Mengenal Tentang Tujuan Dan Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

Contoh Bisnis Plan Sederhana – Memulai perencanaan untuk sebuah usaha memang harus terperinci, apalagi bagi yang masih berkuliah, sehingga perlu contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa. Dengan adanya bisnis plan cukup membantu dalam menjalankan bisnis Anda agar bisa berjalan lancar untuk kedepannya karena bisnis plan bisa membantu Anda untuk mengambil keputusan yang akan diambil lebih terarah dan bisa menjadi acuan.

Apa Itu Bisnis Plan?

Terjun ke dunia usaha tentu Anda akan mengenal tentang bisnis plan yang menjadi bagian dari sebuah ide atau gagasan pokok seseorang untuk bisa menjalankan strategi atau sasaran target usaha tersebut sesuai dengan keinginan.

Secara umumnya, bisnis plan merupakan sebuah rencana yang tertulis dan biasanya berbentuk dokumen yang didalamnya terdapat suatu penjelasan mengenai kegiatan bisnis yang akan dijalankan, sehingga bisa disebut juga sebagai kunci dari sebuah bisnis yang memiliki perencanaan yang jelas dan tertata.

Perencanaan yang sudah tersusun rapi tersebut diharapkan dapat berjalan dengan baik, sehingga tidak terombang-ambing karena bisnis plan bisa menjadi pedoman untuk usaha Anda kedepannya dan sebagai contoh bisnis plan sederhana yang bisa dijangkau dengan mudah.

Tujuan Bisnis Plan

Membuat sebuah usaha tentu ada tujuan yang di dalamnya, meskipun dasarnya untuk bisa mengembangkan potensi diri yang dimiliki dan sebagai perbaikan dalam perekonomian. Namun, tahukah Anda mengenai tujuan dari bisnis plan? Tujuan adanya bisnis plan adalah bagian dari ketetapan rencana bisnis yang sudah Anda rencanakan jauh-jauh sebelumnya.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Baubau

Maka, tidak heran jika bisnis plan dijadikan sebagai sebuah pedoman untuk bisnis karena ada petunjuk-petunjuk yang dibutuhkan jelas dan terperinci, sehingga dengan mudah Anda bisa mendapatkan investor untuk usaha Anda karena penjelasan yang dibuat memiliki tujuan yang jelas.

Hal ini juga menjadi bagian dari dasar bisnis plan untuk mahasiswa, di mana sama-sama memiliki bisnis plan sebagai pedoman yang tertulis atau sebuah dokumen penting tentang rincian menjalankan usaha sesuai dengan target yang diinginkan.

Bisnis plan yang sederhana memiliki beragam waktu yang dibutuhkan untuk dapat mencapainya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang adalah bagian dari awal untuk Anda memulai sebuah usaha sesuai dengan pedoman yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Hal Yang Wajib Diperhatikan Dari Bisnis Plan Untuk Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa yang ingin menjalankan sebuah usaha memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Anda bisa membuat sebuah proposal bisnis plan yang terperinci, tapi sederhana, Anda bisa menyusun bisnis plan tersebut sebagai tugas dari dosen mengenai contoh bisnis plan kewirausahaan yang ingin Anda jalankan. Maka, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan hal-hal berikut :

1. Jelas dan mudah di pahami isinya

Sebuah kunci atau dokumen penting untuk menjalankan usaha yang sederhana tetap harus memiliki bisnis plan yang isinya mudah dipahami dan jelas agar tidak salah dalam mengambil langkah karena kejelasan dari isi dokumen yang Anda buat bisa menarik investor untuk usaha Anda, ini adalah bagian dari contoh bisnis plan lengkap.

2. Lengkap dan sesuai rencana

Meskipun bisnis plan untuk mahasiswa terbilang cukup sederhana dan tidak terlihat memiliki harapan, tapi bisnis plan yang dibuat semaksimal mungkin dengan rincian padat, singkat, dan jelas, bisa menjadi ide yang masih segar walaupun dalam skala mahasiswa, jika memiliki penjelasan yang tepat, Anda bisa menarik perhatian investor dan bisa memberikan bantuan dana sesuai dengan rencana.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Palu

3. Jujur

Sebuah kejujuran bisa menjadi kunci yang sukses untuk Anda menjalankan bisnis plan sesuai rencana. Maka, utamakan kejujuran ketika Anda membuat bisnis plan, sehingga investor Anda tidak mengambil kembali dana mereka.

4. Menyertakan data akurat dan terkini

Sebagai pemilik dari proposal bisnis plan, wajib bagi Anda untuk menyertakan data-data yang akurat dan terkini mengenai rincian bisnis yang ingin Anda buat untuk bisa berjalan dengan baik kedepannya, sehingga dengan penyertaan data yang akurat akan membuat investor tidak ragu dalam menanamkan modalnya ke tempat Anda walaupun sederhana.

Kenapa Harus Membuat Bisnis Plan?

Sebagai seorang pebisnis handal, meskipun Anda masih berkuliah, tapi tidak ada batasan bagi Anda untuk dapat membuat usaha, meskipun masih sederhana, sehingga Anda memerlukan yang namanya bisnis plan. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai apa bisnis plan dan tujuannya. Maka, sekarang Anda harus mengetahui alasan dibuatnya bisnis plan tersebut adalah :

  • Bisnis plan adalah bagian dari sebuah dokumen yang tertulis secara terperinci, sehingga penting untuk penarik investor.
  • Dengan bisnis plan yang memiliki rincian yang jelas dan mudah di pahami ini, bisa menjadi ide bisnis yang dapat berkembang dengan baik untuk kedepannya.
  • Dapat mengetahui pencapaian usaha Anda melalui bisnis plan yang sebelumnya sudah Anda tuliskan.
  • Anda bisa mengenal struktur bisnis dan berbagai strategi dalam mencapai usaha Anda, bahkan Anda bisa mempertajam pada sistem operasional yang dapat mengenai pesaing bisnis Anda.
  • Dengan bisnis plan, Anda bisa menjalankan bisnis dengan baik dan bisa bermitra dengan pihak lain tanpa perlu ragu lagi.

Mengetahui Komponen Penting Untuk Membuat Bisnis Plan

1. Ringkasan Eksekutif

Berisi dari garis besar bisnis dibuat, visi dan misi, dan tujuannya.

2. Pendahuluan

Berisi tentang data perusahaan, susunan pemilik saham, struktur perusahaan, hingga tujuan dibuatnya bisnis tersebut.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Mamuju

3. Analisis pasar dan pemasaran

Bagian dari strategi untuk dapat mengetahui target pasar dengan tepat dan untuk mengetahui produk yang banyak disukai oleh masyarakat.

4. Analisis keuangan

Penting bagi Anda mengetahui perhitungan modal yang ada, baik di mulai dari pemasukan, pengembalian modal, hingga pendapatan melalui modal.

Contoh Bisnis Plan Mahasiswa

Adapun bagian dari contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa sebelumnya sudah dibahas, sehingga Anda harus mengetahui mengenai contoh usaha dengan bisnis plan mahasiswa yang bisa diaplikasikan dengan mudah adalah berikut :

1. Usaha Brownies Mini

Memiliki latar belakang yang jelas, struktur organisasi, visi dan misi perusahaan, tujuan yang pasti, keunggulan dari produk, menganalisa pasar dengan terperinci, detail produk dan keuntungan yang didapatkan, dan penutup dari dokumen bisnis plan yang dibuat.

2. Usaha Makanan Unik

Untuk proses pembuatan bisnis plan memang harus jelas, sebagai contoh bisnis plan sederhana makanan yang dibuat dalam skala mahasiswa, biasanya belum terlalu besar karena terkendala modal, tapi jika Anda bisa membuat dokumen mengenai bisnis plan yang mudah dipahami dan tertata perencanaan Anda mendapatkan modal dari investor.

Dengan adanya bisnis plan sebagai bagian dari contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa yang bisa diaplikasikan dengan baik, selama proposal bisnis plan yang dibuat sesuai perencanaan dan terperinci, serta dapat dijadikan sebagai pedoman usaha yang akan dijalankan.