalui online serta bekerjasama dengan sejumlah bank besar dalam pembukaan rekening dana nasabah atau RDN juga menjadi salah satu daya tarik masyarakat dalam menggunakan broker ini.

Besaran fee broker di Indonesia

Pertumbuhan dunia investasi di Indonesia yang semakin pesat tentu saja memberikan keuntungan pada sekuritas saham sebab semakin meningkat jumlah investor di pasar modal maka semakin meningkat pula nilai transaksinya. Dari itu tidak heran saat ini perusahaan perusahaan broker saling bersaing agar aplikasi broker miliknya digunakan oleh para ritel. Ini mulai semakin terlihat pada layanan yang diberikan yakni pada aplikasi online trading hingga biaya broker atau fee.

Ini daftar nilai fee pada Indonesia

1. Mirae asset sekuritas dengan kode YP, menetapkan fee beli 0,5% dan fee jual  0,25%.

2. BNIs dengan kode NI, menetapkan fee beli 01,7% dan fee jual 0,27%.

3. Mandiri sekuritas dengan kode cc, tepukan biaya beli 0,18% dan biaya jual 0,28%.

4. Indoprimer menerapkan biaya transaksi beli 0,19% dan biaya jual 0,29% dari nilai transaksi saham.

5. CIMB sekuritas  menerapkan biaya transaksi 0,18% untuk biaya beli 0,28%

6. Phillip sekuritas menetapkan biaya beli 0,18 % dan biaya jual 0,28%.